Teknik Menggiring Bola yang Benar dalam Permainan Futsal

"Berikut ini tips menggiring bola yang besar saat bermain futsal."

Analisis | 23 August 2022, 14:23
Teknik Menggiring Bola yang Benar dalam Permainan Futsal

Libero.id - Permainan futsal merupakan salah satu olahraga bola besar yang dikembangkan dari sepakbola. Meski sama, terdapat beberapa aturan yang berbeda pada kedua permainan ini. Contohnya, jumlah pemain, luas lapangan, dan durasi permainan. Tapi, secara teknis, futsal tidak jauh berbeda dari sepakbola.

Sama seperti sepakbola, dalam permainan futsal juga memiliki teknik menggiring bola atau dribbling.

Menggiring bola adalah keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang pemain futsal. Pemain yang memiliki kemampuan menggiring bola yang baik dapat dengan mudah melakukan penetrasi ke daerah pertahanan lawan. Teknik dasar yang satu ini juga bisa digunakan mengecoh lawan.

Mengutip dari buku Olahraga Paling Lengkap (2016) karya Sukma Aji, salah satu gerakan dasar futsal yang bertujuan untuk mengecoh lawan adalah menggiring bola. Setidaknya, terdapat tiga cara yang bisa dilakukan dalam permainan futsal untuk menggiring bola dengan benar, yaitu dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar, dan punggung kaki.

Teknik menggiring bola dalam permainan futsal

1. Menggiring bola menggunakan kaki bagian luar

Teknik dasar menggiring bola memakai kaki bagian luar dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya. Tapi, teknik ini tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kanan bila menggunakan kaki kanan. Begitu juga sebaliknya.

2. Menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam

Melakukan dribel bola memakai kaki bagian dalam memungkinkan pemain futsal dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan lawan jika menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. Tapi, teknik ini tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kiri bila menggunakan kaki kanan, begitupun juga sebaliknya.

3. Menggiring bola menggunakan punggung kaki

Dribbling menggunakan bagian punggung kaki dapat menggiring bola dengan arah lurus jika tidak ada lawan yang menghalangi. Tapi, teknik ini kurang efektif untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri atau kanan. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network