Momen 16 Tahun Lalu saat Alan Smith Patah Kaki Akibat Blok Bola Tendangan John Arne Riise

"Berikut efek yang ditimbulkan usai insiden mengerikan itu."

Analisis | 10 August 2022, 06:44
Momen 16 Tahun Lalu saat Alan Smith Patah Kaki Akibat Blok Bola Tendangan John Arne Riise

Libero.id - Cedera akan selalu menjadi momok yang menakutkan bagi para pesepakbola. Setiap pesepakbola berpeluang mengalami cedera saat bermain di lapangan. Cedera ringan seperti kram mungkin sudah biasa, namun ada juga yang mengalami cedera parah yang bisa saja mematikan karier sang pemain.

Cedera patah kaki Alan Smith yang terjadi 16 tahun lalu bisa dibilang sebagai salah satu cedera terparah yang pernah terjadi dalam sepakbola. Bahkan, pelatih Sir Alex Ferguson yang menyaksikannya langsung mengakui demikian.

Cedera tersebut dialami Smith pada pertandingan Piala Liga Inggris 2006 antara Manchester United vs Liverpool. Kala itu, Man United bertandang ke Anfield dengan kekuatan terbaik. Namun, pertandingan itu berubah menjadi mimpi buruk bagi Setan Merah, bukan hanya terkait kekalahan 0-1 dari Liverpool.

Namun, salah satu pemain terbaik Setan Merah, Alan Smith, mengalami cedera patah kaki yang harus membuatnya istirahat dari sepakbola selama tujuh bulan.

Momen itu terjadi pada menit ke-88, Liverpool mendapat tendangan bebas dengan jarak sekitar 30 meter dari gawang Man United. Tendangan bebas tersebut dieksekusi oleh bek kiri Liverpool, John Arne Riise, yang terkenal memiliki tendangan bebas super keras.

Alan Smith yang berada di dekat bola memblok tendangan keras tersebut dengan kaki kirinya. Tendangan geledek super dahsyat tersebut justru membuat kakinya patah tepat di bagian engkel.

Sir Alex Ferguson menyebut cedera itu sebagai salah satu 'terburuk yang pernah dilihatnya' dan sejumlah rekan setim Smith merasa tertekan, di mana Ruud van Nistelrooy tak kuasa melihat rekannya itu. Sementara Cristiano Ronaldo tampak emosional. 

Mantan pemain timnas Inggris itu harus memasang 10 pin di pergelangan kakinya untuk bisa kembali bermain setelah istirahat selama tujuh bulan. Dia terus bermain hingga 2018 dan dalam sebuah wawancara dengan Daily Mirror, Smith mengakui bahwa dia masih merasakan efeknya bertahun-tahun kemudian.

"Saya tahu dengan cedera itu akan menyentuh dan pergi apakah saya bisa terus bermain - ahli bedah mengatakan itu," jelas Smith.

"Akan lebih mudah untuk pergi dan orang-orang mengingat Anda sebagai pemain top Liga Premier.”

"Tapi, saya tidak menginginkan itu, karena saya suka bermain sepakbola. Kecintaan Anda pada itu membuat Anda melewati penghalang rasa sakit. Sebagian besar orang yang pernah bermain dengan saya, dan manajer, menghormati saya karena tetap bertahan di sepakbola ketika akan mudah untuk pergi," ujar Smith. 

"Tapi, saya turun ke Championship, turun ke League One, dan turun ke League Two.”

“Banyak orang akan berkata kepada saya, 'Mengapa saya repot-repot?' Apakah saya berpenghasilan 500 pounds (Rp 8,9 juta) per minggu atau tidak sama sekali. Jika orang merasa saya masih bisa berkontribusi, saya ingin terus bermain," tambahnya. 

Smith kemudian pindah dari Old Trafford ke St James Park pada 2007. Ya, dia memastikan kepindahannya ke Newcastle United sebelum turun ke League One bersama MK Dons pada 2012. Dia menjalani perannya bergeser ke lini tengah defensif dan di sanalah dia bermain sebagai pemain-pelatih untuk Notts County antara 2014-2018.

Pemain berusia 41 tahun itu menambahkan: "Cedera itu membuat saya menjadi orang yang lebih baik setelah melakukannya dengan sangat baik di usia muda. Saya belajar kapan saja, sepak bola bisa berakhir. Saya beruntung melalui grit dan tekad yang saya bawa untuk bermain," pungkasnya.

"Orang-orang baik yang saya temui di liga bawah mungkin mendorong saya untuk bertahan lebih lama di sepak bola. Tetapi, pada akhirnya, latihan sehari-hari lebih banyak merugikan daripada menguntungkan.”

“Saya tidak bisa bersaing di level yang sebelumnya saya rasa bisa dengan mudah. Saya bangun dari tempat tidur dan tidak bisa berjalan dengan baik, pergelangan kaki saya kaku sepanjang waktu," tuturnya. 

"Saya pergi berlari di musim panas dan berhasil melakukan beberapa mil, tetapi berhenti dan mulai berjalan karena pergelangan kaki saya sakit. Saya kembali bulan lalu dan ahli bedah berkata, 'Saya tidak ingin Anda melakukan garis lurus, berjalan', hanya karena akan merusak sendi. Selalu sulit untuk pergi, tetapi ketika Anda melihat seseorang dan mereka tidak ingin Anda berlari, Anda tahu itu adalah keputusan yang tepat. Saya tidak menyesal, bagi saya, saya melihat pensiun dini sebagai pilihan yang mudah," ujar Smith.

Meski cedera itu membuat performa Smith menurun, tetapi itu tak menyurutnya semangat untuk kembali bermain hingga 2018. Sementara bagi para fans Setan Merah, Smith akan selalu dikenang dengan beberapa kesan yang dibuatnya. Dia membuat 93 penampilan untuk Man United dan mencetak 12 gol. Salah satu gol terbaiknya tercipta saat melawan Roma di Liga Champions.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network