Momen Pertemuan Mengharukan Dua Pemain Ukraina di Liga Premier

"Ini tentang kemanusiaan. Bukan politik, apalagi agama."

Viral | 27 February 2022, 19:21
Momen Pertemuan Mengharukan Dua Pemain Ukraina di Liga Premier

Libero.id - Bayangkan, ketika anda berada di luar negeri, negara asal anda dihujani bom dan rudal oleh negara tetangga dan keluarga anda berada di sana? Itu yang saat ini sedang dialami Oleksandr Zinchenko dan Vitaliy Mykolenko di Inggris. 

Sama seperti pemain-pemain sepakbola Ukraina lainnya yang ada di luar negeri, Zinchenko dan Mykolenko sedang berada dalam suasana berduka. Negeri tempat mereka lahir, tumbuh, dan tinggali selama bertahun-tahun hancur dalam sekejap akibat ambisi segelintir orang. 

Karena itu, saat pertandingan antara Manchester City dengan Everton di Goodison Park, Minggu (27/2/2022) dini hari WIB, Zinchenko dan Mykolenko tak bisa menyembunyikan kesedihan mereka ketika bertemu di lapangan, berpelukan, dan mendapatkan penghormatan dari para pengunjung stadion.

Pendukung Everton memegang spanduk dengan tulisan: "Kami berdiri bersama Ukraina". Sementara para pemain klub berjalan keluar dengan berkalungkan bendera Ukraina. Para pemain Man City berbaris untuk pertandingan dengan mengenakan kaus bergambar bendera biru dan kuning milik Ukraina dengan pesan "Jangan perang".

Dengan berlanjutnya sepakbola di seluruh Eropa, ada pertunjukan dukungan lebih untuk Ukraina dari klub, pemain, dan penggemar akan semakin banyak dalam beberapa hari ke depan.

"Momen yang luar biasa. Terima kasih banyak untuk semua orang. Zinchenko sangat senang. Dia melakukan pemanasan. Itu berarti banyak. Terima kasih banyak atas reaksinya. Itu sangat emosional," kata Pep Guardiola saat mengomentari perhatian fans kepada Zinchenko dan Mykolenko, dilansir BBC Sport.

Hal yang sama persis diungkapkan Frank Lampard. Pelatih baru Everton itu menyatakan ini bukan tentang politik, melainkan kemanusiaan karena ada banyak korban warga sipil saat perang berkecamuk.

"Inilah kekuatan olahraga. Kami telah melihat dalam beberapa hari terakhir dalam banyak hal. Saya tahu seberapa besar hati yang ada di klub ini dari pemilik, ketua, penggemar, hingga pemain dan kami ingin menunjukkan itu. Ini luar biasa," kata Lampard. 

"Kami memiliki pemain (Ukraina) dengan Vitaliy di pihak kami dan Zinchenko di pihak mereka. Dan, penggemar kami bersama penggemar mereka datang bersama. Itulah kesatuan olahraga dan banyak orang di luar bisa belajar dari itu juga," tambah Legenda Chelsea.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network