36 Striker Terhebat Liga Premier, Ada 1 Berkategori GOAT

Feature | 06 April 2021, 06:00
36 Striker Terhebat Liga Premier, Ada 1 Berkategori GOAT
Wayne Rooney dan Sergio Aguero. Kredit: instagram.com/waynerooney dan instagram.com/kunaguero

"Pemain yang masuk kategori legenda adalah Wayne Rooney dan Sergio Aguero. Tapi belum masuk kategori terbaik sepanjang masa (GOAT)."

Libero.id - Liga Premier merupakan kompetisi paling dilirik di kolong langit. Tergabung banyak klub papan atas serta bertabur pemain bintang kelas dunia di dalamnya.

Sebut saja Sergio Aguero, pemain asal Argentina yang akan meninggalkan Manchester City setelah musim kesepuluhnya di Stadion Etihad. Di tempat itu, dia membuktikan diri menjadi pesepak bola terbaik. Akankah dirinya menjadi legenda bersama The Citizens?

Berdasarkan keseluruhan waktu kariernya bersama Man City, dia telah mencetak 181 gol dalam 271 penampilan. Namanya akan selalu dikenang karena gol spektakulernya di waktu injury time ketika melawan QPR, gol yang membuat Man City sukses memenangkan gelar Liga Premier pertama mereka pada 2011/2012.

Manajemen mengungkapkan bahwa sebuah patung Sergio Aguero akan dibangun di luar Etihad untuk menghormati superstar kelahiran Argentina tersebut.

Meskipun dia akan menjadi striker terbaik klub yang pernah ada, bagaimana jika dia dibandingkan dengan striker lain yang pernah ada di Liga Premier, masihkan Aguero menjadi yang terbaik di Liga Premier?

Untuk membuktikan hal ini, data analisa dari Tiermarker akan digunakan untuk menghimpun daftar pemain berdasarkan gelar mereka di Liga Premier. Hal ini berguna untuk menentukan peringkat sederet nama striker terbaik dalam sejarah Liga Premier dari hanya bergelar 'Layak' hingga bergelar 'Pemain Terhebat Sepanjang Masa (Greates of All Time)'.

Mari kita lihat peringkatnya:

Pemain dengan Gelar Kelayakannya

1. Ole Gunnar Solskjaer

2. Olivier Giroud

3. Juergen Klinsmann

4. Pierre-Emerick Aubameyang

5. Carlos Tevez

6. Romelu Lukaku

7. Nicolas Anelka

8. Dwight Yorke

9. Edin Dzeko

10. Emmanuel Adebayor

11. Roberto Firmino

12. Dion Dublin

Daftar di atas merupakan deretan striker yang memiliki riwayat performa mengagumkan bersama klubnya masing-masing. Namun, mereka hanya cukup memperoleh gelar pemain dengan predikat "Layak".

Mari kita beralih pada gelar selanjutnya:

Pemain dengan Gelar Berkualitas

1. Diego Costa

2. Ian Wright

3. Gianfranco Zola

4. Fernando Torres

5. Les Ferdinand

6. Jimmy Floyd Hasselbaink

7. Teddy Sheringham

8. Jermain Defoe

9. Ruud van Nistelrooy

10. Dimitar Berbatov

11. Robbie Keane

12. Andy Cole

Sedikit peningkatan kelas, dalam daftar ini terdapat 12 striker hebat yang dinilai sebagai pemain dengan keunggulan kualitasnya.

Mungkin, Wright akan menganggap dirinya tidak beruntung hanya sanggup berada dalam daftar ini setelah 185 golnya untuk Arsenal. Tapi, dia hanya bermain enam musim di era Liga Premier bersama The Gunners.

Cole adalah pencetak gol tertinggi ketiga liga sepanjang masa, unggul enam gol di atas Aguero dan mungkin juga dirinya akan sedikit tersinggung jika melihat peringkatnya tersebut.

Defoe juga masuk dalam 10 pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Premier dengan 162 gol. Namun, tidak hanya banyaknya mencetak gol untuk bisa menjadi pemain dengan predikat ‘Greates of All Time (GOAT)’.

Pemain dengan Gelar Kelas Dunia

1. Didier Drogba

2. Michael Owen

3. Dennis Bergkamp

4. Harry Kane

5. Luis Suarez

6. Robbie Fowler

7. Robin van Persie

Tujuh pemain sukses menyandang gelar kelas dunia, tapi semuanya sangat berbeda. Mereka terwakili dengan ciri khas dan prestasinya masing-masing.

