Tenang! Pilih Indonesia atau Belanda, Shin Tae-yong Sudah Telepon Justin Hubner

"Tidak ada yang perlu ditakutkan. Santi saja.."

Viral | 21 March 2023, 00:37
Tenang! Pilih Indonesia atau Belanda, Shin Tae-yong Sudah Telepon Justin Hubner

Libero.id - Kabar kurang sedap yang menyebut Justin Hubner menerima panggilan timnas Belanda U-20 ternyata tidak membuat Shin Tae-yong panik. Pelatih timnas Indonesiaasal Korea Selatan itu mengaku sudah menelepon pemain Wolverhampton Wanderers itu secara langsung dan menanyakan masalah ini. Apa hasilnya?

Bersama Ivar Jenner dan Rafael Struick, Justin Hubner adalah salah satu dari tiga pemain naturalisasi dari jalur keturunan yang sudah disetujui DPR RI untuk memiliki paspor Garuda.

Ketiga pemain juga sudah sempat mengikuti TC timnas U-20 di Turki dan Spanyol, tahun lalu. Secara teknis, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner memenuhi semua kriteria Shin Tae-yong untuk bermain di Piala Dunia U-20 2023. Bahkan, ketiganya dipanggil TC fase terakhir di Korea Selatan mulai 1 April 2023.

Yang menjadi sedikit batu kerikil adalah nama Justin Hubner masuk skuad Jong Oranje untuk uji coba internasional melawan Prancis U-20, Sabtu (25/3/2023).

Menurut Shin Tae-yong, hal ini bisa terjadi karena proses naturalisasi yang dijalani Justin Hubner dkk sangat lama dan bertele-tele. Itu membuat pemain bosan dan bimbang. Sebab, untuk pemain dengan kualitas bagus, pasti negara asalnya tidak tinggal diam.

"Bisa terjadi masalah seperti ini karena proses naturalisasi kurang cepat. Jadi, walau dipanggil Belanda, tidak masalah. Yang penting kita tetap melanjutkan proses naturalisasinya. Dan, saya percaya di akan datang ke Timnas Indonesia," ujar Shin Tae-yong kepada wartawan di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (20/3/2023) sore.

Shin Tae-yong juga terlihat santai dan sangat percaya diri dengan masa depan Justin Hubner. Kok, bisa? "Saya sudah langsung telepon Justin (Hubner) dua hari lalu. Dia masih berniat dan mau menjadi WNI," tambah Shin Tae-yong.

Bedasarkan aturan dan tradisi FIFA, pemain tidak bisa membela dua atau lebih negara berbeda jika sudah memiliki penampilan untuk timnas senior di pertandingan resmi. Itu adalah FIFA Matchday, baik uji coba maupun turnamen resmi. Contohnya, Kualifikasi Piala Dunia, Piala Eropa, atau Kualifikasi Piala Eropa, tergantung konfederasinya.

Jadi, seandainya ikut rombongan Belanda U-20 di laga persahabatan melawan Prancis U-20, Justin Hubner masih bisa memperkuat Garuda Muda di Piala Dunia U-20 2023.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network