Yang Perlu Diketahui Tentang Drawing Babak 16 Besar Liga Champions

"Undian akan dilakukan di markas besar UEFA pada awal pekan depan."

Analisis | 09 December 2021, 21:00
Yang Perlu Diketahui Tentang Drawing Babak 16 Besar Liga Champions

Libero.id - Kecuali Barcelona yang turun kasta ke Liga Europa, klub-klub besar dari sejumlah liga papan atas Eropa sudah memastikan lolos 16 besar Liga Champions. Kini, mereka tinggal menanti lawan yang akan dihadapi.

Fans sepakbola telah melihat perwakilan Liga Premier mendominasi di fase grup, Empat klub Inggris berhasil melaju ke fase knock-out. Juara bertahan Chelsea dan rival Liga Premier mereka, Liverpool, Manchester City, serta Manchester United bersiap untuk menemukan lawan dalam undian hari di Swiss, Senin (13/12/2021).

Liverpool, Man City, dan MU sukses menjadi juara grup. Sedangkan Chelsea lolos sebagai runner-up. Tiga tim Inggris yang memuncaki grup termasuk diantara delapan klub unggulan, bersama Ajax Amsterdam, Real Madrid, Bayern Muenchen, Juventus, dan Lille.

Sementara Chelsea akan bergabung dengan Paris Saint-Germain, Atletico Madrid, Sporting Lisbon, Inter Milan, Benfica, Red Bull Salzburg, dan salah satu dari Atalanta atau Villarreal.

Bagaimana  drawing babak 16  besar Liga Champions akan berlangsung? Pengundian berlangsung di markas besar UEFA di Nyon, Swiss. Situs web UEFA akan menayangkan pengundian secara langsung ke seluruh dunia dan pemegang hak siar di Eropa menayangkannya secara langsung di televisi.

Seperti biasa, semua tim yang lolos akan dimasukkan ke dalam dua pot. Satu untuk tim unggulan, yang merupakan delapan juara grup, dan satu untuk tim yang tidak diunggulkan, yang merupakan delapan runner-up. 

Tim dari asosiasi nasional yang sama tidak dapat dipertemukan. Itu artinya, keempat klub Inggris tidak dapat bertemu. Begitu pula dengan dengan tim dari grup yang sama seperti Chelsea dengan Juventus atau Man City dengan PSG.

Lalu, apa artinya? MU dan PSG berpotensi bertemu di babak 16 besar, yang akan menempatkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi kembali dalam lapangan yang sama. Jika terjadi, itu akan menjadi pertemuan yang menarik karena Messi kini tidak berseragam Barcelona.

Selain itu, PSG, Inter, Sporting, Benfica, Villarreal atau Atalanta, serta Salzburg adalah beberapa klub yang berpeluang bertemu dengan Liverpool. Sementara MU juga berpeluang menghadapi Atletico, Inter, Sporting, Benfica, atau Salzburg. Lalu, Man City juga berpeluang menghadapi Atletico, Inter, Sporting, Salzburg, Villarreal atau Atalanta, atau Benfica.

Bagaimana dengan juara bertahan? Berhubung Chelsea menjadi runner-up, maka lawan-lawan yang akan dihadapi cukup berat. Kecuali Juventus dan tiga tim Inggris, The Blues bisa saja diundi melawan Ajax, Madrid, atau Bayern. Jika beruntung, mereka akan bertemu Lille.

Seperti yang dikatakan UEFA sejak awal kompetisi, ada sejumlah peraturan baru di fase knock-out. Aturan gol tandang telah dihapus. Jadi, imbang setelah 180 menit akan dilanjutkan ke perpanjangan waktu 2×15 menit. Jika masih imbang, dilanjutkan ke adu penalti.

Untuk final Liga Champions musim ini akan digelar di St Petersburg, Rusia, yang dijadwalkan pada 28 Mei 2022.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network