Drogba adalah penyerang dengan kemampuan ibarat monster selama dua priode tugasnya di Chelsea. Pria asal Pantai Gading itu membantu klub memenangkan empat gelar serta prestasi individu berupa dua gelar Sepatu Emas.

Fans sering lupa betapa bagusnya Michael Owen di masa awal kariernya, bahkan dirinya sukses mendapatkan Ballon d'Or pada 2001. Itu merupakan salah satu penghargaan individu paling prestisius di dunia sepak bola.

Bergkamp tidak seproduktif beberapa nama lain dalam kategori ini, tapi dia adalah salah satu pemain paling berbakat secara teknis yang pernah ada dalam sejarah Liga Premier.

Harry Kane berpotensi menggeser posisi Alan Shearer dari 260 golnya di Liga Premier jika dia tetap di liga sampai akhir kariernya.

Luis Suarez hanya menghabiskan tiga setengah musim di Liverpool, tapi rekor 69 golnya dalam 110 pertandingan Liga Premier, termasuk 31 golnya dalam 33 pertandingan selama musim 2013/2014 sebuah pencapaian luar biasa. Namun, pencapaian itu belum cukup untuk Suarez menyandang gelar GOAT.

Mantan striker Liverpool lainnya yang juga masuk kategori Kelas Dunia adalah Fowler, yang duduk di urutan ketujuh dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

Nama terakhir dalam kategori Kelas Dunia adalah Van Persie, mantan pemain asal Belanda yang membukukan 144 gol Liga Inggris untuk Arsenal dan Manchester United.

Pemain dengan Gelar Legendaris

1. Sergio Aguero

2. Alan Shearer

3. Eric Cantona

4. Wayne Rooney

Empat striker masuk dalam kategori pemain bergelar Legendaris.

Sergio Aguero akan meninggalkan warisan yang luar biasa, baik di klub dan liga berkat 181 golnya. Torehan itu menempatkannya di urutan keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga Premier.

Jika dilihat secara jumlah, tentu saja Shearer masih memegang rekor gol terbanyak dengan 260 golnya. Namun, dirinya membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat mengoleksi gol sebanyak itu.

Sementara Cantona hanya berhasil mencetak 70 gol di Liga Premier untuk Leeds dan Manchester United. Tapi, nilai pencapaiannya jauh lebih dari sekadar mencetak banyak gol.

Kedatangannya di Old Trafford menjadi katalisator bagi mereka untuk mendominasi raihan prestasi dalam sepak bola Inggris.

Sedangkan legenda MU lainnya adalah Wayne Rooney. Dia masuk dalam daftar ini dengan 208 gol liga selama kariernya.

Pemain dengan Gelar GOAT

1. Thierry Henry

Hanya ada satu yang pantas menjadi pemain bergelar Greates of All Time. Henry dinobatkan sebagai pemain terbaik sepanjang masa yang bertengger di posisi puncak sebagai striker terhebat dalam sejarah Liga Premier.

Dia duduk di urutan keenam dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Liga Premier dengan jumlah 175 gol dalam 258 pertandingan bersama Arsenal. Dia membantu The Gunners memenangkan dua gelar dan merupakan bagian dari gelar paling melegenda di tanah Inggris, The Invincible, yang tidak terkalahkan sepanjang musim 2003/2004.

Peringkat Terakhir

Berdasarkan daftar Tiermaker, meskipun status Aguero akan meninggalkan Man City, dia tetap pantas dinobatkan sebagai salah satu dari lima penyerang terbaik dalam sejarah Liga Premier.

Mantan pemain Atletico Madrid itu mendapatkan tempat di kategori Legendaris bersama Shearer, Cantona, dan Rooney. Pencapaian tersebut bukanlah hal yang buruk, karena Aguero bertengger bersama sederet striker paling berpengaruh di dunia sepak bola.

Meskipun Aguero mencetak lebih banyak gol daripada Henry. Dengan berbagai faktor capaian prestasi secara keseluruhan, pria berdarah Prancis tersebut tetap yang paling pantas dinobatkan sebagai striker terbaik yang pernah ada di Liga Premier.

Satu hal yang pasti, dunia sepak bola telah menyaksikan sederet striker luar biasa yang menghiasi Liga Premier selama bertahun-tahun. Dan, Aguero adalah salah satu dari sederet nama striker terbaik tersebut.

  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Komentar

(500 Karakter Tersisa)

Foto

10 Foto Ada Hegerberg, Pemenang Ballon d'Or Wanita Pertama

Klasemen