Menilai 25 Pemain Direkrut Barcelona Sejak 2015, 11 Orang Gagal Total

"Total biaya untuk mereka sebesar Rp 15,65 triliun. 6 Pemain dapat nilai 2 dari skala 10, 5 pemain mendapat nilai 1."

Analisis | 19 August 2020, 13:26
Menilai 25 Pemain Direkrut Barcelona Sejak 2015, 11 Orang Gagal Total

Libero.id - Terakhir kali Barcelona mendapatkan rekrutan yang bagus adalah enam tahun lalu. Pada musim panas 2014, Luis Suarez dan Ivan Rakitic tiba di Camp Nou dan membantu memenangkan Liga Champions bersama Blaugrana pada 2015.

Sejak itu Barcelona belum pernah lagi memenangkan kompetisi paling bergengsi di Benua Biru.

Dipermalukan habis-habisan ketika melawan Bayern, menimbulkan banyak pertanyaan dan asumsi tentang salah urus Barca di level manjemen klub. Sejak musim panas 2015, Barcelona telah merekrut 29 pemain dengan total biaya transfer lebih dari  800 juta Poundsterling (Rp 15,65 triliun).

Berikuti  adalah daftar setiap pesepakbola yang didatangkan Barca beserta point penilaian saat mereka  merumput di Camp Nou dikutip Givemesport:

Musim 2015

Libero.id

Aleix Vidal dan Arda Turan. Kredit: twitter.com/FCBarcelona

1. Aleix Vidal – dari Sevilla- 15 juta Poundsterling

Menggantikan peran seorang  Dani Alves yang hebat tidak akan pernah mudah, seperti yang ditunjukkan oleh Vidal saat diboyong ke Barcelona. Dia memainkan 51 penampilan dalam tiga tahun, sebelum akhirnya dijual kembali ke Sevilla,  Aleix Vidal dianggap sebaga rekrutan yang gagal. Nilai untuknya 2/10.

2. Arda Turan - dari Atletico Madrid - 30 juta Poundsterling

Dalam waktu yang relatif berdekatan, Arda Turan adalah upaya Barcelona untuk membeli pengganti jangka panjang untuk Andres Iniesta yang menua. Tapi Turan bermain dalam suasana tidak pernah benar-benar tenang. Dia tidak terbiasa bermain di lini tengah, posisi yang sama dengan Iniesta. Turan kemudian dipinjamkan ke Istanbul Basaksehir. Jadi jelas pembelian itu tidak berhasil. Nilai yang sama 2/10.

Musim 2016

3. Denis Suarez -  dari Villarreal- 2,93 juta Poundsterling

Upaya lain yang gagal menggantikan peran Iniesta adalah Denis Suarez. Dia membuat dampak yang sangat kecil bagi klub Catalunya, Denis Suarez lalu dipinjamkan ke Arsenal sebelum akhirnya dijual ke Celta Vigo.  Nilai untuk Denis masih dalam porsi 2/10.


4. Jasper Cillessen - dari Ajax- 11,7 juta Poundsterling

Pesepakbola asal Belanda itu selalu terhalang oleh bayang-bayang Ter Stegen. Cillessen baru-baru ini dijual ke Valencia seharga 35 juta Poundsterling, jadi setidaknya Barcelona mendapat keuntungan yang layak darinya. Untuk itu dan karena itu saja, nilainya 5/10.

5. Lucas Digne - dari Paris Saint-Germain, 14,85 juta Poundsterling

Digne juga kesulitan menembus tim utama Barca, sebab Jordi Alba melakukan pekerjaannya dengan baik, namun sama halnya dengan Cillessen, penjualan Digne membawa untung kecil, dia merampungkan 18 juta Poundsterling untuk transfernya ke Everton pada musim 2018, di Liga Premier Digne telah membuktikan dirinya sebagai salah satu bek kiri terbaik di Inggris. Poin untuk pesepakbola Perancis itu 4/10.

Libero.id

Lucas Digne dan Samuel Umtiti. Kredit: twitter.com/FCBarcelona

6. Samuel Umtiti - dari Lyon,  22,5 juta Poundsterling

Ketimbang yang lain, pembelian dan performa Umtiti relatif bagus. Dia datang tepat pada saat  penurunan performa Javier Mascherano, dan Gerard Pique membutuhkan mitra baru, Umtiti dinilai lebih cocok karena punya kaki kiri yang dominan. Selain itu Umtiti punya mobilitas yang bagus dan dia mampu bermain dengan gaya khas Barcelona. Tapi cedera baru-baru ini membuatnya absen untuk waktu yang lama. Terlepas dari itu nilai untuk Umtiti adalah 6/10.

