Timnas U-20 Tampil Buruk di Turnamen Mini, Shin Tae-yong: Tidak Bisa 100% Bagus di Piala Asia U-20

"Pria Korea Selatan itu memang tidak senang dengan progres anak asuhnya sejauh ini."

Berita | 22 February 2023, 23:46
Timnas U-20 Tampil Buruk di Turnamen Mini, Shin Tae-yong: Tidak Bisa 100% Bagus di Piala Asia U-20

Libero.id - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengakui bahwa tim asuhannya saat ini belum siap 100 persen untuk tampil di ajang Piala Asia U-20 2023.

Piala Asia U-20 2023 sendiri tak lama lagi bakal digelar. Turnamen itu akan berlangsung di Uzbekistan pada 1 Maret 2023, atau hanya sepekan lagi.

"Sejujurnya secara fisik dan mental masih dalam keadaan kurang," ujar Shin Tae-yong.

Meski demikian, Shin Tae-yong percaya, dengan berjalannya waktu Timnas Indonesia U-20 akan mengalami perbaikan. Harapannya, pada Piala Dunia U-20 2023, skuadnya bisa mencapai level terbaik.

"Saya berharap setelah dari Uzbekistan bisa lebih baik. Sebelum Piala Dunia U-20 dimulai, mereka akan diberi latihan intensitas tinggi sampai jadi matang," sambung Shin.

Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu kemudian menyebut saat ini komposisi pemain Timnas Indonesia U-20 masih belum komplet. Shin menyebut ada lima sampai enam pemain yang masih belum bergabung.

"Masih kurang lima sampai enam pemain sampai sekarang," ujarnya.

Namun, Shin berharap skuadnya akan komplet dengan berjalannya waktu. Terutama ketika Piala Dunia U-20 berlangsung di Tanah Air pada Mei mendatang.

"Tetapi di bulan Mei di Piala Dunia U-20 mereka akan bergabung ke Timnas. Saya percaya diri bisa menjadi tim yang labih baik. Saya mohon dukungan dan kepercayaannya," tandas Shin.

Timnas Indonesia U-20 saat ini masih menunggu proses naturalisasi tiga pemain keturunan. Mereka adalah Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick.

Ketiganya diharapkan bisa segera selesai proses naturalisasinya. Jenner, Hubner, dan Struick, akan menjadi andalan Timnas Indonesia U-20 pada Piala Dunia U-20 nanti.

Selain itu, Marselino Ferdinan juga dipastikan bisa tampil pada Piala Dunia U-20 2023. Namun, Marselino dipastikan absen membela Garuda Nusantara pada Piala Asia U-20 2023 karena tak dilepas oleh klubnya.

Kekalahan 0-1 dari Guatemala menambah rapor minor Timnas Indonesia U-20 pada turnamen mini. Pasukan Shin Tae-yong menelan kekalahan beruntun pada ajang yang jadi persiapan menuju Piala Asia U-20 2023.

Ini menjadi catatan khusus buat Shin Tae-yong. Apalagi mereka tak punya waktu banyak untuk bisa mengevaluasi permainan jelang keberangkatan menuju Uzbekistan.

Laga melawan Guatemala juga menjadi yang pertama buat Timnas U-20 tak bisa mencetak gol. Padahal, Muhammad Ferarri dkk. meraih banyak peluang emas.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network