Ketika itu fans Manchester United bertanya-tanya, siapa dia?
Bursa transfer menjadi salah satu bagian penting dari penggemar sepakbola. Kehadirannya mampu membuat para fans berdebar-debar antara senang kedatangan pemain baru atau sedih ditinggal pemainnya hengkang ke tim lain. Namun ternyata pernah terjadi transfer aneh dalam sepakbola, hal tersebut terjadi di Manchester United.

Ya, itu terjadi pada musim 2014/2015, kala itu Setan Merah ditukangi oleh pelatih asal Belanda Louis Van Gaal. Jelang penutupan bursa transfer atau yang akrab kita sebut sebagai deadline day, Van Gaal mendatangkan seorang pemain yang membuat para fans Manchester United bertanya-tanya. Siapa pemain tersebut?

Dia adalah Andy Kellet. Siapa Andy Kellet? Andy Kellet merupakan pemain Bolton Wanderers yang dipinjamkan ke Plymouth Argyle. Posisi naturalnya ada gelandang, namun sang pemain juga bisa bermain di lini belakang sebagai bek tengah, bahkan bek kiri.

Saat itu lini pertahanan United memang sedang sangat mengkhawatirkan. Mereka hanya memiliki Chris Smalling, Phil Jones, Jonny Evans, dan Marcos Rojo. Itulah kenapa Manchester United memboyong seorang Andy Kellet pada Januari 2015 silam.

Ternyata perekrutan tersebut tak disambut baik oleh publik Old Trafford. Para fans sangat ragu akan kemampuan pemain yang bahkan selama karirnya hanya berkutat di kasta bawah Liga Inggris, padahal di bursa transfer yang sama, Manchester United santer dikaitkan dengan Aymeric Laporte dan Mats Hummels.

Kedatangan Laporte dan Hummels tentunya lebih diharapkan oleh fans Setan Merah ketimbang seorang Andy Kellet. Apalah daya, pihak klub justru memilih untuk meminang Kellet dari Bolton dengan status pinjaman.

Prestasi Kellet bersama Bolton terbilang sangat buruk, ia hanya bermain selama 51 menit bersama Bolton di Championship sebelum pada akhirnya dipinjamkan ke klub League 2, Plymouth Argyle. Bersama Plymouth, Kellet bermain sebanyak 15 pertandingan.

Kedatangannya ke Manchester United sangat mengejutkan berbagai pihak terutama bagi fans the Red Devills. Kabar mengejutkan itu (direkrut Manchester United) disampaikan langsung kepada Kellet oleh pelatih Bolton kala itu, Garry Parker.

"Duduklah Andy. Kami memiliki berita buruk dan berita baik. Kabar buruknya: Anda tidak dapat kembali ke Plymouth. Kabar baiknya: Anda akan bermain di Manchester United," kata Garry Parker.

Bahkan saking tidak terkenalnya Kellet sampai-sampai ada yang mengubah Wikipedia tentangnya. Saat itu namanya diganti menjadi Andy "Cantona" Kellet, hal tersebut dilakukan untuk menyindir kebijakan transfer Ed Woodward.

Kebijakan tersebut benar-benar dikecam oleh fans United yang menginginkan datangnya pemain berkualitas ke Old Trafford. Berbeda dengan respon fans United, Kellet sepertinya begitu senang dengan perekrutan ini.

"Pergi ke United dari Plymouth, seperti rasanya dari dua dunia berbeda. Kami bermain bersama Plymouth di League 2 dengan lapangan bertanah, latihan di taman. Lalu tiba-tiba anda pergi ke United dengan beberapa orang membawakan makanan untuk anda," terang Kellet.

Namun sayang, karirnya di Manchester United tak berjalan mulus. Kellet bahkan hanya dimainkan di tim junior United saja dengan catatan 9 kali tampil dan membubuhkan hanya sebiji assist. Kini Kellet memperkuat kesebelasan tingkat lima Liga Inggris, A.F.C Flyde setelah sebelumnya sempat kembali ke Bolton Wanderers kemudian mampir ke Wigan Athletic.