Terkesan Kurang Gereget, Inilah Maskot dan Lagu Tema Piala Dunia 2022

"Tinggal beberapa hari, tapi Piala Dunia masih sepi publikasi."

Viral | 11 November 2022, 08:04
Terkesan Kurang Gereget, Inilah Maskot dan Lagu Tema Piala Dunia 2022

Libero.id - Piala Dunia merupakan salah satu pesta terbesar sepakbola di planet ini. Dalam setiap pergelarannya, empat tahun sekali, selalu menyuguhkan daya tarik bagi banyak penggemar. Bahkan, jauh-jauh hari maskot dan lagu tema Piala Dunia sudah akrab di telinga suporter, kecuali tahun ini.

Bagi bisnis sepakbola, keberadaan lagu tema dan maskot Piala Dunia sangat penting. Lagu seperti Cup of Lifedi Piala Dunia 1998, yang dinyanyikan Ricky Martin, atau Waka-waka di Piala Dunia 2010, yang dinyanyikan Shakira, sangat fenomenal.

Lagu-lagu resmi Piala Dunia 1998 maupun Piala Dunia 2010 itu memiliki daya tarik dan energi tersendiri setiap kali dinyanyikan. Bahkan, auranya masih bisa dirasakan hingga bertahun-tahun kemudian.

Sayang, hal tersebut tidak terjadi untuk Piala Dunia 2022. Turnamen di Qatar tinggal menghitung hari. Tapi, kenyataan menunjukkan masih sedikit orang yang mengetahui semua detail tentang acara terbesar di sepakbola. Gaungnya terlihat sangat kurang jika dibandingkan Piala Dunia edisi sebelumnya.

Jangankan keberadaan Piala Dunia 2022, banyak orang yang masih bingung soal lagu tema maupun maskot. Padahal, keduanya sudah diumumkan FIFA jauh-jauh hari, pada 1 April 2022.

Mengutip dari laman resmi FIFA, maskot Piala Dunia 2022, La’eeb, diperkenalkan secara resmi ke publik bersamaan dengan pengundian pembagian grup. Maskot ini berbentuk seperti gutra, yaitu hiasan kepala kain yang dikenakan orang-orang Qatar.

La'eeb mensimulasikan sosok bersurban putih, tersenyum, dan bermain sepakbola. Maskot itu memiliki makna menggambarkan "pemain terampil". Maskot ini terinspirasi oleh budaya dan kebiasaan hidup orang-orang di Qatar.

"La'eeb berasal dari metaverse maskot, alam semesta paralel yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata dan semua orang dapat membayangkannya sesuka mereka. La'eeb mendorong semua orang untuk percaya pada diri mereka sendiri," kata FIFA saat peluncurannya pada 1 April 2022.

Tujuan FIFA meluncurkan La'eeb adalah untuk menarik penonton dari segala usia, dari segala penjuru bumi. Tapi, sampai hari ini, maskot tersebut masih kurang populer di kalangan para pengemas sepakbola di seluruh dunia.

Seperti La'eeb, nasib lagu resmi Piala Dunia 2022 juga tidak berbeda jauh. Lagu berjudul "Hayya Hayya" alias "Better Together" itu dinyanyikan musisi Amerika Serikat, Trinidad Cardona, bersama penyanyi Nigeria, Davido, serta bintang asal Qatar, Aisha.

Untuk membuatnya populer, video klip lagu ini melibatkan banyak maestro sepakbola dunia. Mulai Zinedine Zidane, Cafu, Edinson Cavani, hingga Cristiano Ronaldo. Tapi, layaknya La'eeb, Hayya Hayya juga masih asing di telinga banyak orang lantaran sangat jarang diputar di televisi maupun radio.

"Dengan menyatukan suara-suara dari Amerika, Afrika, dan Timur Tengah, lagu ini melambangkan musik dan sepakbola dapat menyatukan dunia," kata Direktur Komersial FIFA, Kay Madati, ketika itu.

Hayya Hayya diproduksi oleh RedOne, serta bernapaskan kebersamaan dan kegembiraan dalam semangat persatuan. Lagu tersebut juga melambangkan kegembiraan festival sepakbola yang akan menerangi dunia di Qatar.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network