Kisah Unik Morten Thorsby, Bintang Sampdoria Jadi Aktivis Perubahan Iklim

"Cara dirinya mengajak banyak orang terlibat."

Analisis | 25 April 2022, 15:18
Kisah Unik Morten Thorsby, Bintang Sampdoria Jadi Aktivis Perubahan Iklim

Libero.id - Tidak banyak pesepakbola yang punya kepedulian tinggi di bidang lingkungan hidup, walau tidak banyak bukan berarti tidak ada.

Karena itu, kita perlu mengenal lebih jauh dengan Morten Thorsby. Pemain timnas Norwegia itu bertranformasi menjadi aktivis perubahan iklim. Bukan setahun dua tahun, Thorsby sudah giat mengkampanyekan perubahan iklim sejak lama.

“Ketika saya mulai berbicara tentang krisis iklim tujuh tahun lalu, orang-orang menertawakan saya; mereka tidak mengerti,” kata gelandang Sampdoria, Morten Thorsby kepada Goal.

"Sekarang, saya merasa orang-orang lebih mengerti dan mulai menyadari bahwa kami harus bertindak."

Sepakbola tidak dapat disangkal terlalu lambat untuk bereaksi terhadap keadaan darurat lingkungan ini, tetapi akhirnya mulai bergerak, dengan efek perubahan iklim sekarang dirasakan di seluruh planet ini karena kondisi cuaca ekstrem dan naiknya permukaan laut.

"Sepakbola telah lama dilihat sebagai sesuatu yang ada di luar semua hal yang terjadi di sekitar kita (di masyarakat)," kata Thorby.

“Tapi, saya pikir sepakbola mulai menyadari bahwa kita semua akan memiliki masalah besar. Sepakbola akan terpengaruh oleh dunia yang tidak berfungsi.”

"Dalam bencana iklim, atau di masa depan di mana kita tidak menyelesaikan krisis iklim, saya yakin sepakbola akan memiliki masalah besar seperti sekarang ini," imbuhnya.

Sepakbola, dengan pengaruhnya yang luas terhadap kaum muda di seluruh dunia, telah terbukti di masa lalu bahwa dia dapat memainkan peran positif dalam mengubah sikap terhadap masalah sosial utama seperti rasisme dan ketidaksetaraan.

Dengan demikian, Thorsby optimistis hal serupa dapat terjadi dengan perubahan iklim jika lebih banyak pemain, klub, dan pelatih berbicara tentang masalah ini.

"Itu akan terjadi dari bawah ke atas," tambahnya. "UEFA dan FIFA hanya akan berubah ketika mereka melihat ini adalah masalah yang berkembang di antara komunitas sepakbola.”

“Kemudian kami melihat kepada para penggemar. Ketika Anda melihat bagaimana mereka menghentikan Liga Super, kami melihat bahwa mereka memiliki pengaruh besar. Mereka dapat membuat perbedaan karena tanpa para penggemar, sepakbola bukanlah apa-apa.”

“Kami perlu membuat para penggemar mulai peduli dan kami melakukannya dengan menggunakan pesepakbola dan klub untuk menyebarkan pesan ini karena mereka memiliki platform untuk melakukan ini dan kemungkinan untuk mempengaruhi basis penggemar untuk benar-benar mengubah permainan.”

"Sepakbola adalah permainan di mana para penggemar memutuskan apa yang diinginkannya. Para penggemar memutuskan jenis sepakbola yang mereka inginkan. Jika para penggemar menginginkan sepak bola yang ramah lingkungan, kami akan memilikinya."

Thorsby melakukan apa yang dia bisa untuk meningkatkan kesadaran orang-orang. Dia mengenakan kaus No.2 saat membela Sampdoria untuk menarik perhatian pada target ‘Perjanjian Paris’ yang diadopsi secara internasional untuk menjaga pemanasan global.

Aksi itu membuat Thorsby memenangkan Penghargaan Merit FIFPRO pada 2021, terutama terkait aktivisme iklimnya setelah meluncurkan We Play Green – sebuah gerakan sepakbola lingkungan yang bertujuan untuk menciptakan sikap dan tindakan yang lebih berkelanjutan.

Pemain berusia 25 tahun, yang telah berkampanye sejak dia menjadi pemain di klub Belanda, Heerenveen, mengatakan setiap orang dapat membuat perbedaan dalam upaya untuk melindungi planet ini dengan lebih baik.

"Ada begitu banyak hal yang dapat kita mulai lakukan dalam kehidupan pribadi kita, yang tidak hanya akan mengubah jejak karbon Anda sendiri, tetapi juga akan mengubah cara berpikir orang-orang di sekitar Anda," katanya.

"Orang-orang berpikir tentang perubahan sebagai sesuatu yang hanya mengubah diri Anda sendiri, tetapi itu mengubah semua orang di sekitar Anda seperti keluarga dan teman.”

