9 Momen Tunjukkan Sadio Mane Orang yang Baik

"Sikap mana paling terpuji."

Analisis | 25 November 2021, 12:56
9 Momen Tunjukkan Sadio Mane Orang yang Baik

Libero.id - Bagi banyak penggemar, predikat pemain terbaik tidak hanya dinilai ketika sedang dalam permainan. Lebih jauh, tentu dilihat dari kepribadiannya, baik dalam maupun di luar lapangan.

Contohnya adalah para penggemar The Reds. Mereka tak ragu mengakui Sadio Mane adalah pesepakbola kelas dunia. Namun, penilaian mereka bukanlah sekedar dari kualitas Mane dalam mencetak gol, tapi mereka mencintainya karena pemain asal Senegal itu adalah salah satu pemain yang baik dalam permainan.

Kepribadian Mane telah membantunya menjadi favorit para penggemar Liverpool, hingga penggemar rival mungkin merasa sulit untuk tidak menyukainya.

Pada catatan itu, Libero.id telah menyusun 9 momen yang menunjukkan Sadio Mane adalah pemain yang baik.

1. Suka Berdonasi

Terlepas dari ketenaran dan kekayaannya, Mane jelas tidak melupakan akarnya. Penyerang berusia 29 tahun itu sangat menyadari kondisi kemiskinan di desa asalnya, Bambaly, dan membayar rumah sakit yang dibangun di sana.

Mane kemudian menyumbangkan 250.000 pounds (Rp 4,7 miliar) untuk mendanai sekolah menengah baru dan terlihat mengunjungi lokasi konstruksi untuk memeriksa kemajuannya.

Dia juga menghadiahkan 300 kaos Liverpool kepada penduduk setempat di kota kelahirannya, sehingga mereka bisa memakainya selama final Liga Champions 2018.

Di tengah merebaknya musibah virus Corona, Mane menyumbangkan 41.000 pounds (Rp 782 juta) kepada otoritas kesehatan di Senegal.

2. Permintaan Maaf Kepada Ederson

Saat pertandingan melawan Manchester City pada September 2017, Mane tanpa sengaja menabrak wajah Ederson dengan sepatu bot tinggi. Fakta itu tentu saja membuatnya langsung menerima kartu merah.

Penyerang itu menyesali insiden itu dan mengeluarkan permintaan maaf di media sosial sebelum mencoba menghubungi penjaga gawang.

“Kami tidak mengenal satu sama lain, tetapi saya ingin memiliki nomornya dan mengiriminya pesan yang tepat. Saya pikir itu baik-baik saja sekarang,” kata Mane kepada ESPN.

“Jujur, setelah kejadian ini, saya tidak baik-baik saja. Saya sedang memikirkan kartu merah, tentu saja, tetapi kami adalah manusia dan kami harus bersikap baik satu sama lain," bebernya.

“Jika saya bisa melakukan yang lebih baik untuk mengabaikan (menghindari) tabrakan, saya akan melakukan yang terbaik untuk melakukannya. Tapi, dia juga melakukan hal yang sama. Saya tidak bisa berbuat apa-apa sekarang.” tambah Mane.

3. Hadiah untuk Ballboy

Mane mencetak dua gol dan meraih penghargaan Man of the Match  saat Liverpool mengalahkan Chelsea di final Piala Super Eropa 2019. Tapi, itu adalah sikapnya yang menghangatkan hati di luar lapangan yang membuat semua orang berbicara tentang Mane setelah pertandingan.

Sambil duduk di bangku, dia memanggil salah satu ballboy sebelum memberinya baju dan pelukan, dan anak muda itu jelas senang.

4. Botol Air

Mane menunjukkan sikap rendah hati dengan tindakan tanpa pamrih lainnya saat bertugas di timnas Senegal pada November 2019.

Setelah turun dari bus tim, pemain sayap itu terlihat membantu anggota staf membawa botol air ke dalam stadion. Kebanyakan pesepakbola hanya akan lewat begitu saja tanpa berpikir dua kali – seperti yang dilakukan beberapa anggota skuad – tapi itu bukan sifat Mane.

5. Pelatih Tim

Pemain depan itu kemudian membantu Senegal mengalahkan Kongo 2-0 dan kembali ke bus tim ketika dia melihat orang yang mirip di luar bus mengenakan kemeja Mane di Liverpool.

Mane meminta keamanan untuk membawa orang itu ke dalam bus, sehingga dia bisa bertemu dengan anggota tim lainnya dan mengobrol singkat sebelum berfoto bersama.

6. Membersihkan Masjid

Setelah mencetak gol pembuka dalam kemenangan 2-1 Liverpool atas Leicester pada 2018, Mane akan dimaafkan karena mengangkat kakinya dan beristirahat.

Sebagai seorang Muslim yang taat, dia malah terlihat membantu membersihkan toilet di masjid setempat di Liverpool hanya beberapa jam setelah peluit akhir.

“Sadio (Mane) meminta agar tidak ada video yang dikirim. Dia ingin tetap berhati-hati dan tidak melakukannya untuk publisitas,” kata Abu Usamah Al-Tahabi kepada BBC.

“Dia sering ke masjid. Di rumahnya dia memiliki Bentley – tapi dia mendatangi kami dengan mobil yang tidak terlalu mewah, jadi dia menyamar," pungkasnya.

“Dia bukan orang yang mencari keriuhan. Tidak ada kesombongan.”

7. Ismaila Sarr

Setelah Liverpool menghadapi Watford pada Desember 2019, Mane meminta Troy Deeney untuk menjaga pemain berusia 21 tahun itu, yang bermain bersama Senegal.

“Sadio berbicara kepada saya sepanjang waktu. Dia menyarankan saya untuk melakukan ini, lakukan itu. Dia adalah kakak bagi saya," kata Sarr kepada BBC Sport.

“Ketika saya tiba, dia mengirim pesan yang mengatakan 'selamat datang di Liga Premier, selamat datang di Inggris' dan kami juga berbicara ketika kami berada di tim nasional," pungkas Sarr.

“Dia memberi saya tips, saya mencoba menjalankannya dan menerapkannya. 'Jika Anda tidak bermain, tenang, lanjutkan, lakukan pekerjaan Anda, itu akan baik-baik saja,' itulah yang dia katakan. Jadi, saya mencoba melakukan hal yang sama,” tambahnya.

Namun, hal itu kembali menghantuinya beberapa bulan kemudian ketika Sarr mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0 Watford atas The Reds di Vicarage Road.

8. Wawancara pasca-pertandingan

Pesepakbola yang bermain untuk beberapa tim terbesar di dunia sering dicerca karena arogansi mereka. Lihat saja Zlatan Ibrahimovic dan Cristiano Ronaldo.

Tapi, Mane tidak mendambakan sorotan dan sering mendukung rekan satu timnya di Liverpool daripada berbicara tentang dirinya sendiri selama wawancara pasca-pertandingan.

“Setelah pertandingan, saya mencoba membuatnya menggambarkan seberapa besar peran yang dia mainkan, tetapi dia selalu ingin mengecilkan perannya dan menabrak semua orang di tim,” kata Mike Hughes dari BBC Radio Merseyside pada 2018. “Itu hanya menunjukkan karakter pria itu.” tambahnya.

9. Mane dan Kakeknya

Semangat Mane berkarier di dunia sepakbola datang dari kakeknya, dan kini dia sukses menjadi pesepakbola terkenal.

Mane berjanji segala keberhasilannya dia persembahkan untuk sang kakek.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network