Kisah Graham Roberts, Legenda Inggris Nyaris Meninggal Tiga Kali

"Pengalaman yang tak pernah terlupakan."

Biografi | 01 April 2022, 21:59
Kisah Graham Roberts, Legenda Inggris Nyaris Meninggal Tiga Kali

Libero.id - Graham Roberts masih bingung dengan pemecatannya pada 2006 sebagai manajer klub Skotlandia, Clyde. Pada saat itu, Legenda Tottenham itu mengira menjadi pelatih akan menjadi pekerjaan terakhirnya di sepakbola.

Tapi, bukan itu masalahnya, dan dia menceritakan kisah luar biasa tentang ke mana manajemen membawanya selanjutnya.

“Saya melatih klub non-liga selama bertahun-tahun. Saya menyerah dan kemudian saya pergi ke Spanyol dan tinggal di sana selama dua tahun,” jelas mantan bek tengah Spurs, Chelsea, dan Rangers yang memiliki enam caps timnas Inggris pada 1980-an.

“Saya kembali dan diminta untuk melatih Clyde di Skotlandia. Kami mengalahkan Celtic di babak ketiga Piala Skotlandia di depan jutaan orang. Setelah itu, saya pergi. Ya, saya dipecat."

Pihak klub menuduh Roberts melakukan pelanggaran berat, tuduhan yang dibantah Roberts dan berujung di pengadilan. Hakim memutuskan bahwa tuduhan itu dibuat-buat atau sangat dibesar-besarkan, dan Roberts dianugerahi menerima kompensasi sebesar 32.000 pounds (Rp 606 miliar) dari Clyde karena pemecatannya.

"Saya tidak tahu bagaimana Anda dipecat ketika Anda melakukannya dengan sangat baik," katanya. “Tapi, jelas kamu melakukannya akhir-akhir ini, bukan? Saya pikir saya sudah cukup. Saya sudah muak dengan orang-orang yang memerintahku.”

Empat tahun berlalu dan Roberts keluar dari permainan sebelum menerima panggilan dari dua agen misterius.

“Mereka berkata kepada saya, 'Kami punya pekerjaan untukmu.' Saya bertanya di mana itu dan mereka pergi, 'Temui kami di Terminal 3 Bandara Heathrow, bawa paspor Anda dan visa Anda.' Saya berkata, 'Nah, kemana kita akan pergi? Saya perlu memberi tahu keluarga saya.' Mereka berkata, 'Anda dapat memberitahu mereka ketika Anda tiba."

“Jadi, sebagai orang seperti saya, saya pikir itu terdengar cukup menarik. Ketika saya tiba di Terminal 3, Anda mengetahui jika tujuannya adalah Maladewa, Thailand, Filipina, semua maskapai ini, dan kemudian turun ke India, Pakistan, dan ada satu lagi. Saya berpikir, 'Mungkin Maladewa, mungkin Malaysia atau di suatu tempat."

“Saya berkata, 'Kemana kita akan pergi?' Mereka berkata, 'Pakistan.' Saya berkata, 'Anda sedang tertawa, bukan?' Mereka berkata, 'Tidak! Kami akan pergi ke Pakistan. Anda berada di sana selama 13 minggu. Anda adalah pelatih kepala tim nasional. Dan, mereka memiliki turnamen yang akan datang, dan mereka ingin Anda membuat mereka bugar dan membawa mereka ke turnamen ini.”

Roberts dibawa ke sisi lain dunia. Tugasnya adalah menyiapkan tim nasional Pakistan untuk bersaing di Asian Games, turnamen yang sama yang dimenangkan Son Heung-min bersama Korea Selatan pada 2018 untuk mendapatkan pembebasan dari wajib militer.

“Setelah tiga atau empat hari, saya berlari di sekitar lapangan tempat saya tinggal di kompleks itu,” kenang Roberts. “Tiba-tiba, pria ini keluar dengan pistol. Saya melihat sekeliling dan berpikir, apakah dia akan menembak saya?"

