Pengertian Permainan Bola Besar, Jenis-jenis, dan Manfaatnya

"Permainan bola besar sangat populer di dunia. Lalu, apa pengertiannya?"

Analisis | 15 August 2022, 07:08
Pengertian Permainan Bola Besar, Jenis-jenis, dan Manfaatnya

Libero.id - Olahraga adalah aktivitas yang menyehatkan. Ada banyak sekali permainan dalam olahraga, baik yang dipertandingan untuk kompetisi maupun sekedar mengisi waktu luang. Salah satu permainan bola besar.

Saat ini, permainan bola besar semakin digandrungi hampir di seluruh dunia. Terutama permainan sepakbola. Dapat diakui bahwa sepakbola sebagai olahraga paling populer di era modern. Tapi, permainan bola besar bukan hanya sepakbola saja. Masih ada bola basket, bola voli, futsal, dan lain sebainya.

Lalu, apa pengertian permainan bola besar? Permainan bola besar merupakan jenis olahraga yang menggunakan bola berukuran besar. Bola besar tersebut sebagai objek yang digerakkan pemain sebagai subjek.

Dikutip dari buku Mengenal Permainan Olahraga Bola Besar (2019), permainan bola besar adalah salah satu cabang olahraga yang dilakukan secara berkelompok atau beregu di lapangan dengan bantuan alat utama, yaitu bola yang berdiameter lebih dari 50 cm.

Salah satu tujuan permainan bola besar adalah membantu membentuk stamina dalam tubuh sehingga tidak mudah lelah ketika beraktivitas. Umumnya, permainan bola besar memiliki aturan masing-masing pada jenis permainannya.

Setidaknya ada 10 permainan bola besar yang secara resmi sudah dikompetisikan. Mereka antara lain:

1. Sepakbola

Sepakbola adalah jenis permainan bola besar yang paling digemari di dunia. Dalam sejarahnya, sepakbola berasal dari China. Permainan yang terdiri dari 2 tim yang dengan 11 pemain utama dan menggunakan bola dengan ukuran diameter rata-rata 68-71 cm. Sepakbola berlangsung selama 2 babak dengan durasi waktu 2x45 menit (90 menit).

Terdapat jeda istirahat selama 15 menit seusai babak pertama. Tapi, jika sampai pertandingan berakhir pertandingan kedua tim imbang, maka akan diberikan waktu tambahan maksimal 2x15 menit.  Sementara untuk ukuran lapangan sepak bola memiliki standar dengan panjang 100-110 meter dan memiliki lebar 60-65 meter, dengan bentuk persegi panjang.

2. Bola Basket

Basket adalah jenis permainan bola besar menggunakan kekuatan tangan dalam memainkan bola untuk memasukkan ke dalam ring lawan. Permainan ini dilakukan dua tim dengan masing masing tim terdiri dari 5 orang.  Setiap tim juga memiliki 5 pemain cadangan yang suatu waktu bisa melakukan pergantian.

Pertandingan bola basket berlangsung selama 4  x 10 menit. Setiap babak memiliki jeda waktu selama 10 menit.

Bola yang dipakai di permainan basket berdiameter 74-75 cm dengan berat mencapai 624 gram. Terdapat 2 standar lapangan yang digunakan dalam permainan bola basket, yaitu 28,5 x 15 meter menurut National Basketball Association (NBA) dan 26 x 14 meter menurut Federasi Bola Basket Amatir Internasional (FIBA).

3. Bola Voli

Seperti sepakbola, bola voli juga permainan yang dilakukan dengan dua tim yang saling bertanding. Bedanya, bola voli harus menggunakan net untuk membagi wilayah masing-masing. Jika sepak bola memainkan masing-masing tim dengan 11 pemain, voli terdiri dari 6 pemain.

Bola yang digunakan di pertandingan voli biasanya memiliki ukuran diameter 65-67 cm dengan berat kurang lebih 260-280 gram. Tim yang pertama kali berhasil mencalai skor 25 akan menjadi pememang pada sebuah babak. Biasanya pertandingan bola voli berlangsung dalam 3-5 babak.

4. Futsal

Futsal adalah salah satu olahraga yang lahir dari pengembangan sepakbola. Futsal disebut juga sebagai versi mini sepakbola. Jika sepakbola dapat dimainkan di luar ruangan dengan lapangan yang mampu menampung 22 pemain, maka futsal tak membutuhkan area bermain terlalu luas dan bisa dimainkan di dalam ruangan.

Satu tim futsal terdiri dari 5 pemain utama dan 2 cadangan. Pemainan berlangsung selama 2x20 menit dan memiliki waktu istirahat selama 10 menit. Waktu tambahan akan diberikan jika dibutuhkan paling banyak 2x5 menit.

Bola yang dipakai futsal pun tidak terlalu besar seperti sepakbola pada umumnya. Diameter bola yang digunakan di futsal kira-kira 62-64 cm dan dengan berat 400-440 gram.

5. Sepak takraw

Sepak takraw adalah permainan bola besar menggunakan kaki untuk menghasilkan angka dengan memasukkan bola ke wilayah lawan. Itulah sebabnya olahraga ini tidak jarang disebut permainan gabungan dari voli dan sepakbola. Terdapat net yang membagi wilayah kedua tim dalam pertandingan.