"Menerapkan tindakan baru - seperti mungkin mulai makan secara berbeda, lebih banyak makanan vegan, mengendarai mobil listrik, atau menemukan cara lain untuk bepergian - semua hal yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari ini benar-benar mengubah perilaku orang-orang di sekitar kita."

Tujuan Thorsby sekarang adalah membawa pemain lain, klub, dan badan pemerintahan dengan harapan merevolusi cara sepakbola menangani perubahan iklim.

FIFA dan UEFA sama-sama berkomitmen untuk membantu sepakbola menyamai tujuan global pengurangan emisi karbon sebesar 50 persen pada 2030, dan mencapai netralitas karbon pada 2040.

Sementara itu, di level klub, ada juga contoh bagus tentang apa yang bisa dilakukan, seperti Forest Green Rovers, klub sepakbola netral karbon pertama di dunia, dan pakaian Bundesliga Wolfsburg, yang menghabiskan 100% energi terbarukan dan juga mendorong para penggemar dan staf untuk bepergian ke pertandingan dengan sepeda atau transportasi umum.

"Saya percaya orang-orang sepakbola ingin melakukan sesuatu, tapi ini masalah yang kompleks," tambah Thorsby.

“Kami berada dalam fase di mana kami harus melihat perubahan, dan UEFA mulai berbicara dan FIFA mulai membawa sesuatu ke meja.”

"Tapi saya tidak percaya itu akan berpengaruh sampai keberlanjutan dan hal-hal lain menjadi bagian inti dari strategi dan model bisnis sepakbola. Jika tidak, itu akan selalu menjadi pemikiran setelahnya."

Pesepakbola terkemuka juga bisa memainkan peran utama, tetapi Thorsby memahami jika beberapa merasa tidak siap untuk mengatasi masalah ini atau takut dituduh munafik.

Lagi pula, banyak pesepakbola melakukan perjalanan ke seluruh dunia untuk pertandingan atau dikompromikan oleh perjanjian sponsorship, tetapi dia mengatakan itu seharusnya tidak menghentikan mereka untuk bebas berbicara.

"Ini masalah yang sensitif dan saya mengerti pemain yang memiliki masalah ini," Thorsby mengakui. "Tapi, saya yakin kami harus mendorong untuk mencoba melakukan sebanyak mungkin.”

"Pemain sepak bola bisa merasakan, 'Saya tidak bisa berbicara karena saya tidak sempurna. Saya terbang dan saya melakukan semua hal ini dengan salah’.”

"Tetapi tidak ada orang yang sempurna dan kami tidak meminta siapa pun untuk menjadi sempurna. Anda hanya perlu meningkatkan, ingin menjadi lebih baik.

“Kami harus berada di nol emisi karbon pada 2050 – bukan besok. Kami punya waktu untuk berkembang, untuk berubah, jadi itulah pesan inti saya ketika saya berbicara dengan para pemain ini.”

"Penting bagi mereka untuk memahami ini sebagai masalah dan bahwa mereka ingin menggunakan suara mereka untuk berbicara, untuk benar-benar menyampaikan pesan ini di luar sana.”

"Saya melihat sekarang bahwa para pemain dan klub mulai menyadari bahwa sebenarnya bukan masalah untuk membuat diri mereka didengar. Saya percaya bahwa dalam beberapa tahun ke depan akan lebih banyak lagi yang melakukannya."

Thorsby telah berbicara dengan perdana menteri Norwegia, menteri lingkungan Italia, dan Komisi Eropa Frans Timmermans, yang memimpin pekerjaan Kesepakatan Hijau dan Hukum Iklim Eropa pertamanya.

Dia juga berpartisipasi dalam pengumpulan plastik di Genoa, sementara hiking di sekitar pegunungan Italia utara di atas Laut Mediterania pada hari libur adalah pengingat dari apa yang sebenarnya dia coba lestarikan.

"Saya mendapatkan energi dari momen-momen seperti ini," katanya. "Ketika saya bersama alam, saya melihat keindahan dan keintiman dari sesuatu yang layak untuk diperjuangkan.”

"Ini adalah dunia yang luar biasa yang kita tinggali dan apa yang diberikan alam kepada kita adalah sesuatu yang luar biasa. Saya pikir jika orang benar-benar sadar dan mereka melihat keindahan ini, mereka akan merawatnya dengan lebih baik, karena itu sangat luar biasa.”

"Saya pikir kita kehilangan koneksi itu. Jadi, saya ingin mencoba menghubungkan kembali kita dengan alam."

Thorsby membantu sepakbola untuk akhirnya melihat perannya yang berpengaruh dalam membantu mengatasi keadaan darurat iklim. Tidak ada yang menertawakannya lagi, yang merupakan tanda kemajuan itu sendiri.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network