Kontroversi Gol Pertama Madrid, Pakar Wasit Tegaskan Harusnya Dianulir

"VAR tidak melakukan review insiden yang terekam jelas itu. 85 ribu orang melakukan polling dan harusnya pelanggaran."

Berita | 24 June 2020, 23:21
Kontroversi Gol Pertama Madrid, Pakar Wasit Tegaskan Harusnya Dianulir

Libero.id - Real Madrid kembali mengudeta Barcelona puncak klasemen Liga Spanyol setelah mengatasi tamunya Mallorca 2-0 dalam laga pekan ke-31 di Stadion Alfredo di Stefano, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Kemenangan yang diraih berkat gol Vinicius Junior dan tendangan bebas Sergio Ramos itu membuat Real Madrid kini mengoleksi 65 poin.

Kendati memiliki torehan poin yang sama dengan Barcelona, Real Madrid berhak menduduki puncak klasemen Liga Spanyol berbekal satu kemenangan dan satu hasil imbang dalam pertemuan kedua tim musim ini.

Sementara Real Madrid memperbesar harapan juara mereka, nasib Mallorca tertahan di zona degradasi, di urutan ke-18 dengan koleksi 26 poin dan bisa melorot jika Espanyol (24) menang besok.

Real Madrid tampil percaya diri sejak awal laga dan tujuh menit pertandingan berjalan hampir membuka keunggulan jika saja kiper Manolo Reina tak melakukan dua penyelamatan beruntun atas ancaman dari Karim Benzema dan Gareth Bale.

Vinicius sempat membuang peluang bagus pada menit ke-16 hasil umpan Eden Hazard, tetapi dua menit kemudian ia melakoni tugasnya tanpa cela untuk menaklukkan Reina dan membawa tuan rumah memimpin.

Talenta muda Brazil itu hampir menambah pundi-pundi golnya ketika cermat melihat Reina meninggalkan sarangnya, sayang tembakan ungkitnya mendatar di atas mistar gawang.

Mallorca selanjutnya lebih banyak mengendalikan penguasaan bola, tetapi serangan yang dipimpin pemain pinjaman Real Madrid, Takefusa Kubo, masih kesulitan membongkar lini pertahanan tuan rumah dan kedudukan tak berubah hingga istirahat.

Keunggulan Real Madrid berganda pada menit ke-56 lewat eksekusi tendangan bebas Ramos setelah pelanggaran handball tak jauh dari kotak penalti tim tamu.

Tempo pertandingan perlahan melambat setelah gol tersebut dan Real Madrid cukup puas untuk bisa mempertahankan skor 2-0 hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Real Madrid bakal melanjutkan upayanya menguasai puncak klasemen ketika bertandang ke markas Espanyol dalam laga pekan ke-32 pada Minggu (28/6) waktu setempat (Senin WIB), sehari setelah Mallorca menyambangi San Mames menantang Athletic Bilbao.

INSIDEN CARVAJAL

Kontroversi terjadi pada gol pertama Vinicius. Dani Carvajal menghentikan counter Mallorca lewat pelanggaran, dan Madrid balas melakukan counter sendiri dan mencetak skor 7 detik kemudian. Seharusnya ada kartu kuning untuk Carvajal dan kedudukan tetap 0-0.

Pakar perwasitan MARCA, Juan Andujar Oliver, percaya pembuka Real Madrid melawan Real Mallorca seharusnya tidak disahkan. Juan Andujar Oliver dikenal sebagai pakar perwasitan Spanyol dengan pengalaman 23 tahun menjadi wasit.

Replay dari build-up ke finish Vinicius Junior menunjukkan pelanggaran Dani Carvajal kepada Dani Rodriguez, tetapi tidak ada peluit dibunyikan oleh wasit Mario Melero Lopez.

"Pada awal langkah, ada pelanggaran dari Carvajal pada Dani Rodriguez yang harus diberikan oleh Melero Lopez tetapi dia ditafsirkan sebagai benturan legal,” kata Andujar kepada Radio MARCA.

"Setelah momen ini, serangan Real Madrid berakhir dengan assist terakhir dari [Luka] Modric ke penyerang Brasil."

Hingga berita ini dinaikkan, 85.577 orang melakukan polling di Marca dan 57 persen membenarkan bahwa wasit harusnya menganulir gol Vinicius sementara 43 persen menyatakan tidak perlu dianulir.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network