Hitung-hitungan Timnas U-19 Lolos Babak Semifinal, Wajib Menang Laga Terakhir

"Skuad Garuda Muda akan melawan Myanmar. Sementara itu Thailand vs Vietnam juga akan saling meladeni."

Analisis | 09 July 2022, 08:37
Hitung-hitungan Timnas U-19 Lolos Babak Semifinal, Wajib Menang Laga Terakhir

Libero.id - Timnas Indonesia U-19 kembali mencetak banyak gol. Kecuali saat bertemu dengan Vietnam dan Thailand, Skuad Garuda Muda sejauh ini selalu bisa menang dengan skor besar. 7-0 saat melawan Brunei Darussalam dan terbaru berpesta gol 5-1 saat mengalahkan Filipina dalam matchday keempat Grup A Piala AFF U-19 2022.

Ribuan suporter yang hadir langsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Jumat (6/7) jadi saksi ketangguhan tim besutan Shin Tae-yong.

Gelontoran gol Timnas Indonesia dicetak oleh hattrick Rabbani Tasnim (15', 41', 49'), lalu Alfriyanto Nico (27'), dan ditutup oleh Teuku Razzaa (70'). Sementara itu gol dari Filipina dicetak oleh Justin Lawrence (29').

Dengan hasil tersebut, kian membuka kans lolos ke fase gugur. Untuk sementara, Timnas Indonesia U-19 menempati urutan 3 dengan 8 poin. Sementara itu, Vietnam yang memuncaki klasemen sementara dengan 10 poin diikuti oleh Thailand yang hanya kalah selisih gol.

Sebagai gambaran berikut Klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022 Sementara:

1. Vietnam - 10 poin, 11 gol, 2 kebobolan
2. Thailand - 10 poin, 6 gol, 0 kebobolan
3. Indonesia - 8 poin, 12 gol, 1 kebobolan
4. Myanmar - 6 poin, 11 gol, 7 kebobolan
5. Filipina - 0 poin, 3 gol, 13 kebobolan
6. Brunei - 0 poin, 0 gol, 20 kebobolan

Hanya ada dua tim yang akan melaju ke babak berikutnya, lantas bagaimana dengan skemanya?

Melihat selisih gol di atas, tim besutan Shin Tae-yong lebih diuntungkan karena Ronaldo Kwateh dan rekan-rekan wajib menang dengan skor berapapun.

Sementara itu Thailand berada di posisi terjepit. Tim Gajah Perang harus mengalahkan The Golden Star. Jika itu terjadi berarti Skuad Garuda Muda akan menghuni posisi runner-up klasmen dengan 11 point sementara tim besutan Salvador Valero Garcia merebut posisi puncak dan Vietnam gugur karena kalah dalam produktivitas gol.

Vietnam bisa lolos asalkan menang dengan skor berapapun atau minimal menahan imbang Thailand dan jika Indonesia menang melawan Myanmar. Maka point ketiga kesebelasan sama yakni 11. Akan dilihat produktivitas gol untuk menentukan siapa yang menjadi pemuncak grup antara Indonesia atau Vietnam, tapi kemungkinan besar Indonesia. Karena perbandingannya 12 gol dengan 11 gol lalu 1 kebobolan dengan 2 kebobolan.

Menarik untuk dinantikan. Matchday terakhir akan dihelat pada Minggu (10/7). 

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network