FIFA Ujicoba Aturan Pergantian Pemain Baru di Liga Premier

"FIFA berencana menambah kuota pergantian pemain dan rencana itu akan diterapkan melalui uji coba di Liga Premier."

Berita | 21 January 2021, 13:58
FIFA Ujicoba Aturan Pergantian Pemain Baru di Liga Premier

Libero.id - FIFA selaku induk organisasi sepak bola dunia turut berperan dalam menentukan peraturan bermain. Mereka berencana menambah kuota pergantian pemain dan rencana itu akan diterapkan melalui uji coba di Liga Premier pekan depan.

Rencana penambahan jumlah pergantian pemain itu dengan catatan khusus, yakni pergantian diperkenankan apabila terjadi insiden cedera kepala seperti yang dialami bek Tottenham Hotspur, Toby Alderweireld, saat menghadapi Burnley, Oktober 2020.

Pergantian pemain yang mengalami benturan hebat di bagian kepala segera diperkenalkan di Liga Premier, meski sosialisasi itu masih menunggu data akurat dari tim medis.

Sebagai bagian dari uji coba FIFA, klub papan atas Liga Premier menyetujui penambahan dua pemain pengganti permanen. Mereka menyambut baik pergantian pemain yang diperuntukkan saat terjadinya kasus gegar otak atau dugaan gegar otak.

Uji coba tersebut mengharuskan dokter klub untuk membagikan hasil prosedur medis, melibatkan pemain yang mengalami gegar otak dengan FIFA. Sementara perwakilan Liga Premier mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pelaksanaan uji coba akan bergantung pada klarifikasi proses pelaporan.

The Guardian, media asal Inggris, memahami pertanyaan tentang kepastian privasi informasi medis pemain dapat diselesaikan dengan cepat, serta membiarkan Liga Premier memulai uji coba.

Yang jelas, uji coba itu dapat diterapkan saat kompetisi berjalan di tengah pekan atau pekan berikutnya. Klub pada prinsipnya telah menyetujui uji coba ini, meski menunggu detail lengkap tentang prosesnya sebelum mengonfirmasi.

Uji coba tersebut akan memungkinkan klub menggunakan hingga lima dari sembilan pemain pengganti mereka dalam pertandingan apa pun, meskipun dua dari lima hanya akan tersedia jika terjadi cedera kepala.

Pergantian pemain akan bersifat permanen dan bukan sementara setelah melalui mengembangkan protokol uji coba. Dalam hal ini dokter tim mungkin memerlukan lebih dari waktu 10 menit yang diizinkan untuk perubahan sementara guna melakukan panggilan otoritatif tentang kondisi pemain. Jika satu tim melakukan pergantian pemain karena gegar otak, lawan mereka juga dapat melakukan pergantian pemain tambahan sebagai hasilnya.

Klub juga setuju pada rapat pemegang saham mereka untuk memperpanjang, setidaknya sampai akhir Februari 2021 tentang pengaturan siaran Liga Premier yang tersedia untuk ditonton lewat layar kaca di Inggris. Ini termasuk pertandingan langsung lainnya di BBC, yang akan menayangkan pertarungan degradasi West Brom dengan Fulham pada Sabtu (30/1/2021), pukul 3 sore waktu setempat.

Sementara mayoritas pertandingan akan diadakan di Sky Sports dan BT Sport, seperti yang telah terjadi sejak penggemar dilarang menghadiri pertandingan karena pandemi. Pertandingan Liverpool melawan Manchester City akan dilangsungkan di Sky Sports pada 7 Februari 2021. “Liga Premier dan klub-klubnya berkomitmen untuk memberikan solusi yang dapat diakses oleh para penggemar,” kata seorang juru bicara.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan


Daun Media Network