10 Playmaker Terhebat Dekade 1990-an

"Nomor 7 berjuluk Maradona dari Carpathians."

Analisis | 08 February 2022, 23:10
10 Playmaker Terhebat Dekade 1990-an

Libero.id - Pepatah mengatakan striker akan memenangkan pertandingan, sementara bek memenangkan gelar. Playmaker? Playmaker memenangkan hati.

Setiap orang memiliki pemain favorit masing-masing, baik itu salah satu tim mereka sendiri atau seseorang yang mereka tonton dan coba tiru di taman bermain.

Mencoba membuat daftar yang terbaik dari era mana pun tentu saja menarik, dan dengan sepenuhnya subjektif. Inilah 10 playmaker favorit kami dari era1990-an.

#1 Dejan Savicevic

Savicevic adalah mantan pemain internasional Yugoslavia dengan 56 caps selama 13 tahun. Dia lahir di tempat yang sekarang disebut Podgorica, ibu kota Montenegro. Dia telah menjadi kepala FA Montenegro selama 16 tahun.

Namun, selama karir bermainnya, Savicevic membuat namanya di Red Star Belgrade Serbia. Dia memenangkan Piala Eropa 1991 di tim kultus yang terkenal itu.

Itu membuat Savicevic pindah ke Milan pada 1992, di mana dirinya tinggal sampai usia 32 tahun. Dia memenangkan tiga gelar Serie A dan Liga Champions pada 1994, bermain bersama Daniele Massaro untuk menghubungkan permainan antara lini tengah dan lini serang.

Dengan Zvonimir Boban melakukan pekerjaan serupa dari posisi melebar, Milan menghancurkan tim impian Barcelona asuhan Johan Cruyff, di mana Savicevic mengubah skor menjadi 3-0 tak lama setelah turun minum.

#2 Abedi Pele

George Weah, Didier Drogba, dan Samuel Eto'o mungkin telah membuat jalan sukses mereka sendiri, tetapi Abedi Pele mungkin saja adalah pesepakbola Afrika terbaik sepanjang masa.

Dinobatkan sebagai Man of the Match di final Liga Champions pada 1993 setelah menjadi finalis yang kalah pada tahun 1991, Pele adalah playmaker di sekitar beberapa pemain penyerang yang luar biasa untuk Marseille. Di sana dia melayani pemain-pemain seperti Rudi Voller, Alen Boksic, Chris Waddle, Jean-Pierre Papin, dan Eric Cantona.

Pertama kali memenangkan Piala Afrika pada 1982, Pele akhirnya menjadi kapten Ghana sampai pensiun pada 1998. Dia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika dalam tiga tahun berturut-turut pada awal 1990-an.

#3 Robert Prosinecki

“Jika anak ini menjadi pesepakbola profesional, saya akan memakan sertifikat kepelatihan saya,” kata-kata yang sekarang terkenal dari Miroslav Blazevic, pelatih pertama Prosinecki di Dinamo Zagreb.

Prediksi Blazevic sangat meleset, tetapi dia tidak mengkritik kemampuan Prosinecki dan temperamennya. Dia adalah seorang playmaker, seorang yang jenius dan perokok berat serta seorang pesulap di sepakbola.

Bukan kebetulan bahwa Prosinecki adalah bagian dari lebih dari satu tim kultus, karena dia memiliki cukup kebanggan untuk dibagikan kepada pemain lainnya.

Setelah memenangkan tiga gelar liga, Piala Eropa dan dinobatkan sebagai pemain muda terbaik di Piala Dunia 1990 di Red Star Belgrade, Prosinecki juga menempati posisi keempat sebagai pemain terbaik dunia pada 1991.

Dia kemudian bergabung dengan Real Madrid dan tinggal selama tiga musim. Kemudian bermain untuk Barcelona, di mana dia hanya bertahan satu musim.

