Ranking Timnas Futsal Indonesia Naik ke Posisi 42 Dunia, Beda Nasib dengan Sepakbola

"Naik 6 tingkat, meski gagal juara Piala AFF Futsal. Kapan sepakbola menyusul?"

Berita | 12 April 2022, 15:09
Ranking Timnas Futsal Indonesia Naik ke Posisi 42 Dunia, Beda Nasib dengan Sepakbola

Libero.id - Perjuangan tidak akan mengkhianati hasil. Tapi kadang-kadang perjuangan dikalahkan oleh keberuntungan. Kalimat itu agaknya cocok untuk menggambarkan kiprah Timnas Futsal Indonesia di ajang Piala AFF Futsal 2022 yang baru saja usai.

Dengan segenap persiapan yang minim termasuk penunjukan pelatih baru, Timnas Futsal tetap berjuang dan hasilnya tim besutan Mohammad Hashemzadeh bisa menembus partai final dengan catatan yang apik.

Meski akhirnya Thailand yang bertindak sebagai tuan rumah menang lewat adu penalti.

Tapi paling tidak, dari kemenangan ke kemenangan itu Timnas Futsal mengalami kenaikan ranking . Meski cuma menjadi runner up, Evan Soumilena dan kolega kini menduduki peringkat 42 dunia dari yang semula menduduki urutan ke-48. Catatan manis itu bisa kita lihat di laman Futsal World Ranking, peringkat Indonesia naik 6 tingkat di level dunia.
  
Sementara itu kalau bicara di level Asia, Indonesia juga mengalami kenaikan peringkat. Sebelum menembus final Piala AFF Futsal 2022, Indonesia hanya menduduki urutan 10, tetapi kini skauad Garuda naik tiga tingkat ke posisi 7.

Dalam posisi terbaru Indonesia mengungguli Lebanon, Kuwait, dan Republik Kyrgyzstan di level Asia. Sementara itu, Thailand yang menjadi juara Piala AFF Futsal 2022 tetap bertahan di posisi 3 untuk level Asia, tepat di bawah Iran dan juga Jepang.

Tentunya capaian Timnas Futsal Indonesia juga diharapkan diikuti oleh Timnas sepakbola. Yang sejauh ini masih sangat bertolak belakang secara rangking.

Tetapi sejak diambil alih oleh Shin Tae-yong pada 2019, pelan-pelan mulai ada perbaikan baik dari segi kualitas permainan maupun ranking FIFA. Selama 4 bulan, posisi Indonesia sudah naik drastis hingga 15 peringkat. Pada September 2021, tercatat Timnas Indonesia hanya menempati posisi ke-175 dan kini sudah berada di posisi ke-160.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network