Kalahkan Filipina, Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022

"Tinggal tunggu lawan dari Grup B: Vietnam, Singapura, atau Malaysia?"

Analisis | 02 January 2023, 21:28
Kalahkan Filipina, Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022

Libero.id - Janji Shin Tae-yong untuk meloloskan tim nasional Indonesia dari Grup A Piala AFF 2022 ditepati. Kemenangan 2-1 didapatkan tim Garuda saat bertemu tuan rumah Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila, Senin (2/1/2023) malam.

Meski Filipina sudah tidak memiliki peluang lolos ke babak berikutnya, Shin Tae-yong tetap menampilkan susunan pemain yang serius. Nadeo Argawinata tetap di bawah mistar, meski mengalami cedera setelah berbenturan dengan pemain lawan di babak pertama dan harus digantikan Syahrul Tisna

Shin Tae-yong juga melakukan empat perubahan dalam susunan pemain. Jordi Amat yang terkena akumulasi kartu digantikan Rizky Ridho. Tapi, Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, dan Pratama Arhan masih ada di lini belakang.

Dengan skema 4-2-3-1, Marc Klok dan Ricky Kambuaya menjadi gelandang tengah, Kemudian, trio Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan menyokong Dendy Sulistyawan sebagai striker tunggal di depan.

Sebaliknya, Filipina memainkan Antony Pinthus, Simen Alexander, Jefferson Tabinas, Amani Santos, Audie Bantas Menzi, Hikaru De Asis Minegishi, Stephan Schrock, Oliver Bias, Kenshiro Daniels, Mark Hartmann di starting line-up.

Hasil eksperimen Shin Tae-yong berbuah bagus. berbagai peluang didapatkan lini depan Indonesia. Tapi, akibat kurang tenang maupun tidak beruntung, Indonesia hanya unggul 2-0 di babak pertama. Sementara di babak kedua usaha terus dilakukan para pemain untuk menambah gol. Tapi, Filipina justru mencetak satu gol.

Dengan kemenangan ini, Indonesia memastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Pasukan Garuda masih menanti hasil di Grup B untuk melihat lawan yang akan dihadapi di babak empat besar. 

Pertandingan penentuan Grup B akan berlangsung Selasa (3/1/2023) malam. Tiga tim memiliki peluang mendapatkan dua tiket semifinal. Di Hanoi, Vietnam akan menjamu Myanmar. Sementara di Kuala Lumpur, Malaysia kedatangan Singapura. Vietnam dan Singapura hanya perlu imbang. Sementara Malaysiua wajib menang.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network