“Jadi, saya terus berlari dan ketika saya selesai, saya masuk dan dia mengikuti saya. Saya berkata kepada Presiden Asosiasi Sepakbola Pakistan, 'Itu beruntung. Saya hampir tertembak."

“Dia berkata, 'Tidak, itu penjagamu. Karena Anda orang Inggris, mungkin ada penembak jitu di stadion. Dan, mereka akan menembakmu.' Saya berkata, 'Itu tidak ada dalam kontrak saya.' Dengan itu, saya berpikir, 'Benar, saya harus berhati-hati di sini."

“Keesokan harinya, mereka mengirim lima atau enam penjaga di sekitar stadion. Dengan begitu, tidak ada yang bisa masuk.”

Roberts mulai terbiasa dengan lingkungan barunya dan bekerja dengan timnya. “Setelah beberapa minggu, sang agen datang. Kami mengobrol dengan mereka dan kami pergi ke hotel yang sangat bagus," ungkapnya.

“Mereka punya spa. Kami pergi untuk sauna, kembali keluar, memesan beberapa sandwich. Tiba-tiba semua jendela di lantai dasar hotel pecah dan jatuh. Kami semua jatuh ke lantai. Pecahan kaca ada di kepala kami dan luka kecil di wajah kami."

“Pelayan datang dan dia berkata, 'Apakah Anda baik-baik saja?' Saya berkata, 'Ya, tidak juga. Apakah Anda punya perban atau handuk?' Dia berkata, 'Apakah Anda ingin sandwich atau minuman lagi?' Saya berkata, 'Kami baru saja diledakkan!' Dia berkata, 'Tidak, mereka meledakkan sebuah bus di luar hotel dan menghancurkan semua jendela.'

Itu bukan kejadian terakhir Roberts. “Dari sana, kami pergi ke turnamen ini,” katanya. “Kami pergi dari Karachi."

“Malam sebelum kami pergi kesana, mereka mengadakan pesta karena setiap kali Anda pergi ke suatu tempat, semua gubernur di seluruh negeri dan pers akan berkumpul. Ada sekitar 600 orang, dan mereka membuat pesta untuk melepas kami pergi."

“Saya berkata, 'Ya, kita akan bangun jam lima pagi, jadi kita tidak ingin terlambat.' Para pemain tidur, saya tidur sekitar pukul 10:30, bangun, naik pesawat keesokan paginya dan terbang ke China.”

Roberts dan timnya tiba di kamp mereka dengan selamat. “Saya pergi ke kamar saya hanya untuk tidur sebentar, menyalakan TV, dan ada BBC World. Kami tinggal di Hotel Sheraton di Karachi. Saya melihat berita ledakan bom.”

Ledakan yang dibicarakan Roberts terjadi di kantor polisi di Karachi, sangat dekat dengan Sheraton. Mereka membunuh 20 dan melukai lebih dari 100 orang. Roberts mengingat adegan itu dan mengatakan bangunan yang dia lihat di televisi telah hancur berkeping-keping.

Roberts dan para pemain Pakistan berhasil terhindar dari serangan itu dalam hitungan jam. Meski mengalami kejadian yang mencekam, mereka diharapkan bisa bersaing di kompetisi.

“Pertandingan pertama kami melawan Thailand, kami kalah,” katanya. “Kami dikalahkan 6-0. Tapi, kami bermain sangat baik. Manajer Thailand saat itu adalah Bryan Robson."

“Dia adalah kapten saya ketika saya bermain untuk Inggris. Robbo berkata kepada saya setelah itu, 'Apakah Anda suka minum bir?' Kami pergi ke kota. Kemudian kami makan dan minum bir, dan para pemain kembali ke hotel untuk tidur.”

Pakistan tersingkir dari Asian Games di babak penyisihan grup, tetapi Roberts telah berjasa pada timnas Pakistan.