Namun, bisa dibilang kenangan abadi tentangnya adalah saat membela Kroasia selama Piala Dunia 1998. Dengan Zvonimir Boban dan Davor Suker di sekelilingnya, bagaimana mungkin Anda tidak jatuh cinta?

#4 Dennis Bergkamp

Batas antara second striker dan playmaker semakin kabur selama 20-30 tahun terakhir, tapi kami masih memiliki Bergkamp dalam daftar playmaker.

Jika aturan untuk menilai seorang playmaker hanya dengan apa yang mereka ciptakan dan bagaimana mereka menciptakannya sebanyak apa yang mereka selesaikan, dia adalah seorang shoot-in.

Bergkamp adalah sosok yang spesial bagi Arsenal karena menjadi pemain yang memastikan kesuksesan Arsene Wenger. Setelah merangkul dan mendapat manfaat dari konsep-konsep seperti nutrisi dan rezim pelatihan individu di Serie A, Bergkamp berada dalam posisi yang sempurna untuk menyebarkan pengetahuan itu kepada rekan satu timnya di Arsenal.

Dia berbakat dan terampil, tetapi itu semua dicapai melalui latihan dan komitmen pada seninya.

“Semuanya harus sempurna, bahkan dalam latihan. Semuanya harus seratus persen. Dia pemain yang sangat lucu, tetapi ketika dia bekerja tidak ada lelucon,” kenang Thierry Henry.

“Saya percaya Dennis adalah salah satu dari mereka yang memiliki gagasan tinggi tentang permainan yang dia inginkan di atas segalanya,” kata Wenger.

#5 Manuel Rui Costa

Beberapa kesan yang kita pikirkan saat membicarakan Rui Costa adalah pemain dengan rambut panjang, kulit kecokelatan, kaus kaki di bawah tulang kering, perokok, dan mampu membuat gol dan keterampilan yang indah.

Rui Costa tidak selalu konsisten, tetapi selalu mampu menjadi sosok yang penting. Tahun-tahun terbaiknya di Milan mungkin terjadi setelah akhir 1990-an, tetapi waktunya di Fiorentina cukup menjadi alasan untuk memasukkannya dalam daftar ini.

#6 Paul Gascoigne

Gascoigne adalah seorang playmaker superlatif, dia berpotensi menjadi pemain Inggris yang paling terampil. Tetapi, pada akhir 1990-an, karier dan hidupnya terkoyak oleh efek ketidakdewasaan yang dikombinasikan dengan kecanduan.

Setelah bersinar di Piala Dunia 1990, Gazza bergabung dengan Lazio pada 1992 dan tidak pernah menetap di Italia. Dia mengalami kenaikan berat badan dan secara teratur mengalami cedera. Namun, dia menikmati musim panas di India serta kenangan baik di Glasgow Rangers, dan tentu saja timnas Inggris selama 1996.

Gascoigne mencetak 27 gol liga dalam dua musim pertamanya di Skotlandia. Kemampuannya telah menutupi keterpurukan dan reputasi buruk yang tidak akan pernah dia pulihkan.

#7 Gheorghe Hagi

Mudah berubah, blak-blakan, kontroversial, dan sangat berbakat. Tidak mengherankan jika Gheorghe Hagi dijuluki 'Maradona dari Carpathians'.

Pemain Rumania itu kurang konsisten dibandingkan Legenda Argentina, tetapi tidak kalah untuk membuat Anda ternganga. Anda bisa memaafkan inkonsistensi dalam diri seorang pemain yang memiliki kemampuan passing dan visi yang paling indah.

Namun, seperti Maradona, Hagi memimpin melalui contoh di lapangan dan dengan kepribadian di luar lapangan.

Dia membawa Rumania ke semifinal Piala Dunia 1994. Dia bermain luar biasa sepanjang turnamen saat mereka mengalahkan Amerika Serikat, Kolombia, dan Argentina. Kekalahan adu penalti dari Swedia terjadi setelah menyamakan kedudukan di akhir perpanjangan waktu.

