Tahan Imbang Vietnam, Taktik Defensif Shin Tae-yong Berjalan Sesuai Harapan

"Saat Kualifikasi Piala Dunia, Indonesia dibantai Vietnam 0-4. Kali ini di Piala AFF skornya 0-0."

Berita | 15 December 2021, 22:17
Tahan Imbang Vietnam, Taktik Defensif Shin Tae-yong Berjalan Sesuai Harapan

Libero.id - Janji Shin Tae-yong untuk menampilkan tim nasional Indonesia yang tanpa rasa takut saat melawan Vietnam dibuktikan. Bermain di Bishan Stadium, Singapura, pasukan Merah-Putih bermain imbang tanpa gol dengan The Golden Stars. Satu poin cukup membuat peluang Indonesia ke semifinal semakin besar.

Memasang starter lebih defensif. Shin Tae-yong menempatkan Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, dan Rachmat Irianto di barisan pertahanan.

Dengan skema seperti itu, barisan pertahanan Indonesia tampil prima dengan menahan gempuran Vietnam. Di sepanjang pertandingan, Vietnam kesulitan membongkar pertahanan Indonesia, meski mendominasi lapangan dengan permainan spartan dan cerdik.

Dengan tambahan satu poin ini, Indonesia dan Vietnam sama-sama membukukan tujuh poin. Tim Merah-Putih masih memuncaki klasemen Piala AFF 2020 Grup B, unggul selisih gol dari Vietnam.

Hasil ini juga sekaligus menjadi penggenap janji Tae-yong. Pasalnya, sebelum pertandingan, pelatih asal Korea Selatan itu mengingatkan skuad Garuda jangan takut saat melawan Vietnam. Dia tak ingin rasa sungkan membuat timnya kalah, seperti yang dialami Malaysia. Tae-yong melihat Malaysia terlalu sungkan melawan Vietnam, sehingga kalah 0-3.

"Memang cukup bisa berpikir seperti itu (Malaysia terlalu menaruh hormat pada Vietnam). Tapi, pemain muda kami mempersiapkan diri untuk yang terbaik di lapangan. Untuk itu pemain jangan takut, harus kerja keras, dan bermain maksimal," ucap Tae-yong sebelum duel.

"Pastinya Vietnam tim yang baik. Meski kalah enam kali di Kualifikasi Piala Dunia (zona Asia), mereka yang terkuat di Piala AFF 2020," tambah Tae-yong.

Dengan hasil ini, Indonesia akan melawan Malaysia di pertandingan penentuan. Di atas kertas, Harimau Malaya relatif lebih ringan dibanding Vietnam. Indonesia hanya membutukan hasil imbang untuk lolos ke semifinal, menantang wakil Grup A, yang sudah meloloskan Thailand dan Singapura.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan


Daun Media Network