Tanpa Baggott dan Asnawi, Bagaimana Indonesia Main Lawan Vietnam? Ini Analisisnya

"Dua pemain aboard itu OTW Hanoi. Jadi, baru bisa main di laga kedua."

Analisis | 05 May 2022, 19:31
Tanpa Baggott dan Asnawi, Bagaimana Indonesia Main Lawan Vietnam? Ini Analisisnya

Libero.id - Dari 20 pemain tim nasional Indonesia U-23 yang didaftarkan ke SEA Games 2021, Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam belum bisa bergabung. Itu karena mereka sedang dalam perjalanan ke Hanoi. Jadi, bagaimana Garuda Muda akan bermain menghadapi Vietnam?

Ajang multievent Asia Tenggara itu sebenarnya baru akan dimulai pada Kamis (12/5/2022). Tapi, seperti yang selalu menjadi tradisi, sepakbola akan bermain lebih awal, yaitu sejak Jumat (6/5/2022).

Pertandingan perdana selalu tidak mudah. Apalagi, melawan tuan rumah. Dan, Shin Tae-yong memastikan dua pemain tidak akan bisa tampil karena belum bergabung dengan skuad. Mereka adalah dua pemain yang merumput di luar negeri, yaitu Baggott di Ipswich Town dan Asnawi (Ansan Greeners).

"Pada pertandingan pertama melawan Vietnam U-23, beberapa pemain kunci Indonesia U-23 tidak dapat hadir karena jadwal yang padat. Tapi, mereka akan bermain di pertandingan berikutnya. Dan, itu akan membuat tim lebih kuat," kata Shin Tae-yong dilansir media Vietnam, Dan Tri.

Saat ini, Baggott dan Asnawi sama-sama dalam perjalanan menuju Vietnam. Baggott sudah mendapatkan izin klub. Sang pemain juga sudah menyatakan siap bergabung dengan Garuda Muda. League Two sudah berakhir 30 April 2022 sehingga secara teknis Baggott kini memasuki "libur musim panas".

Hal yang sama berlaku untuk Asnawi. Meski K.League 2 sedang berlangsung, mantan pemain PSM Makassar itu sudah mendapat izin untuk bergabung ke SEA Games 2021. Akhir pekan lalu, Asnawi menjalani laga terakhir. Setelah itu, dirinya langsung terbang ke Hanoi.

Apakah kekuatan Indonesia akan berkurang tanpa Baggott dan Asnawi? Seharusnya tidak! Untuk posisi Baggott ada beberapa pemain bagus seperti Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho. Ada pula Rachmat Irianto dan Alfeandra Dewangga.

Sementara untuk sektor yang ditinggalkan Asnawi, ada Ilham Rio Fahmi jika Shin Tae-yong memainkan empat bek. Tapi, jika Rioa dianggap kurang memiliki pengalaman, pelatih asal Korea Selatan itu bisa memainkan skema tiga bek. Itu berarti saya kanan bisa ditempati Saddil Ramdani.

Penampilan Saddil akan sangat ditunggu karena ini adalah turnamen pertamanya bersama Shin Tae-yong. "Tujuan kami di turnamen ini adalah untuk memenangkan medali emas. Kami percaya bahwa kesuksesan dapat dicapai dan akan berusaha sebaik mungkin untuk mencapai tujuan itu," ujar Saddil.

"Seluruh tim akan berjuang dengan semangat pantang menyerah. Bagaimanapun, kita tidak dapat mencapai kesuksesan dengan kelelahan dan kelesuan," tambah pemain Sabah FC itu.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network