Kisah Ruud van Nistelrooy dan Tendangannya yang Menggetarkan Gawang

"Sosok yang dianggap malas hingga dibenci rekan setimnya."

Biografi | 28 August 2021, 23:12
Kisah Ruud van Nistelrooy dan Tendangannya yang Menggetarkan Gawang

Libero.id - Ruud van Nistelrooy sering disebut sebagai one-trick pony selama masa kejayaannya di Manchester United. Van Nistelrooy merupakan sosok brilian dalam menciptakan gol, khasnya adalah sundulan dan tendangan kerasnya ke arah gawang.

Tendangan keras terukur yang mengarah ke sudut gawang, sehingga jauh dari jangkauan penjaga gawang. Di era Nistelrooy, gol yang menghujam keras ke gawang lawan setidaknya terjadi sekali setiap pertandingan dilaksanakan di Wembley.

Seandainya Anda berdiri di belakang gawang saat Nistelrooy menciptakan gol, maka Anda akan melihat bagaimana jaring gawang lawan tersebut berguncang keras karena benturan bola yang ditendang Nistelrooy.

Meski demikian, Nistelrooy adalah pemain yang paling dibenci secara universal oleh rekan setimnya. Dia adalah pemain yang malas di lapangan, dia hanya menunggu bola datang kepadanya kemudian mengambil kesempatan untuk menciptakan gol.

Van Nistelrooy memang selalu sukses mencetak gol di setiap kesempatan. Walau begitu, kelakuan Van Nistelrooy tidak bisa dianggap baik. Sepakbola adalah tentang kerjasama, bukan hanya tentang menunggu kesempatan emas mencetak gol.

Ketika membahas nama-nama besar seperti Gary Lineker, Miroslav Klose, dan Javier Hernandez, kemudian membandingkannya dengan Van Nistelrooy. Maka, terlihat perbedaan signifikan dalam hal kemampuannya membangun kerjasama di dalam tim saat berlaga.

Menonton kembali cuplikan penampilan Van Nistelrooy membuat Anda bertanya-tanya, apakah dia tahu ada 80 yard atau lebih yang tersedia baginya untuk bermain bersama rekan setimnya saat berlaga.

Untuk banyak golnya, dia sama sekali tidak berperan dalam membangun serangan. Ikon asal Belanda itu tidak terlihat dalam tembakan hingga detik terakhir, dia hanya menerkam dengan penyelesaian sederhana lalu menciptakan gol.

Saat berlari menuju bola dalam posisi yang tampak sempurna, jenis wilayah di mana Alan Shearer akan melepaskan tendangan pojok melambung atau Thierry Henry yang akan membuka tubuhnya untuk meringkuk ke sudut jauh, sedangkan Van Nistelrooy akan langsung mengambilnya, dua, tiga sentuhan lagi, mendorong dirinya sedekat mungkin ke area kotak penalti.

Kadang-kadang ini berarti dia tampaknya tidak menuju ke mana-mana, melaju ke depan ke sudut yang tampaknya mustahil, hanya untuk mengejutkan penjaga gawang dengan tendangan kaki yang tiba-tiba melintasi gawang atau sedikit ke tiang dekat dengan bagian luar kakinya.

Gol Van Nistelrooy untuk Manchester United sebagian besar terjadi dari hasil Ryan Giggs atau David Beckham yang berhasil menciptakan kesempatan emas di area pertahanan 10 yard dari gawang lawan. Nistelrooy hanya menempel di garis pertahanan lawan dan menunggu bola datang kepadanya.

Hampir tidak menjadi masalah di mana Van Nistelrooy berada pada saat mereka memainkan umpan silang, atau berapa banyak pemain bertahan di sekelilingnya. Jika mereka meletakkannya di sana, dia akan mendapatkannya terlebih dahulu.

Ini adalah metode yang sangat sederhana, walau sepertinya tidak mungkin berhasil sedekat mungkin untuk mencetak gol dan memasukkannya. Ini adalah konsepsi anak berusia 12 tahun tentang permainan di lini depan yang baik. Tapi, cara itu berhasil diterapkan Nistelrooy dalam menghasilkan gol.

Rekor untuk mengalahkan yang terbaik

Sebagai tim paling sukses di Inggris selama 25 tahun terakhir, Manchester United telah menjadi rumah bagi beberapa striker terbaik yang pernah dilihat dunia sepakbola dalam beberapa dekade terakhir. Tetapi, rekor gol Van Nistelrooy mengalahkan mereka semua.

