10 Pemain Terhebat yang Pernah Mengenakan Jersey Nomor 9

"Ada dua nama paling fenomenal yang tak bisa dilepaskan dari nomor 9: Ronaldo dan Marco Van Basten. Siapa lagi lainnya?"

Feature | 29 May 2021, 13:12
10 Pemain Terhebat yang Pernah Mengenakan Jersey Nomor 9

Libero.id - Semua orang yang mengerti akan sepakbola rasanya paham bahwa gol adalah faktor utama untuk menuju kemenangan dalam sebuah pertandingan. Siapapun tim yang unggul selisih gol sampai laga pertandingan usai maka, dialah pemenangnya.

Berbicara tentang pencetak gol, beberapa dari superstar sepakbola di dunia ternyata pernah mengenakan jersey bernomor punggung 9 yang sangat ikonik.

Pemain bernomor punggung 9 telah berkembang selama bertahun-tahun. Seiring berjalannya waktu muncul berbagai bentuk kesalahan dan perubahan dalam taktik sepak bola, tetapi peran tersebut pada dasarnya tetap sama yaitu pencetak gol.

Pada catatan berikut ini, mari kita lihat sepuluh pemain bintang sepakbola dunia yang pernah mengenakan jersey bernomor punggung 9.

10. Luis Suarez

Luis Suarez adalah salah satu superstar sepakbola dunia yang masih aktif yang  menggunakan jersey bernomor punggung 9.

Pemain internasional Uruguay adalah salah satu penyerang paling lengkap dari generasi ini - unggul dalam setiap aspek permainan menyerang. Suarez sangat bagus dalam permainan bertahan dan sama-sama mahir dalam menemukan bagian belakang gawang secara konsisten atau melakukan umpan berbahaya.

Pemain berusia 34 tahun itu tampil luar biasa di setiap klub yang pernah ia mainkan; ia memenangkan Eredivisie bersama Ajax, Piala Liga bersama Liverpool, juga mendorong mereka untuk merebut gelar juara, sebelum menikmati puncaknya di Barcelona.

Suarez memenangkan dua Sepatu Emas Eropa selama waktunya di Camp Nou, mencetak 195 gol dan memberikan 112 assist. Dia juga memenangkan empat gelar La liga, empat penghargaan Copa Del Rey, dan treble Eropa pada 2014-15.

9. Robert Lewandowski

Libero.id

Kredit: instagram.com/_rl9

Penyerang berpaspor Polandia, Robert Lewandowski adalah salah satu penyerang paling mematikan dalam sejarah permainan sepakbola. Diberkati dengan kehebatannya dalam memainkan si kulit bundar di lapangan serta ketajamannya dalam mengeksekusi kesempatan emas, sehingga tidak heran jika dia telah mencetak sebanyak 454 gol di empat klub berbeda.

Lewandowski memulai karirnya di klub Polandia Znicz Pruszkow. Setelah bermain sebentar untuk Lech Poznan, dia pindah ke negara tetangga Jerman, di mana dia bergabung dengan Borussia Dortmund.

Di Dortmund di mana Lewandowski muncul, mencetak 103 gol dalam 187 penampilan dan memenangkan dua gelar Bundesliga bersama Black and Yellow. Setelah empat musim di klub, Pemain berpaspor Polandia tersebut pindah ke rival Der Klassiker, Dortmund yaitu Bayern Munich.

Pemain berusia 32 tahun itu meningkatkan reputasinya di Munich - memenangkan delapan gelar Bundesliga berturut-turut bersama dengan treble Eropa dan penghargaan 'The Best' FIFA musim lalu.

Lewandowski (73 gol) berada di urutan ketiga dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga Champions sepanjang masa, sementara dia satu-satunya yang mencapai 5 besar dalam kurang dari 100 penampilan (96).

8. Filippo Inzaghi

Selanjutnya, kami memiliki Legenda Bianconeri dan AC Milan, dan bisa dibilang terbaik Italia untuk nomor 9 - Filippo Inzaghi.

Inzaghi menikmati tugasnya yang paling sukses bersama Rossoneri, di mana ia memenangkan dua gelar Liga Champions, dua Scudetto, dan satu gelar Piala Dunia Antarklub FIFA dan Coppa Italia.

