Liga Singapura Bakal Gunakan VAR, Liga Indonesia Kapan?

"Kemajuan teknologi harus sesuai dengan SDM-nya wkwk..."

Analisis | 04 November 2022, 14:08
Liga Singapura Bakal Gunakan VAR, Liga Indonesia Kapan?

Libero.id - Ofisial pertandingan di Liga Premier Singapura bakal memakai teknologi Video Assistant Referee (VAR) mulai musim depan.

Singapura akan menjadi negara ketiga di Federasi Sepak Bola ASEAN dan ke-11 di Asia yang menggunakan VAR di liga profesional lokalnya.

Project Lead and Football Association of Singapore (FAS) Director (Wasit), Nazeer Hussain berujar,

“Seluruh proses implementasi VAR dapat memakan waktu antara 12 hingga 18 bulan sesuai dengan Program Bantuan dan Persetujuan Implementasi (IAAP) yang dikembangkan oleh FIFA. Berkat dedikasi, komitmen, dan dorongan dari wasit dan instruktur yang berkualitas, tidak lupa staf dari Departemen Wasit, kami dapat bekerja secara efektif dalam waktu yang dipersingkat" ujarnya kepada laman resmi FAS.

“Kami saat ini berada di tahap ketiga dari lima tahap IAAP, yang berfokus pada persiapan dan pelatihan ofisial pertandingan dan teknologi VAR. Sesi latihan berjalan dengan baik dan kami sedang dalam proses menjadwalkan kunjungan pejabat FIFA untuk turun dan menilai kemajuan kami, dan menyetujui penggunaan VAR di sini di Singapura.

“Masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan, tetapi jika semuanya berjalan dengan baik, kami yakin akan menerapkan VAR di SPL tahun depan.”

Untuk Meningkatkan Kredibilitas Kompetisi

Tekad Nazeer dan timnya untuk menerapkan VAR di Singapura berasal dari keinginan mereka untuk meningkatkan standar persaudaraan sepak bola lokal dan meningkatkan taraf kinerja wasit Liga Premier Singapura.

“FAS terus berusaha untuk meningkatkan kualitas sepak bola di sini dan salah satu elemen kunci dari ini adalah kinerja ofisial pertandingan kami. Kami ingin mereka selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam memimpin, baik dalam hal pengetahuan mereka tentang permainan dan dengan melengkapi mereka dengan bantuan teknologi."

“Dengan VAR yang sudah banyak digunakan dan diterima karena kontribusinya pada permainan modern, mendiang Presiden FAS Mr Lim Kia Tong memperdebatkan ide untuk memperkenalkan VAR di sini karena dia yakin itu bisa bermanfaat bagi sepak bola lokal. Itu adalah saran yang menarik dan kami telah bekerja keras untuk proyek ini sejak akhir tahun 2021" pungkasnya.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network