Bagaimana Kariernya? Starting XI Leeds United di Debut Kalvin Phillips

"Ada yang tercecer di Serie C saat ini."

Analisis | 07 April 2022, 19:13
Bagaimana Kariernya? Starting XI Leeds United di Debut Kalvin Phillips

Libero.id - Kalvin Phillips adalah salah satu orang yang mengubah nasibnya melalui sepakbola. Lahir dari keluarga miskin membuat Phillips kecil melalui jalan yang sulit, bahkan dia tidak jarang menahan rasa laparnya karena keluarganya tidak memiliki uang untuk membeli makan.

Namun, berkat usaha dan kerja kerasnya, Phillips telah menjadi pemain sepakbola terkenal dan seketika merubah nasibnya. Gelandang Leeds United itu menjadi pemain terbaik The Three Lions dan sukses membawa negaranya menjadi runner-up Euro 2020.

Phillips memulai karier sebagai pesepakbola bersama Leeds United di Liga Premier. Sejak debutnya pada 2015, Phillips telah menjadi salah satu pemain Liga Premier yang berpengaruh di klub. Bahkan, baru-baru ini klub besar seperti Manchester United tertarik untuk mendatangkan gelandang berusia 26 tahun itu.

Sejak kemunculannya tujuh tahun lalu, Phillips kini telah menempatkan dirinya di antara para bintang sepakbola di era modern. Tapi, bagaimana dengan rekan-rekan Phillips saat debutnya di Leeds United vs Wolves pada 6 April 2015. Pada catatan itu, mari kita lihat bagaimana kariernya?

Starting XI Leeds United di debut Kalvin Phillips.

GK: Marco Silvestri

Setelah banyak dikritik karena penampilannya buruk di West Yorkshire, kiper asal Italia itu membangun kembali reputasinya sejak kembali ke tanah airnya untuk menandatangani kontrak dengan Hellas Verona pada 2017.

Di sana, dia membantu klubnya dalam promosi pada 2018/2019 dan menarik perhatian di Serie A sejak itu. Roberto Mancini bahkan memanggilnya bergabung ke skuad Gli Azzurri pada Oktober 2020, tetapi dia belum mendapatkan kesempatan tampil di level senior. Dia sekarang bermain untuk Udinese sejak musim panas lalu.

RB: Scott Wootton

Wootton mengikuti orang-orang seperti Joe Jordan, Gordon McQueen, Eric Cantona, Rio Ferdinand, Alan Smith, Johnny Giles, dan Gordon Strachan untuk melintasi batas Pennines dan mewakili kedua klub. Tapi, tidak bernasib sama.

Wootton menjalani kariernya bersama Leeds United dan tidak biasa saja bagi dirinya. Dia kemudian mencari suasana baru pindah dari Leeds dan mewakili sejumlah klub berbeda di liga sepak bola yang lebih rendah.

Pada Januari 2022, Wootton menandatangani kontrak dengan klub Australia, Wellington Phoenix, di mana dia bermain bersama rekan senegaranya di liga bawah, Gary Hooper.

CB: Liam Cooper

Pemain bernama lengkap Liam David Ian Cooper kini berperan sebagai kapten Leeds United saat kembali ke Liga Premier. Tapi, pemain berusia 30 tahun itu tidak tampil cukup hebat musim ini. Dia hanya pernah memberikan assist satu kali dari 16 penampilannya di Liga Premier.

Tapi, itu mungkin menjadi sebuah prestasi bagi seorang pemain yang berposisi sebagai bek.

CB: Sol Bamba

Sejak memutuskan pindah dari Leeds secara tiba-tiba pada musim 2016/2017. Pemain berusia 37 tahun itu telah menemukan dirinya berada di Cardiff.

Sejak itu, dia menjadi pahlawan kultus di Cardiff, membuat lebih banyak penampilan untuk Bluebirds daripada klub mana pun. Dia memainkan peran penting dalam promosi 2017/2018.

Bek veteran itu kembali bermain dengan luar biasa, bersatu kembali dengan mantan bos Leeds dan Bluebirds, Neil Warnock, di Middlesbrough.

“Sol menelepon saya untuk mengatakan dia pindah kembali ke Leeds sejak dibebaskan dari Cardiff dan bertanya apakah saya akan membantunya,” kata Warnock.

“Saya sudah mengenalnya bertahun-tahun. Dia anak yang baik, dan setelah semua yang dia lalui, ini yang paling bisa saya lakukan. Kami berharap dia baik-baik saja.”

Dia terus bermain untuk Smoggies, meskipun kepergian Warnock di awal musim. Dia bahkan mencetak gol penalti untuk tim asuhan Chris Wilder saat mereka menyingkirkan Manchester United dari Piala FA.

LB: Gaetano Berardi

Bek asal Swiss ini memiliki beberapa momen yang dipertanyakan dan panas selama bertahun-tahun, tetapi itu tidak menghentikannya untuk mendapatkan perpisahan sebagai pahlawan di akhir musim 2020/2021.