“Hagi bisa menjadi pemain terbaik di dunia setelah Maradona,” kata pelatih Rumania Mircea Lucescu sebelum turnamen itu. "Tapi, dia adalah pemain hebat tanpa etos kerja."

#8 Roberto Baggio

Roberto Baggio mungkin adalah pemain yang membuat Italia kalah di Piala Dunia 1994 dengan penaltinya yang buruk, tetapi Il Divin Codino pantas mendapatkan reputasi yang jauh lebih baik dari itu.

Baggio mungkin salah satu pemain yang paling diremehkan dalam 30 tahun terakhir, atau setidaknya sekarang terlalu mudah untuk diabaikan. Dia mencetak 220 gol liga selama kariernya yang hancur karena cedera.

Dalam otobiografinya, Baggio menjelaskan bagaimana dia hanya sepenuhnya fit untuk dua atau tiga pertandingan per musim. Dia adalah seorang pejuang sekaligus seniman, tetapi mampu memadukan dua cita-cita yang berlawanan itu.

Baggio bisa dibilang sebagai pemain terbaik Italia yang pernah ada, tetapi sosok yang citranya terkait dengan kegagalan. Dia menjadi pencetak gol penalti paling produktif di negara itu, yang paling terkenal karena kehilangan satu momen penting.

#9 Michael Laudrup

Antara 1989 dan 1996, pemain terbaik Denmark ini adalah pesepakbola terbaik Eropa. Namun, dia tidak pernah memenangkan Ballon d'Or, dia bahkan tidak pernah masuk tiga besar.

Pada awal 1990-an, Laudrup telah mencatatkan 58 caps untuk negaranya dan mencetak 23 gol, memenangkan gelar Serie A bersama Juventus dan dua kali dinobatkan sebagai pemain terbaik Denmark.

Dia ikut merasakan empat gelar La Liga berturut-turut di Barcelona sebelum pindah ke Real Madrid dan segera memenangkan gelar juga di sana. Satu-satunya penyesalannya adalah melewatkan Euro 1992 bersama Denmark.

Meskipun hanya bermain sebanyak 62 pertandingan liga untuk Real Madrid, Laudrup terpilih sebagai pemain terbaik ke-12 dalam sejarah klub pada 2002. Dia juga dianugerahi gelar pemain asing terbaik sepakbola Spanyol dalam 25 tahun terakhir pada 1999.

#10 Zinedine Zidane

Ada teori yang bias ketika mengusulkan bahwa terlalu banyak penilaian terpaku pada peristiwa yang baru, sehingga melupakan konteks sejarah.

Padahal, dalam sepakbola hal sebaliknya sering terjadi. Kami berasumsi bahwa bintang-bintang era 1960-an, 1970-an, dan 1980-an, selamanya ditakdirkan untuk berdiri di atas apa pun.

Catatan gol dan konsistensi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saja bisa menentukan keduanya dianggap sebagai dua dari lima pemain terbaik yang pernah hidup. Mungkin dalam 20 tahun, kami akan benar-benar memberi Zidane rasa hormat.

Proporsi yang adil dari kesuksesan Zidane datang menjelang akhir 1990-an dan seterusnya, termasuk Piala Dunia, Euro 2000, dan seluruh mantranya di Madrid. Namun, ada banyak hal yang harus dikerjakan.

Tak ketinggalan adalah Piala Dunia sensasional Zidane di Prancis, ketika dia dinobatkan sebagai Man of the Match di final, Pemain Terbaik Dunia dan pemenang Ballon d'Or.

“Dia adalah pemain yang spesial,” kata rekan setimnya di Juventus, Edgar Davids pada 1997. “Dia menciptakan ruang saat tidak ada ruang. Tidak peduli di mana dia mendapatkan bola atau bagaimana bola itu datang kepadanya. Dia bisa keluar dari masalah.”

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network