Jelaskan Pengertian Heading dalam Permainan Sepakbola

"Ini adalah teknik yang sering membuat kiper memungut bola dari jala gawang."

Analisis | 05 September 2022, 13:32
Jelaskan Pengertian Heading dalam Permainan Sepakbola

Libero.id - Meski bisa menyebabkan penyakit syaraf kepada di usia senja, heading merupakan salah satu istilah dalam permainan sepakbola yang sangat penting. Sebab, ada banyak situasi dalam pertandingan yang membutuhkan heading sebagai solusi.

Sepakbola memang telah menjadi salah satu olahraga paling favorit di dunia. Tak heran jika sederet pertandingan sepakbola selalu ramai disaksikan para penonton. Terlebih, jika pertandingan itu menampilkan bintang-bintang sepakbola dunia sekelas Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi.

Dalam banyak pertandingan sepakbola, pemain akan menggunakan kaki dan kepalanya untuk mencetak gol. Kaki digunakan untuk menendang, sementara kepala adalah media melakukan heading.

Pengertian Heading dalam Permainan Sepakbola

Heading secara harafiah dapat diartikan sebagai menyundul. Ini adalah teknik yang digunakan dalam sepakbola untuk mengendalikan bola dengan kepala. Selain untuk mencetak gol, heading juga bisa dilakukan untuk mengoper, menghalau, atau mengeksekusi bola yang datang mengancam lini pertahanan. Teknik ini bisa dilakukan dengan posisi berdiri atau melompat.

Fungsi Heading dalam Permainan Sepakbola

Heading dalam permainan sepakbola memiliki beragam fungsi. Salah satunya untuk menciptakan gol. Dapat diakui bahwa secara umum, penyerang bisa menggunakan teknik heading untuk mencetak gol. Sebagian besar gol yang tercipta dari sundulan ini dicetak dari umpan silang atau tendangan sudut.

Biasanya, pemain yang bertugas memberikan bola, akan mengoper bola melintasi gawang di udara. Kemudian, pemain akan menyambut bola itu dengan kepalanya. Jika beruntung, pemain itu akan tepat mengenai bola dengan kepalanya.

Tapi, heading bukan hanya untuk mencetak gol. Sundulan memiliki banyak fungsi lainnya. Sebut saja menghalau laju bola yang mengancam pertahanan. Pemain bertahan biasanya menggunakan sundulan untuk mencegah terciptanya gol oleh lawan, khususnya saat serangan dari udara.

Sundulan bisa menjadi satu-satunya pilihan saat bola melambung udara. Sebab, aturan di sepakbola melarang pemain melakukan kontak dengan bola menggunakan tangan. Ada juga aturan mengangkat kaki terlalu tinggi.

Pemain Sepakbola dengan Kemampuan Heading Bagus

Di pertandingan sepakbola, ada banyak nama pemain top yang memiliki kemampuan heading bagus. Sebut saja Cristiano Ronaldo, Didier Drogba, Alvaro Morata, Harry Kane, Olivier Giroud, Gareth Bale, Sergio Ramos, Giorgio Chiellini, dan masih banyak lagi lainnya.

Pemain-pemain itu memiliki kemampuan luar biasa dalam menerapkan teknik heading. Selain sering mencetak gol melalui heading, tak jarang mereka mengamankan lini pertahanan dari serangan lawan melalui heading. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network