5 Pesepakbola yang Jadi Korban Pembunuhan

"Ada gol bunuh diri terkenal."

Analisis | 31 March 2022, 13:14
5 Pesepakbola yang Jadi Korban Pembunuhan

Libero.id - Tindakan kriminal, khususnya pembunuhan bisa mengancam siapa saja, termasuk para pesepakbola. Terkadang gairah untuk permainan memunculkan yang terburuk dalam diri para fans.

Emosi berubah menjadi kekerasan dan permainan menderita sebagai hasilnya. Perilaku seperti itu sama sekali tidak beralasan. Meskipun risikonya tinggi, faktanya tetap bahwa sepakbola hanyalah permainan.

Pemain sering kali menjadi penerima pelecehan. Tetapi, ada beberapa kasus ketika pelecehan menjadi fisik, dan akhirnya menyebabkan kematian.

Baru-baru ini insiden tragis terjadi di negara kecil Amerika Tengah, El Salvador pada akhir pekan lalu, mantan pemain sepakbola nasional Alfredo Pacheco telah ditembak mati, dan ini bukan pertama kalinya.

Mari kita lihat 5 pesepakbola yang menjadi korban pembunuhan.

5. Senzo Meyiwa

Karier Senzo Meyiwa sempat meroket sejak membobol tim nasional Afrika Selatan. Dia tidak hanya mengklaim tempat No 1, tetapi diangkat menjadi kapten pada September. Namun, pada 26 Oktober 2014, kurang dari 24 jam setelah bermain untuk Orlando Pirates dalam kemenangan 4-1 atas Ajax Cape Town, dia ditembak mati.

Laporan mengatakan bahwa Meyiwa berusaha melindungi pacarnya selama perampokan di rumahnya dekat Johannesburg. Dia dilarikan ke rumah sakit, namun maut lebih dulu datang menjemputnya.

Penjaga gawang itu tampil luar biasa baik untuk klub maupun negara. Dia memimpin Orlando Pirates ke final Liga Champions Afrika musim lalu, dan menjadi kapten Bafana dalam empat pertandingan terakhir kualifikasi Piala Afrika tanpa kebobolan satu gol pun.

Sementara itu, Polisi Afrika Selatan telah menangkap dua orang yang diduga pelaku pembunuhan yang telah membuat dunia sepakbola dalam keadaan shock.

4. Tommy Ball

Pada 10 November 1923, Aston Villa bermain melawan Notts County dalam pertandingan divisi pertama. Bek tengah berusia 23 tahun, Tommy Ball, kembali memberikan penampilan yang luar biasa di jantung pertahanan Aston Villa saat mereka memenangkan pertandingan 1-0 untuk naik ke posisi ketiga dalam daftar klasemen.

Tapi, sayangnya, itu menjadi pertandingan terakhir yang pernah dia mainkan. Sehari kemudian dia ditembak mati di kebunnya sendiri oleh tetangga dan pemiliknya karena pertengkaran kecil. Pembunuhnya George Stagg dihukum dan dijatuhi hukuman mati, tetapi hukuman itu kemudian dikurangi menjadi penjara seumur hidup.

Ball memulai kariernya di Newcastle, tetapi meninggalkan mereka tanpa memainkan satu pertandingan pun untuk bergabung dengan Aston Villa. Dia membuktikan dirinya di Villa sebagai salah satu bek terbaik liga dan hampir dipanggil ke Inggris.

Sayangnya, para fans tidak pernah melihat Tommy Ball memenuhi janji sepakbolanya.

3. Lutz Eigendorf

Lutz Eigendorf adalah salah satu talenta paling cemerlang di Jerman Timur pada akhir 1970-an dan dibatasi oleh tim nasional pada usia 22 tahun.

Gelandang ini memulai kariernya di klub Jerman Timur, BFC Dynamo, tetapi secara kontroversial membelot ke Jerman Barat untuk bermain bersama FC Kaiserslautern meski dia dilarang selama satu tahun oleh UEFA. Dia sangat blak-blakan setelah pembelotannya dan secara terbuka mengkritik Jerman Timur di media barat.

Dia meninggalkan Kaiserslautern untuk bergabung dengan Eintracht Braunschweig, di mana dia baru memainkan delapan pertandingan ketika tragedi terjadi dan dia terluka parah dalam sebuah kecelakaan lalu lintas.

Dia meninggal di rumah sakit dua hari kemudian. Setelah melalui pemeriksaan kembali, ditemukan bahwa Eigendorf sebenarnya dibunuh oleh Stasi, yang merupakan polisi rahasia negara Jerman Timur yang terkenal kejam.

2. Luciano Re Cecconi

Luciano Re Cecconi telah membuktikan dirinya sebagai salah satu gelandang box-to-box terbaik di Italia dan membantu klubnya, Foggia, mendapatkan promosi ke Serie A.

Dijuluki 'Malaikat Pirang' karena rambut pirangnya, penampilan yang luar biasa membuatnya pindah ke Lazio. Dia berperan penting dalam membuat mereka dinobatkan sebagai juara liga hanya dua tahun kemudian.

Dia dipanggil ke skuad Italia untuk Piala Dunia 1974. Tapi, dia kehilangan nyawanya dalam keadaan yang sangat disayangkan.

Dikenal sebagai seorang pelawak dalam skuad, dia dan rekan setimnya memutuskan untuk memainkan lelucon praktis pada pemilik toko perhiasan dengan berpura-pura bahwa mereka merampoknya.

Namun, keadaan berubah menjadi buruk ketika pemilik yang terkejut, yang tokonya telah dibobol beberapa minggu lalu, mengeluarkan senapan dan menembak Re Cecconi di dada.

Dia meninggal 30 menit kemudian pada usia 28 tahun. Dia mungkin sudah pergi, tetapi nama besarnya di fans Lazio akan bertahan selamanya.

1. Andres Escobar

Andres Escobar adalah bintang tim nasional Kolombia. Dia telah menarik perhatian klub-klub Eropa dan langkah uang besar ada di tangannya. Dia memimpin Kolombia ke Piala Dunia 1994 sebagai salah satu favorit untuk mengangkat trofi, tetapi mereka pergi ke pertandingan grup terakhir melawan tuan rumah AS dan membutuhkan kemenangan untuk menjaga harapan mereka tetap hidup.

Namun, gol bunuh diri sang bek pada menit ke-34 menandakan berakhirnya harapan tersebut. Dia menggeliat untuk mencegat umpan silang, namun hanya berhasil memasukkan bola ke belakang gawangnya sendiri.

Kolombia kalah 2-1 dan tersingkir. Menolak untuk menyerah pada rasa mengasihani diri sendiri, dia mengatakan kepada media. “Sampai jumpa lagi, karena hidup tidak berakhir di sini.”

Sayangnya untuk Escobar karena hidupnya tidak berakhir di sana. Pada 2 Juli 1994, di rumahnya di Kolombia, dia ditembak 6 kali di luar klub malam dan dinyatakan meninggal 45 menit setelah dibawa ke rumah sakit. 

Sebuah kartel Kolombia dikatakan berada di balik pembunuhannya setelah mereka bertaruh besar-besaran pada tim dan kecewa dengan kekalahan tersebut.

Lebih dari 120.000 orang menghadiri pemakamannya. Inilah gol bunuh diri terkenal yang menyebabkan Escobar terbunuh.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network