Shin Tae-yong Hanya Panggil Pemain Liga Indonesia untuk FIFA Matchday Januari 2022

"Tidak akan ada pemain luar negeri yang diminta pulang bulan ini. Apa alasannya?"

Analisis | 06 January 2022, 16:29
Shin Tae-yong Hanya Panggil Pemain Liga Indonesia untuk FIFA Matchday Januari 2022

Libero.id - Shin Tae-yong memastikan tim nasional Indonesia akan menggelar pertandingan uji coba internasional pada FIFA Matchday, akhir bulan ini. Pelatih asal Korea Selatan tersebut juga menyatakan hanya akan memanggil pemain-pemain yang merumput di kompetisi Indonesia. 

Sesuai agenda, FIFA sudah menentukan jadwal pertandingan resmi perdana di 2022, yaitu pada 20-31 Januari. Dan, untuk meningkatkan poin serta peringkat FIFA, PSSI berencana melakukan pertandingan uji coba internasional.

Berdasarkan peringkat terbaru saat ini, Indonesia sudah menyiapkan sejumlah calon lawan yang sesuai dengan kriteria FIFA. Rumornya, Brunei Darussalam, Bangladesh, hingga Tajikistan. Mereka adalah tiga negara yang konon sedang dihubungi PSSI melalui sistem yang ada di FIFA dan AFC. 

Meski belum tahu lawan mana yang akan dihadapi, PSSI menyebut akan mengusahakan pertandingan itu digelar di Indonesia, khususnya Bali. Alasannya, para pemain Liga 1 saat ini sedang berkumpul di Pulau Dewata untuk seri keempat. Selain itu agar tidak terkendala karantina setelah kembali dari luar negeri. 

Jadi, Tae-yong langsung bergerak cepat. Dia memastikan akan segera memanggil pemain. Tapi, tidak seperti saat Piala AFF 2020, Tae-yong tidak akan memulangkan anggota skuad Garuda yang merumput di luar negeri. "Saya hanya akan memanggil pemain dari Liga Indonesia," kata Tae-yong, dilansir Antaranews.

Keputusan itu diambil untuk membalas kebaikan klub luar negeri yang sudah melepas pemain selama Piala AFF, meski tidak masuk FIFA matchday. "Klub (luar negeri) sudah berbaik hati melepas pemainnya dan kami harus membalas itu. Jadi, kali ini kami harus mengalah," tambah Tae-yong,

Jika melihat skuad di Piala AFF, Indonesia memiliki tiga pemain yang merumput di Eropa. Mereka adalah Witan Sulaeman (Lechia Gdansk), Elkan Baggott (Ipswich Town), dan Egy Maulana Vikri (FK Senica). Sementara dua pemain lain, Syahrian Abimanyu, bermain di Johor Darul Ta'zim (Malaysia) dan Asnawi Mangkualan di Ansan Greeners (Korea Selatan).

Tentang lawan, Tae-yong mengaku sudah menentukan. Tapi, itu baru akan diumumkan PSSI. Begitu pula dengan tanggal pemusatan latihan, belum ditetapkan. "Kami masih harus menunggu karena jadwal liga yang sangat padat. Jadi, kami masih menunggu koordinasi antara pihak liga dan PSSI," pungkas Tae-yong.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network