Mulai Musim 2024/2025, UEFA Akan Menerapkan Format Baru untuk Liga Champions, Apa Itu?

"Apakah kalian setuju?"

Berita | 12 February 2022, 09:00
Mulai Musim 2024/2025, UEFA Akan Menerapkan Format Baru untuk Liga Champions, Apa Itu?

Libero.id - Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, mendukung memperkenalkan format baru di Liga Champions mulai musim 2024-25. Ini seperti format pada musim 2019-2020, di mana pertandingan perempat final hingga filan dimainkan dengan satu leg di kota atau negara yang menjadi tuan rumah.

Di bawah format saat ini, klub harus bermain kandang dan tandang di semi-final untuk bertemu di final.

Pada 2020 lalu, acara perempat final dimainkan dengan format satu leg sebagai bahan uji coba. Hal itu dilakukan karena adanya pandemi COVID-19, dengan setiap perempat final dan semi final dimainkan dalam satu leg di kota tuan rumah, pada saat itu di Lisbon, Portugal.

Bayern Munich kemudian memenangkan turnamen dan eksperimen itu dianggap sukses, dengan jumlah penonton yang besar tercatat selama tujuh pertandingan.

Melihat itu, Ceferin mengindikasikan dia sangat terbuka untuk kembali ke format serupa secara permanen, dan pria asal Slovenia itu kini telah mengonfirmasi bahwa dia telah berkonsultasi dengan berbagai presiden klub.

“Kami belum membahas ini dengan benar karena pandemi, yang telah mengambil fokus kami sehari-hari,” katanya kepada outlet Prancis Le Journal Du Dimanche.

"Tapi menurut saya itu akan bagus. Seharusnya lebih kompetitif dan lebih menarik bagi para penggemar.

“Saya telah mendiskusikannya dengan beberapa presiden klub, seperti [ketua Paris Saint-Germain Nasser] Al-Khelaifi, dan mereka setuju.

“Ini persamaan sederhana untuk dipecahkan. Kami hanya perlu memberi kompensasi kepada klub atas pendapatan yang akan mereka hilangkan dari menjadi tuan rumah pertandingan semi final. Itu mungkin.

"Itu akan datang paling cepat untuk musim 2024-25. Tapi saya ragu itu bisa dilakukan secepat itu."

Ceferin memang terbuka untuk perubahan dalam kompetisi klub unggulan UEFA tersebut. Tapi di sisi lain, dia kembali menentang rencana yang diusulkan FIFA untuk membuat Piala Dunia menjadi dua tahunan dengan menyatakan bahwa wacana itu ‘tidak masuk akal’.

"Saya yakin itu tidak akan terjadi karena itu benar-benar omong kosong," katanya.

"Ini adalah proyek populis yang akan menghancurkan sepak bola. Itu bertentangan dengan semua prinsip olahraga kami, dan prinsip Olimpiade.

"Sungguh luar biasa bahwa sebuah organisasi sepak bola dapat mengusulkan agar para pemain mereka - di atas jadwal yang sudah padat - harus memainkan turnamen selama sebulan setiap musim panas.

"Dan bayangkan saja bagaimana hal itu akan mempengaruhi sepak bola wanita. Di samping Amerika Selatan, kami telah mengatakan bahwa itu tidak akan berhasil. Tanpa kami, itu tidak akan lagi menjadi Piala Dunia."

(moch imam sholikhin/nz)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network