7. Paco Alcacer - dari Valencia, 27 juta Poundsterling

Pemain lain yang memainkan peran kecil saat berseragam Barca adalah Alcacer. Pemain asal Spanyol ini bergabung setelah dua musim produktif bersama Valencia, sayangnya dia tak mampu mengulangi itu ketika di Camp Nou, lalu Alcacer bergabung dengan Borussia Dortmund dengan status pinjaman. Dia sekarang di Villarreal. Nilai untuknya 4/10.

8. Andre Gomes - dari Valencia, 33 juta Poundsterling

Andre Gomes adalah bagian lain Barcelona yang diboyong dari Valencia musim panas itu dan sama-sama tidak berhasil. Ini adalah upaya ketiga Barcelona untuk menggantikan Iniesta sebelum dia pergi diikuti dengan kegagalan. Nilai untuk pemain yang kini berseragam Everon ada pada angka 4/10.

9. Marlon Santos - dari Fluminense,  4,5 juta Poundsterling

Pemain asal Brazil ini hanya memainkan dua pertandingan di La Liga. Sekarang bermain untuk Sassuolo. Nilai yang pantas untuknya 1/10.

10. Yerry Mina - dari Palmeiras, 10,62 juta Poundsterling

Bek tengah muda, relatif murah tapi ternyata tidak cukup bagus. Bahkan di Everton, klubnya kini, dia masih  sering terlihat tidak meyakinkan.  Untuk itu nilai yang Yerry Mina dapat 2/10.

11. Gerard Deulofeu - dari Everton,  10,8 juta Poundsterling

Libero.id

Kredit: twitter.com/FCBarcelona

Kenyataanya Deulofeu tidak pernah ada dalam rencana jangka panjang Barcelona. Dia memainkan beberapa pertandingan sebelum dipinjamkan dan akhirnya dijual ke Watford, yang baru saja terdegradasi. Nilai untuknya 1/10.

12. Nelson Semedo - dari Benfica,  32 juta Poundsterling

Setelah kegagalan Aleix Vidal, datanglah Nelson Semedo yang dianggap cocok dengan profil bek kanan yang muda, menjanjikan, menyerang tetapi secara keseluruhan belum membuat langkah yang lebih. Dia hanya berada pada nilai 4/10.

13. Paulinho - dari Guangzhou Evergrande,  36 juta Poundsterling

Keputusan Barcelona merekrut Paulinho dengan nominal yang cukup besar mendatangkan pertanyaan besar. Sebab  kehadiran pemain asal Brazil ini dinilai tidak cocok untuk reputasi Barca dengan sepak bola yang apik dan ekspansif. Namun Paulinho menjawab keraguan itu, dia tampil cukup bagus,  memainkan 49 pertandingan dalam satu musim, sebelum Ernesto Valverde memilih untuk beralih ke 4-4-2.

Dia sempat membantu Barca memenangkan beberapa trofi. Paulinho kemudian kembali ke Guangzhou setelah satu musim. Jadi dia pantas mendapatkan 6/10.

14. Ousmane Dembele - dari Borussia Dortmund, 124 juta Poundsterling

Libero.id

Kredit: twitter.com/FCBarcelona

Dibeli dengan harga tinggi tak serta merta membuat Dembele bermain maksimal. Dia datang tak lama setelah Barca melepaskan Neymar, Ousmane Dembele dianggap gagal membuktikan dirinya sebagai juru gedor berkualitas. Jumlah gol dan penampilannya sangat jomplang, dari 74 laga hanya 19 gol.
Sebagai pemain muda yang datang dengan reputasi untuk menandingi atau menggantikan Neymar, nilai untuk Dembele 3/10.

Musim 2018

15. Philippe Coutinho - dari Liverpool,  140 juta Poundsterling

Coutinho adalah pemain termahal keempat sepanjang masa yang pernah Barcelona datangkan. Tepat setelah beberapa bulan di dera  frustasi karena Dembele tidak memenuhi ekspektasi, Coutinho diberi mahar 140 juta Poundsterling. Itu semua dari uang Neymar yang dihabiskan untuk dua pemain yang berjuang untuk tempat yang sama, tapi tidak ada yang sesuai dengan profil untuk apa yang diinginkan Barca di sayap kiri.
Sama dengan Dembele, pemain Brazil ini gagal memenuhi standar bermain untuk Barcelona, dia harus dilempar ke Bayern Munich. Dia bermain bagus saat perempat final melawan Barcelona, mencetak gol dan membawa raksasa Jerman ke Semifinal, nilai untuk Coutinho ketika berseragam Barcelona tetaplah  2/10.

16. Arturo Vidal - dari Bayern Munich, 16 juta Poundsterling

Vidal tidak pernah cocok dengan filosofi Barcelona, namun tetap saja dipaksakan, dia berusia 31 tahun ketika tiba di Camp Nou, hingga kini Vidal masih bertahan, tapi nilai untuknya 3/10.