Mantan pemain asal Belanda itu mencetak lebih banyak gol di Liga Premier dengan 95 gol lebih banyak daripada pemain Manchester United mana pun, kecuali pencetak gol terbanyak sepanjang masa Wayne Rooney. Nistelrooy memiliki rasio gol per pertandingan yang lebih baik daripada pemain lain, yaitu sebesar 0,63 di setiap pertandingan.

Tiga musim pertama Van Nistelrooy membuatnya mencetak setidaknya 30 gol di semua kompetisi. Dia mencetak setidaknya 20 gol di masing-masing dari lima musim Liga Premier kecuali 2004/2005 ketika dia hanya bermain 17 pertandingan karena cedera.

Memperluas perbandingan ke seluruh Liga Premier, pengembalian menit per gol Van Nistelrooy (128,2) lebih baik daripada semua orang kecuali Sergio Aguero (106 menit per gol), Thierry Henry (121,8), dan, Adam Le Fondre (124.3).

Seperti yang kita semua dengar berita populer tentangnya, Van Nistelrooy juga mencetak rekor Liga Premier untuk mencetak gol dalam pertandingan berturut-turut (10) pada 2003.

Jamie Vardy juga memecahkan rekor itu, tetapi butuh Lionel Messi untuk memecahkan rekor gol Van Nistelrooy dalam tujuh pertandingan La Liga berturut-turut, yang dia raih bersama Real Madrid pada 2007.

Rekornya di Bernabeu bahkan lebih baik daripada di Inggris, terutama saat Nistelrooy mencetak 46 gol dalam 68 pertandingan La Liga untuk Los Merengues. Jumlah gol itu menutup kariernya sebelum satu tahun melatih di Hamburg dan Malaga.

Semua itu dilakukan Nistelrooy setelah mengatasi cedera ligamen anterior yang menghancurkan kariernya. Cedera itu membuatnya absen selama satu tahun dan menunda kepindahannya ke Old Trafford.

Jadi, dengan rekor yang begitu produktif, mengapa Van Nistelrooy tidak dinilai lebih tinggi?

Bagian paling terkenal dari seorang Nistelrooy adalah tendangan kerasnya seperti halnya Michael Owen, bahkan Sergio Aguero. Kami merasa sulit untuk menilai secara pasti para pemain yang kontribusi satu-satunya adalah gol mereka, daripada etos kerja mereka yang menyeluruh.

Kesulitan yang dialami

Faktor lain adalah bahwa dia hanyalah pria yang sulit untuk didekati. Dia mengembangkan reputasi di antara penggemar dan di antara saingan untuk bermain akting dan mengeluh kepada wasit. Paling baik dicontohkan dalam hasil imbang tanpa gol yang terkenal dengan Arsenal menjelang awal musim The Gunners 2003/2004.

Van Nistelrooy begitu memusuhi para pemain Arsenal sepanjang pertandingan,  terutama dengan aksi historis yang mengakibatkan Patrick Vieira diusir keluar lapangan, sehingga kegagalan penaltinya di masa injury time mendorong Martin Keown begitu marah.

Kecenderungannya untuk membungkam orang juga muncul di tempat latihan. Menjelang akhir musim 2005/2006, pelatih asal Belanda itu terus-menerus frustrasi dengan keterlambatan Cristiano Ronaldo dalam mengumpan bola karena membuatnya menebak-nebak larinya.

Setelah Van Nistelrooy menendang Ronaldo menyusul salah satu pertengkaran mereka yang sering terjadi di tempat latihan, Rio Ferdinand membalas dengan baik atas nama pemuda Portugal itu. Pembelaan itu membuat Van Nistelrooy mengayunkan pukulan keras ke arah Ferdinand. Van Nistelrooy kemudian dijual ke Real Madrid hanya beberapa minggu kemudian.

Namun, faktor terbesarnya mungkin adalah semua kecemerlangannya. Van Nistelrooy ada di waktu yang salah. Dia datang terlalu terlambat untuk menjadi bagian dari kombinasi pemenang treble Cole-Yorke-Solskjaer-Sheringham, tetapi terlalu cepat untuk lini depan Rooney-Ronaldo-Tevez yang sensasional.

Lima tahun di kedua sisi waktu Van Nistelrooy di Old Trafford menghasilkan delapan gelar liga secara total. Tetapi, selama lima tahun mantranya di Old Trafford, mereka memenangkannya hanya sekali.

(muhammad alkautsar/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network