Peringkat Kekayaan 5 Calon Pembeli Potensial Chelsea

"Berapa besar aset McGregor?"

Analisis | 07 March 2022, 15:26
Peringkat Kekayaan 5 Calon Pembeli Potensial Chelsea

Libero.id - Pemilik Chelsea, Roman Abramovich, akhir-akhir ini menjadi berita utama saat dia mengkonfirmasi niatnya untuk menjual Chelsea. Miliarder Rusia itu mengumumkan kepergiannya di tengah invasi Rusia ke Ukraina yang telah membuat bisnisnya terkena sanksi.

Abramovich telah membawa klub memenangkan 19 trofi utama sejak dia mengambil alih pada 2003. Di antara penghargaan lain, The Blues telah memenangkan lima gelar Liga Premier, dua trofi Liga Champions, lima Piala FA, dan dua trofi Liga Europa.

Trofi terbaru The Blues adalah Piala Dunia Antarklub, yang mereka menangkan pada bulan lalu. Chelsea juga memenangkan Piala Super Eropa di awal musim.

Miliarder Rusia itu membeli The Blues seharga USD 185 juta (Rp 2,67 triliun) pada 2003. Selain uang, dia juga menginvestasikan waktu dan energinya untuk memastikan bahwa klub berjalan dengan baik dan dapat bersaing di level tertinggi.

Setelah upayanya gagal untuk menyerahkan klub kepada yayasan amalnya, Abramovich terpaksa harus menjual kerajaannya di Stamford Bridge. Abramovich telah menyewa Raine Group, sebuah agen perbankan dari Amerika Serikat, untuk mencari pembeli potensial untuk The Blues. Kesepakatan itu dilaporkan akan bernilai antara 3-4 miliar pounds (Rp 57-76 triliun).

Berikut adalah lima daftar pembeli potensial yang dapat mengambil alih Chelsea dari Roman Abramovich berdasarkan kekayaannya.

#5 Conor McGregor - Kekayaan Rp 2,6 triliun

Atlet MMA, Conor McGregor, tentu saja merupakan pesaing paling mengejutkan dalam daftar. Dia mengumumkan bahwa dirinya tertarik untuk mengajukan tawaran membeli Chelsea. McGregor membuat tweet sensasional yang mengatakan bahwa dia ingin mencoba kemungkinan ini.

Orang Irlandia itu juga membagikan tangkapan layar dari pesan Whatsapp yang berbunyi, “Chelsea dijual, 3 miliar pounds. Ayo beli.” Apakah ini hanya langkah untuk mencari sensasi atau minat serius untuk membeli Chelsea masih belum diketahui.

McGregor menjual merek wiskinya bernama Proper 12 seharga sekitar USD 200 juta (Rp 2,9 triliun), yang sebagian besar menjadi alasan dia ikut serta dalam perburuan kepemilikan Chelsea. Dia mengklaim nilai dagang merek-nya akan meningkat menjadi USD 900 juta (Rp 13 triliun) dalam beberapa tahun.

McGregor telah menunjukan cintanya untuk Manchester United dan menunjukkan minat untuk membeli Setan Merah tahun lalu. Menurut Forbes, bintang UFC itu memiliki kekayaan sekitar USD 180 juta (Rp 2,6 triliun), cukup sedikit dibandingkan dengan penawar lainnya. Namun, dengan jangkauan dan beberapa investasinya, bisa jadi kemungkinan.

#4 Muhsin Bayrak - Kekayaan Rp 158,8 triliun

Miliarder Turki, Muhsin Bayrak, telah mengungkapkan bahwa dia telah mengajukan tawaran untuk membeli Chelsea. Bayrak juga tampaknya sangat percaya diri untuk menyelesaikan kesepakatan itu. Dia baru-baru ini mengumumkan bahwa ini adalah kesepakatan yang signifikan bagi Turki, dengan mengatakan bahwa dia ingin segera mengibarkan bendera Turki di London.

Bayrak adalah ketua AB Grup Holding yang menangani konstruksi, pariwisata, dan cryptocurrency. Media juga melaporkan bahwa pengacaranya telah melakukan kontak dekat dengan Abramovich sejak penjualan diumumkan.

