Rodrygo menjadi inspirasi kebangkitan Los Blancos
Real Madrid akan menghadapi Liverpool di final Liga Champions setelah penalti di perpanjangan waktu Karim Benzema menyelesaikan kemenangan comeback 3-1 yang luar biasa atas Manchester City.

Memimpin 4-3 dari leg pertama yang mengesankan, tim asuhan Pep Guardiola tampaknya siap untuk penampilan partai final Liga Champions ketika Riyad Mahrez membuat mereka unggul pada menit ke-73 di Santiago Bernabeu, tetapi raja comeback Madrid memastikan tempat mereka di Paris dengan agregat kemenangan 6-5.

Pemain pengganti Rodrygo menjadi inspirasi kebangkitan Madrid, saat ia menjadi pemain pertama yang mencetak dua gol pada menit ke-90 dari pertandingan sistem gugur Liga Champions untuk memaksakan pertandingan menuju babak perpanjangan waktu.

Dan Benzema menyelesaikan momen kebangkitan yang luar biasa bagi juara LaLiga ketika lima menit memasuki perpanjangan waktu.

City membawa ancaman yang lebih besar di babak pertama, Thibaut Courtois melakukan penyelamatan brilian dari Bernardo Silva sebelum menggagalkan upaya Phil Foden saat sebelum turun minum.

Madrid seharusnya memimpin di awal babak kedua, namun Vinicius Junior tidak mampu memanfaatkan umpan silang Dani Carvajal di tiang jauh.

Namun City telah menunjukkan lebih banyak kontrol dan keunggulan menjadi milik mereka ketika Mahrez melakukan penyelesaian brilian ke gawang Courtois.

Namun Madrid tidak tak mudah untuk ditaklukkan. Pemain muda berbakat, Rodrygo mencuri bola untuk menyambut bola persegi Benzema dan, 91 detik kemudian, melakukan sundulan indah ke pojok kiri atas.

Perubahan haluan yang paling luar biasa terjadi ketika Benzema dengan tenang melakukan tendangan penalti ke gawang Ederson setelah ia dilanggar oleh Ruben Dias di dalam kotak.

Rasanya tidak mungkin bahwa Madrid akan lebih baik dalam comeback babak 16 besar mereka melawan Paris Saint-Germain, tetapi kemudian mereka mengerahkan upaya yang sama menentukan melawan Chelsea. Dan ketika mereka tampak lesu, tim asuhan Ancelotti membalas dengan comeback yang mungkin akan mengalahkan mereka semua.

Madrid lolos dari babak semifinal Liga Champions ketiga dengan mencatatkan 10 gol atau lebih di kedua leg.  Ini juga pertama kalinya dalam enam upaya Los Blancos menang dari pertandingan semifinal di kompetisi ini setelah kalah di leg pertama.

Sama seperti di babak 16 besar dan perempat final, Benzema menjadi penentu kemenangan Madrid dengan tendangan penaltinya yang menenangkan.

Sang kapten mencetak gol ke-10 di fase gugur Liga Champions musim ini yang menjadi pemain pertama yang mencapai angka ganda dalam satu musim sejak Cristiano Ronaldo pada 2016/17.  Dia juga menjadi pemain keempat yang mencetak gol di kedua leg perempat final dan semi final di kompetisi ini pada musim yang sama.

Sementara itu, tepat setahun sejak dua golnya mengalahkan Paris Saint-Germain di leg kedua semifinal Liga Champions, Mahrez sekali lagi mencetak gol untuk City.

Ia mencatatkan 24 gol di semua kompetisi untuk musim ini, dengan Mohamed Salah (30) satu-satunya pemain yang mencetak lebih banyak untuk tim Liga Premier pada 2021/22.

Dengan hasi tersebut terselip beberapa catatan menarik. Madrid telah mencapai final Piala Eropa/Liga Champions ke-17 mereka, enam kali lebih banyak dari tim lain mana pun.  Ini adalah yang pertama sejak 2018, ketika mereka mengalahkan Liverpool 3-1.

Ada 11 gol di dua leg pertandingan ini, yang terbanyak kedua dari pertandingan semifinal dua leg dalam sejarah Liga Champions, di belakang hanya Liverpool 7-6 Roma pada 2017/18.

Bos City Pep Guardiola kini telah mengalami enam eliminasi di babak semi final Liga Champions UEFA pada 2009/10 dan 2011/12 dengan Barcelona, 2013-14, 2014-15 dan 2015/16 dengan Bayern Munich.

Ancelotti telah mencapai final Liga Champions kelimanya pada 2003, 2005 dan 2007 bersama Milan, 2014 dan 2022 bersama Madrid, terbanyak dari manajer mana pun dalam sejarah kompetisi.

Sejak 2003/04 ketika babak 16 besar diperkenalkan, Madrid adalah tim pertama yang kalah di babak 16 besar (0-1 vs PSG), perempat final (2-3 vs Chelsea) dan semifinal (3-  4 vs City) dalam satu musim dan masih mencapai final Liga Champions.

Benzema telah mencetak tujuh gol Liga Champions melawan tim Inggris musim ini, terbanyak oleh seorang pemain dalam satu musim dalam sejarah kompetisi.

Kedua tim akan kembali beraksi pada Sabtu.  City terlihat merespons saat mereka melanjutkan perburuan gelar Liga Premier melawan Newcastle United, sementara Los Blancos menghadapi Atletico Madrid dalam derby.