Semua masih terbuka. Bisa lolos, bisa runner-up, bisa juga gagal..
Tim nasional Indonesia harus menentukan nasibnya sendiri saat menghadapi Nepal pada pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Setelah mengalahkan Kuwait pada pertandingan pertama, Indonesia dikalahkan Yordania di laga kedua. Di laga lain, Kuwait mengalahkan Nepal. Hasil itu otomatis membuat Indonesia masih mengumpulkan 6 poin, dan duduk di posisi kedua. Sementara Nepal tersingkir.

Lalu, siapa yang akan lolos ke Piala Asia 2023? Berdasarkan regulasi, Yordania akan melaju ke putaran final jika menang atau minimal bermain imbang dengan Kuwait.



Jika itu terjadi, maka Indonesia hanya bisa lolos setelah menjadi satu dari lima runner-up terbaik dengan mengalahkan Nepal, dengan skor telak. Itu untuk mengantisipasi selisih gol runner-up di grup lain.

Sebaliknya, bagaimana jika Kuwait yang mengalahkan Yordania? Jika skenario ini yang tercipta, maka hasil pertandingan melawan Nepal tidak akan dihitung. Head to head hanya melibatkan tim yang memiliki poin sama. Dan, jika Indonesia juga mengalahkan Nepal, berarti ada tiga tim dengan 6 poin.