“Saya kembali ke Pakistan. Presiden menarik saya dan berkata, 'Semua orang di Pakistan mencintaimu. Kami ingin Anda tinggal selama dua tahun lagi.' Saya berkata, 'Tidak, saya tidak bisa. Saya hampir mati tiga kali dan saya baru di sini 13 minggu. Saya tidak bisa melakukannya.' Saya kemudian terbang kembali ke Inggris.”

Tapi, itu tidak berlangsung lama. “Dua minggu kemudian, saya mendapat telepon lagi, apakah saya akan pergi ke Nepal? Mereka melihat apa yang telah saya lakukan di Pakistan. Mereka menginginkan pelatih baru, dan saya pergi ke sana selama dua tahun."

“Itu adalah negara yang ramah. Saya tinggal di hotel selama dua tahun. Hotel di luar sana bukan yang terbaik. Itu adalah bagian tersulit karena Anda bangun di suatu pagi dan ada 500 semut di atas Anda. Saya tidak mengharapkan itu."

“Ketika saya pertama kali tiba di Nepal, saya melihat pemain makan nasi. Kami berlatih dan datang hingga 45 atau 50 menit, mereka hancur. Mereka tidak bisa melakukan apa-apa lagi."

“Saya duduk suatu malam dan membaca beberapa buku dan melihat berita online. Mereka tidak mendapatkan protein dalam menu makanannya. Mereka tidak punya energi. Para pemain perlu makan ayam atau sapi di malam hari. Kami mulai membangun mereka."

“Mereka tidak pernah melakukan latihan beban atau apapun. Mereka hanya pergi ke lapangan dan bermain selama satu jam. Mereka memiliki satu lapangan, dan mereka memiliki empat atau lima pertandingan sehari di satu lapangan itu. Mereka akan bermain di tengah hujan dan air akan setinggi satu kaki."

“Saya berkata, 'Kamu tidak bisa terus seperti ini.' Jadi, mereka membangun astroturf tempat mereka berlatih.”

Roberts juga meminta fasilitas lapangan yang lebih baik untuk pertandingan kualifikasi Piala Asia, keinginan yang segera dikabulkan. “Setiap hari, kami biasa masuk dan melihat 200 wanita di lapangan. Saya tidak tahu apa yang mereka lakukan,” katanya.

“Ternyata mereka menjahit benih rumput dari tempat lain ke pasir dan ke dalam air. Saya berkata kepada presiden, 'Saya tidak ingin melihat lapangan sampai kami harus bermain di sana dalam tiga hari."

“Saya kembali, dan Anda akan mengira itu adalah Wembley. Itu menakjubkan. Saya bertanya, 'Apakah Anda baru saja meletakkan rumput?' Dia berkata, 'Tidak, itulah yang telah dilakukan para wanita itu selama enam minggu, setiap hari'. Wow. Itu menakjubkan."

Roberts juga membawa Nepal ke Kejuaraan Federasi Sepakbola Asia Selatan di India pada 2011. Mereka melaju melewati babak penyisihan grup, mengalahkan Bangladesh dan seri dengan Pakistan dan Maladewa.

Di semifinal, mereka menghadapi Afganistan dan Roberts mengungkapkan penyesalan atas apa yang terjadi. “Kami hampir memenangkan trofi SAFF,” katanya. “Kami tersingkir di semifinal yang seharusnya kami menangkan."

“Jika kami memenangkan semifinal, kami akan bermain melawan India di final di kandang mereka. Saya pikir kami akan mengalahkan mereka. Tapi, kami membuat satu kesalahan dan itu merugikan kami.”

Turnamen selesai tepat sebelum Natal pada 2011, dan beberapa bulan kemudian Roberts pergi. “Saya melakukannya selama dua tahun,” kenangnya. “Mereka ingin saya bertahan, tetapi dua tahun sudah cukup bagi saya.”

Roberts memang tidak berhasil. Tetapi bab-bab terakhir dari karier manajerialnya menjadi yang tidak akan pernah dia lupakan.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network