17. Arthur - dari Gremio,  27 juta Poundsterling

Libero.id

Kredit: twitter.com/FCBarcelona

Arthur Melo sebenarnya adalah rekrutan yang sangat bagus. Dia muda, kuat, secara teknis luar biasa dan tampaknya mewujudkan sifat terbaik dari Xavi dan Iniesta yang legendaris itu. Namun sayang Barcelona secara tak dapat dijelaskan memutuskan untuk menukar Arthur dengan gelandang tua Juventus,  Miralem Pjanic sebagai gantinya.  Nilai untuk Arthur cukup bagus 6/10.

18. Clement Lenglet - dari Sevilla,  32 juta Poundsterling

Sulit untuk memberi label Lenglet sebagai kegagalan, dia telah menjadi partner yang baik untuk Pique. Punya pergerakan yang baik, bagus ketika adu duel di udara, menggunakan kaki kiri, dan pengumpan yang akurat serta berani. Nilai dia 7/10. Pembelian tersukses Barca.

19. Malcom - dari Bordeaux,  37 juta Poundsterling

Tampaknya pada saat itu Barcelona memboyong Malcom dalam rangka “balas dendam” pemain sayap itu siap untuk pindah ke AS Roma, yang baru saja menyingkirkan Barcelona dari Liga Champions dalam keadaan dramatis, tetapi Barcelona menyambarnya di menit terakhir bursa transfer.
Dia hanya bermain 15 pertandingan liga dalam satu musim dan kemudian pergi ke  klub Rusia Zenit St. Petersburg. Nilai yang buruk untuk Malcom 1/10.

Musim 2019

20. Kevin Prince Boateng - dari Sassuolo dengan status pinjaman,  900 ribu Poundsterling

Anda mungkin lupa dengan nama  yang satu ini? Cukup logis, sebab Boateng hanya mencatatkan 4 penampilan, tidak mencetak gol, dan lalu pergi.  Boateng yang telah memasuki usia 32 tahun kini bermain untuk klub lokal Turki, Besiktas. Nilai yang sepadan untuknya 1/10.


21. Jeison Murillo - dari Valencia dengan status pinjaman, 1 juta Poundsterling

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Bernasib sama dengan Boateng. Murillo adalah contoh buruk dari status pinjaman, dia hanya bermain dua kali dan tak melakukan apa-apa. Nilai yang sama  1/10.

22. Junior Firpo - dari Real Betis, 16 juta Poundsterling

Dalam beberapa peluang yang diberikannya di Barcelona, dia terlihat mengesankan dan lebih dari cukup sebagai pelapis untuk Jordi Alba. Tidak terlalu mahal, namun Firpo tampil cukup bagus dan layak untuk angka 6/10.

23. Frenkie De Jong - dari Ajax, 67,5 juta poundsterling

De Jong jelas memiliki bakat luar biasa, dan harus dipercaya untuk membawa lini tengah Barcelona ke generasi berikutnya. Musim pertamanya sulit, dan dia belum cukup mereplikasi bentuk yang dia tunjukkan di Ajax selama perjalanan dongeng mereka ke semifinal Liga Champions. Tapi jelas ada masa depan untuknya di klub Catalunya.
Cukup adil untuk mengganjar De Jong dengan angka 6/10.

24. Antoine Griezmann - dari Atletico Madrid, 108 juta Poundsterling

Libero.id

Kredit: twitter.com/FCBarcelona

Griezmann adalah seorang second striker ketika di Atlético dengan formasi 4-4-2, namun satu-satunya posisi yang dia mainkan bersama Barca adalah sebagai pemain sayap kiri. 100 juta Poundsterling untuk pria yang menghantarkan Perancis juara Piala Dunia itu, hanya untuk membuatnya di bangku cadangan lebih sering dalam beberapa pertandingan terbesar Barca  musim ini.

Mungkin masih ada masa depan baginya, jika Suarez pindah dan Griezmann diizinkan menjadi striker sentral, tetapi saat ini tampaknya tidak mungkin.  Nilai untuk Griezmann 3/10.

25. Martin Braithwaite - dari Leganes,  16 juta Poundsterling

Satu lagi sekaligus yang terakhir, kelucuan yang diperbuat Barcelona adalah mendatangkan penyerang asal Denmark,  Martin Braithwaite. Catatan gol nya saat di Leganes pun tak baik, hanya 7 gol dari 27 laga.  Martin Braithwaite didatangkan dengan maksud menambal lini yang ditinggal Suarez yang kena cedera kambuhan dan Dembele yang cedera jangka panjang.
Martin Braithwaite kabarnya akan dijual ke West Ham dan nilai untuknya 2/10.

Jadi begitulah, barisan pemain rekrutan Barcelona sejak terakhir kali mereka memenangkan Liga Champions. 800 juta Poundsterling (Rp 15,65 triliun) dihabiskan untuk sekitar 25 pemain dan tidak satu pun atau beberapa dari mereka sukses bersinar. Ada apa dengan Barcelona?

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network