Selamat Ulang Tahun!

Garuda Pertiwi Catat Sejarah Buruk, Kalah 18 Gol Tanpa Balas dari Australia

"Perbedaan kualitas yang sangat jomplang. Kita harus berbenah."

Berita | 21 January 2022, 19:56
Garuda Pertiwi Catat Sejarah Buruk, Kalah 18 Gol Tanpa Balas dari Australia

Libero.id - 33 tahun. Rentang waktu yang lama untuk sebuah penantian yang pada akhirnya diawali dengan kesedihan. Ini adalah cerita tentang timnas Wanita Indonesia
yang kalah telak di laga perdana Group B Piala Asia Wanita 2022.

Telak yang dimaksud bukan 5-0 atau 7 gol tanpa balas atau 10 gol tanpa balas. Tak tanggung-tanggung, timnas Wanita Australia membantai skuas Garuda Pertiwi dengan skor 18-0. Anda tidak perlu kaget. Itulah fakta pahit yang tengah kita alami.

Laga yang berlangsung di Mumbai Football Arena, India, Jumat (21/1) sore WIB itu benar-benar jadi arena bermain untuk skuad Australia yang dihuni oleh bintang-bintang kelas dunia seperti Sam Kerr -- pemain Chelsea yang menjadi runner-up Ballon d'Or Feminin.

Dengan semangat yang tidak dibuat-buat, Zahra Muzdalifah dan rekan-rekan harus meladeni keganasan skuad yang berjuluk Matildas.

Review Jalannya Pertandingan

Belum lama laga berjalan, pada menit ke-9 Sam Kerr membuka keran gol Australia. Dan tanpa basa-basi, penyerang 28 tahun itu langsung menggandakan keunggulan di menit 11.

Indonesia sebetulnya coba bangkit dan sempat mendapat peluang di menit ke-12. Sayangnya, tendangan dari Zahra Muzdalifah masih terlalu lemah dan mudah saja ditangkap oleh Mackenzie Arnold.

Petaka kembali datang untuk Garuda Pertiwi, gawang yang dijaga oleh Fani kembali kebobolan dua gol dalam waktu yang berdekatan. Masing-masing dicetak oleh Caitlin Foord (14') dan Mary Fowler (17').

Dan penderitaan tak habis-habisnya, gol kelima Australia datang dari sundulan  Hayley Raso di menit ke-24 berkat umpan terukur dari Caitlin Foord.

Dan seakan tak puas, Sam Kerr kembali mencetak gol, kali ini lewat eksekusi penalti di menit 26.  Sebelum jeda babak pertama, Australia kembali menambah tiga gol masing-masing lewat Ellie Carpenter (34'), dan quatrick Sam Kerr (36'), dan penalti Van-Egmond (39'). Skor 9-0 menghiasi layar.

Sekembalinya dari ruang ganti. Garuda Pertiwi mencoba mengganti penjaga gawang, Nurhalimah masuk menggantikan Fani. Tapi hasilnya sama belaka. Australia mencetak jumlah gol yang sama persis seperti babak pertama.

Garuda Pertiwi benar-benar linglung, dan yang terjadi hanya pesta gol yang masing-masing dicetak oleh Ellie Carpenter (49') lalu gol kelima  Sam Kerr (54'), Van-Egmond (57', 58', dan 69'), Kyah Simon (67' dan 71'), Aivi Luik (78'), dan Hayley Raso (88'). 

Dengan hasil ini, Australia kokoh di puncak klasemen Grup B dengan capaian 3 poin, jumlah gol yang mereka sarangkan rasa-rasanya sulit untuk disaingi siapapun. Di lain sisi, Indonesia tentu saja terbenam di dasar klasemen.  Meski begitu masih ada dua laga sisa melawan Thailand dan Filipina. Segalanya masih bisa terjadi.

(gigih imanadi darma/gie)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=zxsyBE0GpSg

Artikel Pilihan


Daun Media Network