Ironi, Tidak Ada Klub Asal Sumatra dan Papua di Liga 1 Musim Depan

"Persipura Jayapura dan Persiraja Banda Aceh terdegradasi.."

Berita | 01 April 2022, 18:50
Ironi, Tidak Ada Klub Asal Sumatra dan Papua di Liga 1 Musim Depan

Libero.id - Persipura Jayapura menjadi klub terkahir yang terdegradasi ke Liga 2 musim depan. Klub berjuluk Mutiara Hitam itu berada di peringkat ke-16 dengan hanya sanggup meraih 36 poin dari 34 laga yang dimainkan sepanjang musim 2021/22.

Sebetulnya, Persipura memiliki poin yang sama dengan Barito Putera yang ada di peringkat ke-15. Namun, Ramai Rumakiek dan rekan-rekan kalah dalam hal head to head dengan Barito Putera.

Dengan begitu, klub kebanggaan masyarakat Papua harus rela bermain di kasta lebih bawah musim depan. Adapun dua klub lainnya yang sudah lebih dulu memastikan terdegradasi adalah Persela Lamongan yang ada di posisi 17 dan Persiraja Banda Aceh yang berada di urutan paling buncit.

Dengan terdegradasinya Persipura Jayapura dan Persiraja Banda Aceh membuat Liga 1 musim depan tak ada satupun klub yang berasal dari Papua dan juga Sumatera. Tiga klub  yang promosi ke Liga 1 musim depan semuanya berasal  dari Pulau Jawa:  Persis Solo, Rans Cilegon FC, dan Dewa United.

Padahal pada masanya klub-klub asal Papua dan Sumatra cukup disegani di pentas sepakbola tanah air. Sebut saja Sriwijaya FC, Semen Padang, dan PSMS Medan. Dari Papua Persiwa Wamena, Persidafon Dafonsoro, sempat juga meramaikan jagad sepakbola tanah air.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network