Bagaimana Prediksinya? Inilah Pemenang Piala Dunia 2022 versi Opta

"Piala Dunia di depan mata. Wajar jika ramalan bermunculan."

Analisis | 17 November 2022, 23:23
Bagaimana Prediksinya? Inilah Pemenang Piala Dunia 2022 versi Opta

Libero.id - Seperti biasa, ketika Piala Dunia sudah di depan mata, prediksi, analisis, dan ramalan mulai bermunculan. Salah satu yang dikenal rajin mengeluarkan prediksi juara adalah Opta. Lalu, bagaimana untuk Piala Dunia 2022?

Opta memutuskan menggunakan prediksi peluang kemenangan Piala Dunia 2022 mengunakan teknologi kecerdasan buatan milik Stats Perform.

Untuk mencapai gambaran yang lebih menyeluruh tentang siapa yang akan memenangkan Piala Dunia 2022, sistem prediksi itu memperkirakan probabilitas setiap hasil pertandingan dengan hasil menang, seri, atau kalah, menggunakan odds di pasar taruhan dan peringkat tim Stats Perform.

Peluang dan peringkat didasarkan pada kinerja tim historis dan baru-baru ini. Sistem tersebut kemudian mempertimbangkan kekuatan lawan dan memperkirakan kesulitan mereka ke final. Ini menggunakan probabilitas hasil pertandingan, dengan mempertimbangkan komposisi grup dan unggulan ke babak gugur.

Hasilnya, Brasil muncul dengan probabilitas tertinggi untuk menang. Juara lima kali Piala Dunia itu memiliki peluang 16% untuk mengangkat trofi sesuai sistem dan menjadi favorit keseluruhan di Piala Dunia. Selain itu, Brasil juga merupakan tim dengan probabilitas tertinggi untuk mencapai final (25%).

Tepat di belakang Brasil, Argentina memiliki probabilitas tertinggi kedua. Tim asuhan Lionel Scaloni, merupakan favorit di Grup C. Mereka memiliki peluang 13%. Faktor Lionel Messi dan rentetan kemenangan menjadi faktor utama.

Selanjutnya, melengkapi lima pesaing teratas di Piala Dunia 2022, Opta memperkirakan Prancis dengn probabilitas 12%. Kemudian, Spanyol dan Inggris, sama-sama 9%.

Uniknya, meski hanya menjadi favorit ketiga secara keseluruhan untuk memenangkan turnamen, Prancis memiliki probabilitas tertinggi untuk lolos ke babak 16 besar, yaitu 91%. Padahal, favorit turnamen, Brasil, hanya memiliki probabilitas lolos 89%.

Hal menarik lain adalah Kroasia, yang menjadi finalis Piala Dunia 2018, tampaknya tidak berpeluang mengulangi performa itu. Anak asuh Zlatko Dalic hanya memiliki peluang 4% untuk kembali ke final tahun ini. Itu berarti 11 tim lain di turnamen kali ini memiliki kemungkinan lebih tinggi dari Luka Modric dkk. 

Bagaimana dengan Inggris? Menurut sistem, The Three Lions memiliki peluang 60% untuk memuncaki grup dan 9% untuk memenangkan turnamen. Pasukan Gareth Southgate sangat diunggulkan, untuk setidaknya mencapai perempat final. Probabilitas mereka mencapai delapan besar adalah 56%. Ini menjadi peluang persentase tertinggi ketiga.

Jadi, layak dinantikan apakah prediksi Opta akan terbukti di Qatar atau tidak. Pasalnya, banyak prediksi yang mengunggulkan Brasil dan Argentina. 

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network