Kabar Thailand Didiskualifikasi dari Piala AFF 2020 Hoax

"Apa yang sebenarnya terjadi?"

Berita | 01 January 2022, 05:00
Kabar Thailand Didiskualifikasi dari Piala AFF 2020 Hoax

Libero.id - Dalam sejumlah platform media sosial, beredar kabar tentang timnas Thailand yang dinyatakan didiskualifikasi oleh pihak penyelenggara Piala AFF 2020 akibat penggunaan doping, salah satunya datang dari platform TikTok.

Pada 30 Desember 2021, sebuah postingan di salah satu akun TikTok memperlihatkan sebuah narasi bahwa tim asuhan Alexandre Polking dipastikan didiskualifikasi setelah masalah doping. Postingan tersebut telah dilihat lebih dari 1,5 juta kali, disukai pengguna lain dan mendapatkan komentar lebih dari dua ribu pengguna.

"Pantesan tenaga mereka seperti gajah, ternyata menggunakan doping...#timnasindonesia #merahputih #kecurangan #foryou #foryourpage" tulis postingan tersebut.

Libero.id

Source:TikTok

Namun rupanya kabar tersebut adalah hoax, lalu bagaimana penjelasannya?

Seperti dilansir dari Piala AFF, tidak terdapat informasi resmi mengenai diskualifikasi terhadap tim Thailand, termasuk penggunaan doping dari salah satu pemainnya.

Situs tersebut masih menempatkan informasi jadwal laga leg kedua Final Piala AFF 2020, antara Tim Indonesia kontra Tim Thailand pada 1 Januari 2022.

Penjelasan yang paling masuk akal adalah Badan Anti-Doping Dunia (WADA) memberikan sanksi kepada Thailand dan Indonesia karena tidak terbuka soal doping dan kedua negara tersebut dilarang menggelar kompetisi olahraga tingkat internasional sekaligus dilarang mengibarkan bendera negara dalam kompetisi internasional.

Adapun Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC sudah mengirim surat kepada Asosiasi Sepak Bola Thailand dan anggotanya terkait dampak sanksi WADA itu.

Surat itu berisi penjelasan bahwa Tim Gajah Putih hanya dapat menggelar satu kali pertandingan, tapi mereka masih dapat mengirim tim nasional dan klub-klub anggotanya untuk mengikuti beberapa kompetisi di luar negeri. Meskipun tidak dapat mengibarkan bendera negara, tim Thailand masih diperbolehkan menampilkan bendera negara di kostum ataupun perlengkapan lain saat mengikuti pertandingan.

Hal lain adalah, Asosiasi Sepak Bola Thailand masih dapat menggelar pertandingan yang telah disepakati sebelum sanksi WADA dijatuhkan kepada negara mereka.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network