Dalam salah satu penampilan terbaik dalam karirnya, Inzaghi mencetak dua gol melawan Liverpool di final Liga Champions 2007, membantu Rossoneri meraih kemenangan 2-1.

Inzaghi juga berprestasi di panggung internasional, mencetak 25 gol dalam 57 penampilan untuk tim nasional. Dia memenangkan Piala Dunia 2006 dan menjadi finalis Euro 2000 bersama Azzurri.

7. Marco Van Basten

Libero.id

Kredit: instagram.com/marcovanbasten

Marco Van Basten adalah salah satu penyerang terbaik di tahun 80-an, bertindak sebagai titik fokus tim pemenang Euro 88 Belanda yang bertabur bintang.

Van Basten adalah salah satu striker paling terkenal di abad terakhir, menikmati kesuksesan besar bersama Ajax Amsterdam dan AC Milan. Dia memenangkan dua Piala Champions Eropa berturut-turut (sekarang disebut Liga Champions) pada 1988-89 dan 89-90.

Kenaikan AC Milan bertepatan dengan tahun-tahun puncak Van Basten saat ia memenangkan Ballon D'Or pada tahun 1988 dan 1989 dan penghargaan ketiga pada tahun 1992. Saat pemain asal Belanda itu gantung sepatu di Milan, ia mencetak 277 gol dan memberikan 82 assist dalam 373 gol.

6. Gabriel Batistuta

Legenda Fiorentina dan Argentina, Gabriel Batistuta terkenal karena permainannya yang serba bisa dan merupakan asisten yang andal bagi Diego Maradona untuk tim nasionalnya.

Batistuta luar biasa selama sembilan musim di Fiorentina mencetak lebih dari 200 gol dalam 331 penampilan dan mengukir namanya dalam sejarah klub. Dia menjaga komitmennya kepada klub, meskipun mereka turun pangkat ke divisi kedua.

Disebut 'Batigol', pemain Argentina itu menyelesaikan karirnya di AS Roma. Dengan 184 gol, dia adalah pencetak gol terbanyak ke-11 dalam sejarah Serie A.

Namun, pemain Argentina itu menikmati kesuksesan paling banyak dengan tim nasionalnya - memenangkan Copa America 1991 dan menyelesaikan karirnya sebagai pencetak gol tertinggi Argentina, dengan 56 gol. Batistuta memegang rekor selama lebih dari 15 tahun sebelum Lionel Messi mengungguli dia pada tahun 2016.

5. Alan Shearer

Libero.id

Kredit: instagram.com/alanshearer

Selanjutnya, kami memiliki pemain yang memegang hampir semua rekor pencetak gol paling mengesankan dalam dunia sepak bola Inggris, Alan Shearer. Shearer adalah salah satu penyerang paling mematikan di era modern.

Sebagai penggemar Newcastle, Shearer menghadapi penolakan dari Magpies, dan kemudian bergabung dengan Southampton saat remaja. Melakukan debutnya saat berusia 17 tahun, Shearer langsung mencuri perhatian dengan hat-trick ke gawang Arsenal. Kepindahan uang besar ke Blackburn Rovers semakin meningkatkan reputasinya; ia mencetak 112 gol Liga Premier dalam 138 penampilan saat ia memimpin Blackburn meraih gelar Liga Premier.

Orang Inggris itu akhirnya bergabung dengan klub masa kecilnya Newcastle United dengan biaya transfer rekor dunia 15 juta pound. Shearer memainkan sebagian dari sepak bola terbaiknya di Tyneside, berakhir sebagai pencetak gol terbanyak Liga Premier, dengan 260 gol.

4. Johan Cruyff

Terkenal karena mengenakan jersey bernomor punggung 14, ternyata Johan Cruyff, pernah menghabiskan banyak masa karirnya dengan mengenakan jersey bernomor punggung 9 juga.

Salah satu nomor yang paling ikonik dalam dunia sepakbola. Faktanya Cruyff benar-benar pernah mengenakan Jersey bernomor punggung 9 tersebut dalam sejarah permainannya, dan hebatnya Cruyff dikenal oleh dunia bahwa dirinya telah merevolusi dan memodernisasi permainan yang indah, baik sebagai pemain maupun sebagai manajer.