“Ya, ini adalah momen yang tepat setelah dievaluasi di atas semua tahun lalu,” kata Berardi.

“Saya datang dari pemberhentian penting. Saya mengejar, tetapi dengan tim di Liga Premier ada banyak kompetisi. Jadi, saya memilih untuk mencari sesuatu yang lain untuk bermain lebih banyak. Itu hebat justru karena mereka menawari saya untuk tinggal, dan itu pilihan saya.” tambahnya.

Dia menandatangani kontrak dengan klub Swiss, FC Sion, pada Januari, yang membuatnya bertemu kembali dengan Brasil Adryan.

DM: Luke Murphy

Luke Murphy adalah kapten Crewe sebelum menghabiskan lima tahun di Leeds United, tapi sialnya dia malah dipinjamkan di Burton Albion, dan kemudian dua musim di Bolton Wanderers.

Murphy saat ini kembali, di mana semuanya dimulai di Crewe. Dia kembali ke Elland Road dalam kekalahan 3-0 di Piala Liga dari tim Marcelo Bielsa awal musim ini, dan menerima sambutan hangat dari fans tuan rumah.

RW: Sam Byram

Byram meninggalkan Leeds ke West Ham pada Januari 2016 dan menghabiskan 2,5 musim sebelum bergabung dengan Norwich. Tetapi, cedera sangat memengaruhi waktu bermainnya. Dia hanya tampil 39 kali sebagai starter di liga, hanya tiga kali lebih banyak dari pada musim penuh terakhirnya di Elland Road dalam 5,5 tahun tahun sejak kepergiannya.

Setelah cedera hamstring, dan operasi berikutnya, Byram tidak bermain satu menit pun dari musim pemenang Championship, Norwich, musim lalu.

Tapi, sejak pulih, dia membuat beberapa penampilan dalam perjuangan nahas Canary melawan degradasi musim ini.

CM: Kalvin Phillips

Sesuatu yang tidak perlu dipertanyakan, pemain timnas Inggris ini bahkan baru-baru ini menjadi incaran Manchester United.

CM: Alex Mowatt

Ada saat di mana Mowatt dan Phillips berada pada posisi yang sama, tetapi karier mereka telah berjalan di jalur yang berbeda. Gelandang kelahiran Doncaster itu bergabung dengan Barnsley pada Januari 2017 dan kemudian menjadi kebanggaan fans di Oakwell.

Dia memainkan peran utama dalam promosi mereka dari League 1 pada 2018/2019. Namun, jelas tidak sesukses Kalvin Phillips di level klub maupun internasional.

LW: Charlie Taylor

Charlie Taylor juga adalah lulusan akademi Thorp Arch, bermain di depan Murphy di lini tengah. Taylor bermain di posisi sayap, seperti Byram di sayap yang berlawanan, sebelum kemudian menetap sebagai bek kanan.

Seperti banyak pemain lain selama 16 tahun, Leeds berada di luar papan atas. Taylor mengambil jalan pintas ke sepakbola Liga Premier dengan bergabung bersama Burnley setelah kontraknya berakhir pada 2017.

Dia membuktikan dirinya selama lebih dari 100 penampilan Liga Premier bersama Clarets asuhan Sean Dyche.

ST: Mirco Antenucci (Billy Sharp, '82)

Kurang menggairahkan dalam bermain dan kurangnya kecepatan membuat striker Italia, Antenucci, sangat terlihat seperti veteran sebelum perpisahannya dengan Leeds pada 2016.

Enam tahun kemudian, pada usia 37 tahun, dia masih bermain – di Serie C bersama raksasa yang tumbang, Bari. Namun, sebelum bergabung dengan klubnya saat ini, dia menikmati tiga musim yang sukses dengan SPAL yang berprestasi, dengan mencetak 18 gol untuk membawa klub dipromosikan ke Serie A pada 2016/2017. Dia mencetak 16 gol lebih lanjut dalam dua musim di papan atas Italia.

Sharp terus mencetak gol, dan dia masih menjadi pemain Inggris dengan skor tertinggi saat ini. Tahun yang terlupakan dengan Leeds hanya menghasilkan lima lima gol, tetapi dia menemukan gairah mencetak golnya lagi dalam tugas ketiga di klub masa kecilnya, Sheffield United.

Sejak bergabung kembali dengan Blades pada 2015, Sharp telah mencetak 107 gol dalam 243 penampilan, termasuk 30 gol untuk membuat mereka dipromosikan dari League 1 pada 2016/2017, dan 23 gol untuk naik dari Championship dengan mengalahkan Leeds pada 2018/2019, dan enam gol lagi selama mereka dua tahun tinggal di Liga Premier.

Striker berusia 36 tahun itu tak pelak lagi berada di dua digit di ajang Championship musim ini.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network