Absen di Laga PSIS vs Persib, Pratama Arhan Ternyata Gabung Tokyo Verdy

"Setelah berulang kali dikabarkan akan bermain di luar negeri."

Berita | 16 February 2022, 10:47
Absen di Laga PSIS vs Persib, Pratama Arhan Ternyata Gabung Tokyo Verdy

Libero.id - Bek timnas Indonesia asal Blora, Prama Arhan resmi diperkenalkan sebagai pemain dari klub J.League, Tokyo Verdy.

Penggawa PSIS Semarang itu memang dalam beberapa pekan terakhir dikabarkan akan bermain di klub luar negeri setelah penampilan gemilang bersama Skuad Garuda di Piala AFF 2020.

Arhan membuka peluang bermain di luar negeri setelah kabar ketertarikan dari Korea Selatan, Thailand hingga Eropa. Namun, pemain dengan 16 caps bersama timnas Indonesia itu ternyata menempatkan pilihannya kepada klub J2.League (kasta kedua kompetisi Jepang), Tokyo Verdy.

Dengan demikian, Arhan menjadi pemain keempat dari Indonesia yang bisa mencicipi kompetisi Jepang.

Sebelumnya ada Ricky Yacobi, Legenda PSMS Medan yang pernah direkrut Matsushita Electric FC (sekarang Gamba Osaka), lalu Irfan Bachdim, dan kemudian Stefano Lilipaly.

Irfan mulai berkarier di Jepang pada tahun 2014, saat itu ia bermain untuk Ventforet Kofu. Namun di klub tersebut, Irfan tidak pernah dapat kesempatan bermain. Pada 2015, datang tawaran dari Consadole Sapporo, dan ia turut serta merasakan promosi ke J1.League.

Sementara untuk Stefano, atau Fano, ia juga bermain di Consadole Sapporo. Tapi karier Fano di sana tidak begitu baik hingga akhirnya kembali ke kompetisi Belanda untuk membela Telstar, sebelum akhirnya merumput di Indonesia bersama Bali United pada 2017.

Sebuah catatan menarik lainnya, nyatanya Tokyo Verdy yang kini menjadi rumah baru untuk Arhan adalah salah satu tim tersukses di J.League, dengan raihan 7 gelar J1.League.

Pun banyak juga pemain hebat yang lahir dari klub berjuluk 'Verdy Green' tersebut, seperti  Kazuyoshi Miura, Ruy Ramos dan Tsuyoshi Kitazawa, para pionir persepakbolaan Jepang era 1995 hingga 2000.

Kemudian ada Givanildo Vieira de Souza atau Hulk, pernah juga membela klub yang bermarkas di Tokyo Stadium tersebut.

Kabar Pratama Arhan Saat Ini

Pratama Arhan diketahui masih berada di Indonesia setelah ia batal tampil pada Piala AFF U-23 2022 di Kamboja, lantaran timnas Indonesia U-23 mundur akibat kasus Covid-19 yang menyerang skuad. Arhan berada di Bali bersama PSIS Semarang, klubnya di Liga 1.

Pelatih PSIS, Dragan Djukanovic, menyebut Arhan sedang menjalani pemulihan cedera dan itu sebabnya ia absen dalam pada laga kontra Persib Bandung, 15 Februari kemarin. Hanya saja, Arhan masuk daftar susunan pemain sebagai pemain cadangan, meski tidak mencatatkan menit bermain.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network