Bahkan superstar sepakbola berdarah Belanda tersebut adalah kepala akademi La Masia Barcelona yang terkenal, yang mengasuh orang-orang seperti Lionel Messi, Andres Iniesta dan Xavi, dan sederet nama lainnya. Sementara dia adalah sosok yang sangat produktif di pinggir lapangan, Cruyff termasuk di antara para elit dalam sejarah permainan sepakbola dunia.

Orang Belanda itu memenangkan penghargaan Ballon D'Or pada tiga kesempatan dan mendorong Belanda dari tim biasa menjadi salah satu kekuatan besar di sepakbola dunia. Pada 1999, Cruyff terpilih sebagai Pemain Eropa Abad Ini; dia mencetak 260 gol dan mencatat 136 assist dalam 501 penampilan.

3. Gerd Muller

Salah satu pesepakbola terbaik dalam sejarah dunia sepakbola adalah Gerd Muller, dia sukses mencetak jumlah gol yang sangat besar, 721 gol hanya dalam 769 penampilan.

Sering disebut sebagai 'Der Bomber', Muller dianggap sebagai salah satu finiser paling klinis yang pernah ada, mengumpulkan 68 gol luar biasa dalam 62 penampilan untuk Jerman Barat.

Dia adalah komponen penting dari tim Jerman Barat di akhir 60-an dan awal 70-an saat mereka memenangkan Euro 1972 dan Piala Dunia FIFA 1974.

Kontribusi Gerd Muller juga penting dalam meningkatkan reputasi Bayern Munich di kalangan elit Eropa; ia memenangkan tiga Piala Champions, empat gelar Bundesliga, empat Piala Jerman dan Piala Interkontinental selama waktunya di Munich.

Pemenang Ballon D'Or menghabiskan seluruh 15 musim karirnya di Bayern Munich, mengumpulkan total 523 gol dan 101 assist dalam 580 penampilan.

2. Alfredo Di Stefano

Dijuluki 'The Blond Arrow', Alfredo Di Stefano adalah salah satu yang terbaik yang pernah menghiasi permainan. Orang Argentina, yang kemudian mengadopsi kewarganegaraan Spanyol, berperan penting dalam dominasi Real Madrid dan Spanyol dalam sepakbola dunia pada abad terakhir.

Di Stefano adalah komponen penting dari 'Klub abad ke-21', yang memenangkan lima Piala Eropa yang belum pernah terjadi sebelumnya di tahun 1950-an, berkat kepahlawanan pemain Argentina itu.

Pemenang Ballon D'Or 2 kali ini dikenal karena permainannya yang rumit dan terampil, keterampilan kontrol bola jarak dekat yang sangat baik, kemampuan untuk terhubung dengan lini tengah, dan stamina yang hebat untuk melacak bola.

Alfredo Di Stefano adalah pencetak gol terbanyak Real Madrid (216 gol) sebelum disusul oleh Raul pada 2009. Dalam 709 penampilan di klub, dia mencetak 519 gol.

1. Ronaldo Nazario

Libero.id

Kredit: twitter.com/championsleague

Tepat disebut sebagai 'El Fenomeno', Ronaldo Nazario bisa dibilang striker terhebat dalam sejarah permainan indah.

Dia menghabiskan kariernya di empat negara berbeda dan dua benua, mencapai prestasi monumental di mana pun dia melangkah. Pemenang Ballon D'Or 2 kali mewakili PSV Eindhoven dalam dua musim di klub, mencetak 54 gol dalam 57 pertandingan.

Dalam 119 penampilan gabungan untuk rival sekota Inter Milan dan AC Milan, Ronaldo mencetak 68 gol dalam 119 pertandingan. Dia menghabiskan satu musim di Barcelona dan lima musim di rival sengit mereka, Real Madrid, mencetak 151 gol dalam 226 pertandingan di negara itu.

Dia juga mencetak 62 gol dalam 98 pertandingan untuk Brasil.

Ronaldo Nazario adalah satu dari empat pemain yang memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA setidaknya tiga kali. Ronaldo Luis Nazario de Lima adalah salah satu yang terbesar yang pernah hidup.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network