Viktor Kornienko, Pemain Shakhtar Donetsk Ikut Perang Lawan Rusia

"Akankah sejumlah atlet Ukraina terus bertambah guna membantu negaranya menghadapi invasi Rusia?"

Berita | 03 March 2022, 11:46
Viktor Kornienko, Pemain Shakhtar Donetsk Ikut Perang Lawan Rusia

Libero.id - Bek Shakhtar Donetsk, Viktor Kornienko telah mengkonfirmasi bahwa dirinya akan membantu Angkatan Bersenjata Ukraina saat mereka terus berperang melawan Rusia.

Pemain berusia 23 tahun itu telah membuat dua penampilan untuk Ukraina setelah melakukan debut internasionalnya tahun lalu melawan Republik Ceko dan Kornienko adalah salah satu aktor lapangan hijau yang baru-baru ini ikut bertempur.

Dalam sebuah posting di halaman Instagram resminya, Kornienko menulis: "Saya di Ukraina, saya membantu Angkatan Bersenjata. Kemuliaan bagi Ukraina. Sehingga kita dapat menghancurkan keparat Rusia. Kemuliaan bagi Ukraina."

Sejumlah atlet telah mengangkat senjata di Ukraina untuk membela negara mereka, termasuk petinju bersaudara Wladimir dan Vitali Klitschko.

Sejak Putin mendeklarasikan perang pada Kamis minggu lalu (24/02/2022), Vitali Klitschko, yang menjadi mayor Kyiv sejak 2014, mengatakan dirinya siap untuk bertarung bersama saudaranya.

"Ini sudah menjadi perang berdarah," ujar Klitschko kepada Good Morning Britain. 

"Saya tidak punya pilihan lain, saya harus melakukan itu. Saya akan berjuang."

Juara dunia tinju kelas berat, Oleksandr Usyk, juga kembali ke Ukraina pada Kamis malam (03/03/2022) dan memberikan pesan yang kuat kepada rekan senegaranya.

Ia memposting di Instagram pribadinya, "Beberapa menulis kepada saya bahwa saya melarikan diri; saya tidak melakukannya, saya sedang bekerja tetapi saya kembali, saya di rumah."

"Teman-teman, kita harus bersatu karena ini adalah waktu yang sulit sekarang dan saya sangat emosional dan khawatir tentang negara saya, dan rakyat kita. Teman-teman, kita harus menghentikan perang ini; kita semua bersama-sama."

Berkenaan dengan dunia sepak bola, pemain Brasil dari Shakhtar Donetsk dan Dynamo Kyiv meminta pemerintah mereka untuk segera dievakuasi dari Ukraina yang terus dilanda perang.

Dalam sebuah video bersama keluarga mereka dari sebuah hotel di Kyiv, Junior Moraes, yang bermain sebagai penyerang untuk Donetsk, mengatakan situasinya "salah satu keputusasaan" setelah Rusia melancarkan invasi ke negara itu.

Kemudian dikonfirmasi pada hari Selasa (02/03/2022) bahwa Shakhtar telah memindahkan pemain Brasil mereka ke Rumania.

Sebuah pernyataan dari klub berbunyi: "Kami ingin berterima kasih atas bantuan semua orang yang mengambil bagian dalam proses ini."

"Evakuasi para pemain dimungkinkan berkat bantuan pribadi dari Presiden UEFA Aleksander Ceferin, Presiden Asosiasi Sepak Bola Ukraina Andrii Pavelko dan Presiden Federasi Sepak Bola Moldova Leonid Oleinichenko."

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network