Selamat Ulang Tahun!

Skuad Malaysia U-23 di Piala AFF U-23 2022 Didominasi Muka-muka Baru

"Beda dengan PSSI, turnamen di Kamboja sepertinya bukan prioritas Malaysia."

Analisis | 22 January 2022, 23:26
Skuad Malaysia U-23 di Piala AFF U-23 2022 Didominasi Muka-muka Baru

Libero.id - Jika Shin Tae-yong memutuskan menggabungkan beberapa alumnus Piala AFF 2020 dengan timnas U-19 proyeksi Piala Dunia U-20 2023, Malaysia memastikan memanggil banyak pemain baru untuk Piala AFF U-23 2022 di Kamboja, bulan depan. 

Berdasarkan hasil undian yang sudah dilakukan, Malaysia dan Indonesia akan tergabung di Grup B bersama Laos serta Myanmar. Rencananya, kedua negara bertetangga tersebut akan bertemu pada pertandingan fase grup terakhir pada 21 Februari 2022. 

Untuk menghadapi turnamen tersebut, Indonesia memutuskan tidak memanggil para pemain luar negeri seperti Elkan Baggott, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, atau Asnawi Mangkualam. Tapi, beberapa pemain muda jebolan Piala AFF 2020 seperti Ramai Rumakiek dan Pratama Arhan dipastikan tampil. 

Sementara dari kubu Malaysia, Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) memastikan memanggil 30 nama pemain U-23 untuk mengikuti pemusatan latihan mulai Kamis (27/1/2022). Tim ini ditangani pelatih asal Australia, Brad Maloney.

Uniknya, Maloney hanya memanggil sembilan pemain dari skuad Harimau Muda yang tampil pada Kualifikasi Piala Asia U-23 di Mongolia, Oktober 2021. Saat itu, Malaysia memastikan lolos ke putaran final di Uzbekistan, Juni 2022. Pada saat yang sama Indonesia gagal melangkah jauh setelah disingkirkan Australia U-23.

Dan, sembilan pemain tersebut adalah Umar Hakeem Suhar Rezwan, Shafi Azswad Sapari, Faiz Amer Runnizar, Fahmi Daniel Mohd Zaaim, Azhad Harraz Arman, Nur Azfar Fikri Azhar, Syed Nasrulhaq Syed Bidin, T. Saravanan, serta Aiman Afif Afizul.

7 Foto Sira Martinez, Atlet Berkuda Kekasih Ferran Torres

7 Foto Sira Martinez, Atlet Berkuda Kekasih Ferran Torres

Itu berarti 21 nama pemain lain yang dipanggil kali ini terdiri dari muka-muka baru. Ada juga beberapa pemain yang pernah dipanggil ke Pelatnas sebelumnya, tapi gagal terpilih untuk Kualifikasi Piala Asia U-23. Selain itu, terdapat pula seorang pemain yang merumput di kompetisi level universitas di Amerika Serikat (AS) bersama University of Akron, yaitu Wan Ahmad Kuzri Wan Ahmad Kamal.

Untuk berjaga-jaga jika ada pemain yang cedera atau dinyatakan positif Covid-19 seperti yang menimpa beberapa pemain senior di Piala AFF, Maloney juga memanggil lima cadangan. Mereka adalah Muhammad Firdaus Kaironnisam, Muhammad Najmuddin Akmal Kamal Akmal, Thivandaran A/L Karnan, Aidil Danial Izhar, dan Nabil Hakim Bokhari.

Sesuai rencana, Malaysia U-23 akan berangkat  ke Phnom Penh pada 12 Februari 2022. Mereka akan menghadapi tiga perlawanan dengan Myanmar pada 15 Februari 2022 di Prince Stadium, Laos pada 18 Februari 2022 di Prince Stadium, dan Indonesia pada 21 Februari 2022 di Morodok Techo National Stadium.

Beda dengan Indonesia, Malaysia tidak menargetkan juara, melainkan hanya memberi jam terbang kepada para pemain muda harapan bangsa. 

(andri ananto/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=8dWGNVpPzvQ

Artikel Pilihan


Daun Media Network