Kata Iwan Bule Soal Masa Depan Shin Tae-yong di Timnas Senior

"Menyangkut masa depan juru taktik asal Korea Selatan itu.."

Analisis | 11 June 2022, 14:54
Kata Iwan Bule Soal Masa Depan Shin Tae-yong di Timnas Senior

Libero.id - Masa depan Shin Tae-yong tak sudah-sudah jadi pembahasan, sejak kegagalan menjadi juara di ajang Piala AFF 2020 yang lalu dan cuma mendapat medali perunggu di ajang Sea Games 2021, pelatih asal Korea Selatan itu selalu diisukan akan didepak.

Tapi kenyataannya kontrak sudah ditandatangani. Hitam di atas putih. Dan Shin Tae-yong tengah fokus untuk membawa Timnas Indonesia lolos ke ajang Piala Asia 2023.

Omong-omong soal masa depan Shin Tae-yong,  Ketua Umum PSSI, M. Iriawan atau kerap disapa Iwan Bule, mengatakan kalau kontrak pelatih berusia 52 tahun itu masih sampai akhir tahun 2023.

"Buat federasi, kami harus menghormati kontrak yang bersangkutan [Shin], kontraknya adalah 4 tahun sampai akhir 2023, kita sepakati dulu, kontraknya harus kita hargai, artinya dia masih berlanjut masih melatih timnas kita," ujar Iwan Bule dalam video yang diunggah di Instagram PSSI, Jumat (10/6).

Tetapi peran Shin Tae-yong sebagai pelatih akan lebih difokuskan lagi. Karena selama ini ia memegang tiga kelompok umur sekaligus. Dan Iwan Bule  menegaskan pihaknya menginginkan Shin Tae-yong untuk fokus melatih Timnas Indonesia U-20 ke depannya yang akan dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 dimana Indonesia jadi tuan rumah.


Hal tersebut sudah disepakati dengan Komite Eksekutif (Exco) PSSI. 

"Di sela-sela Kongres PSSI, Shin Tae-yong kami panggil untuk melaporkan terkait perkembangan di tiga kelompok umur [timnas] tersebut. Akhirnya, kami diskusi dengan Exco, kami ingin Shin Tae-yong hanya melatih Timnas U-20," imbuhnya.

Kendati demikian, Iwan Bule menyatakan pihaknya masih menunggu jawaban langsung dari Shin Tae-yong terkait hal itu.  Jawaban akan diberikan usai pulang dari babak Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.


"Tapi, kami belum pasti, masih menunggu jawaban yang bersangkutan, tunggu pulang dari Kuwait. Kami ingin kelompok [Timnas] U-20 bisa melakukan persiapan maksimal ke Piala Dunia tahun depan, sehingga fokus," tutupnya.

Saat ini, Shin Tae-yong tengah memimpin Skuad Garuda di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023. Indonesia sukses mengemas kemenangan atas tuan rumah Kuwait di laga perdana. Selanjutnya, Marc Klok dan rekan-rekan akan menantang Yordania pada Minggu (12/6) dini hari WIB. Setelah itu melawan Timnas Nepal pada Rabu (15/6) malam WIB.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network