Garuda Pertiwi Jumpa Filipina, Tak Kalah Telak Sudah Bagus

"Kualitasnya beda jauh. Ibarat bumi dan langit.."

Analisis | 10 July 2022, 01:44
Garuda Pertiwi Jumpa Filipina, Tak Kalah Telak Sudah Bagus

Libero.id - Tim nasional wanita Indonesiamenghadapi Filipina pada Piala AFF Wanita 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Minggu (10/7/2022) malam. Di atas kertas dan di lapangan, Garuda Pertiwi tidak menelan kekalahan telak sudah bagus. Pasalnya, tuan rumah adalah kontestan Piala Dunia Wanita 2023.

Garuda menjalani sesi latihan jelang laga kontra tuan rumah Filipina di lapangan Asosiasi Sepakbola Filipina (PFF), Sabtu (9/7/2022) malam. Latihan yang seharusnya berlangsung dua jam, harus berakhir lebih cepat akibat hujan deras disertai angin kencang.

Sebanyak 23 pemain mengikuti sesi latihan yang dipimpin langsung Rudy Eka Priyambada. Sesi latihan pun diawali dengan jogging, serta berbagai materi terkait latihan pemulihan aktif (active recovery training), yang dilakukan secara individu maupun berpasangan.

Selain materi pemulihan, Garuda Pertiwi juga memantapkan organisasi permainan, baik secara individu maupun tim. Tujuannya agar tidak kalah lagi.

"Hari ini fokus latihan ke organisasi permainan. Masih ada penyesuaian bagi tim terkait formasi yang dipakai karena saat ini kami menggunakan formasi bertahan. Para pemain diberikan materi untuk memperbaiki lagi pola permainan bertahan," ujar Asisten pelatih, Yopie Riwoe.

Melawan Filipina akan sulit. Ini jauh lebih sulit dari Thailand atau Australia U-23. Menghadapi dua pertandingan tersebut, Garuda Pertiwi menyerah 0-4.

"Tentu kita akan mengantisipasi permainan Filipina. Mereka tuan rumah dan tim Piala Dunia yang belum menelan kekalahan di kompetisi ini. Akan ada kombinasi pemain yang akan diturunkan sesuai dengan formasi yang kita pakai. Para pemain hanya butuh bermain solid dan fokus di pertandingan," tambah Yopie Riwoe.

Meski tidak diunggulkan, Garuda Pertiwi menolak menyerah. Mereka mengaku akan memberikan penampilan terbaik agar kemenangan didapatkan.

"Yang pasti kami sudah berlatih dengan baik di lapangan maupun untuk pemulihan. Filipina adalah tim yang kuat dan solid. Kami berusaha untuk tampil lebih baik, tampil kompak, dan melakukan transisi saat sudah menguasai bola," kata Octavianti Dwi Nurmalita.

Saat ini Garuda Pertiwi menempati peringkat kelima klasemen sementara Grup A dengan mengoleksi satu poin. Pemuncak klasemen masih ditempati Filipina dengan sembilan poin dari tiga kemenangan berturut-turut.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network