Namun, bola yang digunakan terbuat dari anyaman rotan. Dengan memiliki 12 lubang dan 9-11 anyaman serta memiliki lingkar 42-44 cm untuk putra dan 43-45 cm untuk putri.

6. Rugby

Rugby adalah salah satu olahraga bola besar yang memiliki bentuk bola unik. Olahraga yang populer di Britania Raya, Australia, dan Selandia Baru itu memiliki tujuan mengantarkan bola sampai ke wilayah akhir lawan. Berbeda dengan olahraga bola besar lain, bola rugby berbentuk lonjong atau oval.

Bola tersebut memiliki panjang 280-330 mm, dengan lingkar panjang 740-770 mm dan lingkar lebar 580-620 mm. Total, pertandingan Rugby berlangsung selama 90 menit, yang sudah terbagi menjadi time lost, extra time, dan special conditions. Satu pertandingan terbagi dalam dua babak, dimana kedua tim akan bertukar tempat sebagaimana sepakbola setelah babak pertama berakhir.

7. Voli pantai

Voli pantai adalah olahraga yang dimainkan tim yang terdiri dari dua orang, di atas pasir yang dipisahkan oleh net. Lapangan untuk pertandingan voli pantai berbentuk persegi panjang berukuran 16 x 8 m dan dikelilingi oleh zona dengan lebar minimal 3 m di semua sisi.

Permainan voli pantai terdiri dari tiga set. Tim yang berhasil memenangkan dua set pertama otomatis akan memenangkan pertandingan. Setiap set terdiri dari 21 poin. Tim yang berhasil mencapai 21 poin dengan keunggulan dua poin dari lawan menang dalam set tersebut.

8. Bola tangan

Bola tangan merupakan salah satu jenis dari permainan bola besar yang dimainkan oleh 2 tim. Masing-masing timnya beranggotakan 6 orang dengan 1 orang penjaga gawang. Pertandingan bola tangan berlangsung selama 2x30 menit dengan waktu jeda istirahat selama 10 menit.

Waktu tersebut dapat bertambah maksimal 2x5 menit sebagai waktu tambahan, dengan waktu jeda istirahat 1 menit. Ukuran lapangan yang digunakan untuk permainan bola tangan memiliki lebar 20 x 20 m. Garis lemparan bebas sejauh 9 m pada wilayah luar gawang, atau 3 m dari gawang. Sedangkan untuk garis penalti sejauh 7 meter.

9. Bowling

Bowling adalah jenis olahraga besar yang dimainkan dengan cara lempar bawah dengan satu tangan. Bola digelindingkan sesuai jalur lintasan pin yang berjumlah 10 pin. Apabila 10 pin jatuh semua dalam satu lemparan maka hal ini akan terjadi strike.

10. Polo air

Polo air merupakan jenis olahraga bola besar berkelompok dan kurang populer di Indonesia. Permainan ini dianggap sebagai kombinasi renang, gulat, sepak bola dan bola basket. Permainan ini dimainkan dengan memasukkan bola kedalam gawang lawan.

Satu kelompok terdiri 6 pemain dan 1 penjaga gawang. Enam pemain tersebut terdiri dari 1 orang penyerang tengah, 1 orang bek tengah, 2 orang pemain sayap, dan 2 orang driver. Meski kurang populer, olahraga ini telah digelar dalam turnamen nasional seperti PON. Bahkan, pada SEA Games 2019, atlet polo air asal Indonesia berhasil meraih medali emas.

Lalu, apa manfaat permainan bola besar?

1. Melatih kekompakan

Olahraga bola besar melibatkan banyak orang dalam satu tim. Maka kekompakan menjadi sangat penting dalam sebuah tim agar bisa mengungguli tim lawan. Dan itu tergantung dari konsistensi dalam latihan serta jam terbang.

2. Menjaga stamina tubuh

Permainan bola besar jelas menguras stamina. Namun, seiring intensitas permainan yang meningkat, maka perlahan-lahan stamina kita akan terasah. Hasilnya, kita tidak gampang capek dan dapat bergerak aktif ketika melakukan olahraga.

3. Meninggikan badan

Olahraga bola besar menerapkan berbagai teknik, seperti lari dan melompat. Gerakan ini akan berpengaruh pada tulang kaki. Selain itu, intensitas gerakan yang dilakukan dapat merangsang pertumbuhan seseorang, terutama pada pemain berusia muda.

4. Mengatur berat badan

Jenis olahraga bola besar pastinya turut menguras kalori. Selain itu, olahraga juga membantu membakar lemak pada tubuh. Dengan kata lain, berat badan seseorang dapat terkontrol jika dia rutin melakukan olahraga.

5. Memperkuat mental

Melakukan olahraga bola besar tidak hanya memperkuat fisik pemain, melainkan juga mengasah mental agar lebih kuat. Hal ini terlihat ketika suatu tim mengikuti kompetisi. Tanpa mental yang kuat, suatu tim dalam olahraga tidak akan bisa mengungguli lawannya.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network