Kekayaan bersih Bayrak belum dapat dipastikan, tetapi beberapa laporan menyatakan bahwa orang Turki itu memiliki aset bernilai USD 11 miliar (Rp 158,8 triliun). Miliarder itu juga mengklaim bahwa negosiasinya telah berakhir.

Namun, Raine Group, bank yang bertanggung jawab atas penjualan tersebut, menyatakan bahwa Abramovich tidak akan terburu-buru menjual dan tetap bungkam mengenai tawaran Bayrak.

#3 Hansjorg Wyss dan Todd Boehly - Kekayaan Rp 162,4 triliun

Filantropis Swiss, Hansjorg Wyss, berpasangan dengan miliarder Amerika, Todd Boehly, berusaha mengajukan tawaran untuk membeli Chelsea. Wyss adalah pendiri Synthes yang merupakan produsen implan patah tulang dan alat-alat listrik bedah.

Pria berusia 86 tahun itu menghasilkan miliaran dolar dengan menjual perusahaannya ke raksasa medis Johnson & Johnson pada 2012.

Sementara Todd Boehly adalah seorang pengusaha Amerika yang merupakan salah satu pendiri, ketua dan CEO Eldridge Industries, sebuah perusahaan induk. Orang Amerika itu juga memiliki saham sebesar 20% di klub Major League Baseball, LA Dodgers. Boehly sempat menawarkan diri untuk membeli Chelsea seharga USD 2,9 miliar (Rp 41,8 triliun) pada tahun 2019, tetapi tawaran itu ditolak oleh Abramovich.

Menurut Forbes, kekayaan bersih Wyss diperkirakan mencapai USD 5 miliar (Rp 72,2 triliun) pada 2022. Sementara Boehly dilaporkan memiliki aset bernilai USD 6,25 miliar (Rp 90,2 triliun). Mereka akan menjadi bagian dari konsorsium yang diunggulkan untuk memenangkan tender.

Dengan situasi yang mengerikan, diasumsikan bahwa Abramovich tidak akan menawar terlalu banyak.

#2 Sir James Ratcliffe - Kekayaan Rp 220.9 triliun

Insinyur kimia yang menjadi pengusaha James Ratcliffe ini adalah pendiri, ketua, dan pemilik mayoritas Grup Ineos. Dia merupakan orang terkaya di Inggris.

Grup Ineos mengkhususkan diri dalam produksi minyak sintetis dan plastik yang digunakan di bidang medis. Ratcliffe adalah penggemar masa kecil Man United, tetapi sekarang memiliki tiket musiman di Stamford Bridge.

Ratcliffe sudah memiliki dua klub sepakbola, FC Lausanne-Sport di Swiss dan OGC Nice di Prancis. Pria berusia 69 tahun itu juga banyak berinvestasi di rugby dan F1. Menurut Forbes, kekayaan bersih Ratcliffe sekitar USD 15,3 miliar (Rp 220,9 triliun).

Juru bicara Ratcliffe baru-baru ini mengumumkan bahwa kliennya tidak ada substansi dari rumor tersebut. Mengingat Ratcliffe sudah memiliki dua klub, kesepakatan itu tidak mungkin terjadi. Namun demikian, ada kemungkinan bahwa segala sesuatunya dapat berjalan secara berbeda.

#1 Pangeran Alwaleed bin Talal - Kekayaan Rp 270 triliun

Miliarder Saudi, Pangeran Alwaleed bin Talal, juga dikabarkan menjadi salah satu calon pembeli potensial The Blues. Bin Talal adalah pendiri Kingdom Holding Company, sebuah perusahaan investasi yang mencakup ekuitas, hotel, dan real estate.

Pria berusia 66 tahun itu juga memiliki saham di Citigroup dan 21st Century Fox, yang membuatnya menghasilkan banyak uang. Media olahraga Al Jazira Sports mengungkapkan bahwa pangeran Saudi itu telah menyatakan minatnya untuk memiliki klub sepakbola di Eropa, dan Chelsea terlihat seperti tawaran yang ideal.

Menurut Forbes, kekayaan bersih Pangeran Alwaleed saat ini mencapai USD 18,7 miliar (Rp 270 triliun). Uang sepertinya bukan menjadi masalah bagi sang miliarder, pengalamannya dalam berurusan dengan klub olahraga mungkin akan memainkan peran utama dalam kesepakatan itu.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network