Profil Kapten Kamboja U-22, Sieng Chanthea, Usia 20 Tahun Punya 26 Caps Senior

"Ini jadi SEA Games ketiganya. Sehebat apa dia?"

Biografi | 11 April 2023, 19:54
Profil Kapten Kamboja U-22, Sieng Chanthea, Usia 20 Tahun Punya 26 Caps Senior

Libero.id - Meski akan menghadapi timnas U-20 Indonesia, kapten timnas Kamboja U-22, Sieng Chanthea, cukup yakin dengan peluang negaranya melangkah mulus dari Grup A SEA Games 2023. Pemuda berusia 20 tahun itu bahkan sama sekali tidak takut dengan Garuda Muda.

Menjadi penyelenggara SEA Games 2023, Kamboja tergabung di Grup A bersama Indonesia, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Sementara di Grup B, ada Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Laos.

Sebagai kapten tim tuan rumah, Sieng Chanthea memasang target tinggi. Dia menyebut, semua pesaing di Grup A tak boleh diremehkan. Tapi, dirinya juga cukup yakin dengan peluang Kamboja melewati semua laga dengan hasil maksimal hingga lolos ke semifinal, final, dan meraih medali emas SEA Games 2023.

"Semua tim di grup kami sangat kuat. Kami tak bisa meremehkan mereka. Tapi, yang harus kami lakukan nanti adalah mencapai final," ujar Sieng Chanthea, dilansir Thmey Thmey.

Lebih lanjut, Sieng Chanthea menyebut Kamboja punya level serupa Indonesia. Karena itu, dia optimistis karena timnya punya persiapan yang baik. "Level permainan kami dengan mereka serupa. Kami juga melakukannya dengan baik, meski masih memiliki kekurangan dalam beberapa poin yang perlu disesuaikan segera," ungkap Sieng Chanthea.

Di Kamboja, Sieng Chanthea bukan sosok asing. Meski baru berusia 20 tahun, dia sudah malang melintang di tim nasional sejak 2016. Dimulai dengan Kamboja U-16, kariernya berlanjut ke Kamboja U-17, U-19, U-20, U-22, U-23, hingga main di timnas senior mulai 2019.

Debut senior Sieng Chanthea terjadi pada 6 Juni 2019 dalam uji coba melawan Pakistan. Saat itu, Kamboja menang 2-0, dan Sieng Chanthea masuk di menit 81. Dia juga menjadi salah satu pemain Kamboja yang tampil di Piala AFF 2020 dan Piala AFF 2022. Jika ditotal, Sieng Chanthea punya 26 caps senior.

Untuk SEA Games, ini jadi edisi ketiga Sieng Chanthea. Pada SEA Games 2019, dia sempat menjadi headline ketika mencetak gol tercepat dalam sejarah kompetisi.

Ketika itu, pada 10 Desember 2019, Sieng Chanthea membela Kamboja U-22 melawan timnas Myanmar U-22 di Rizal Memorial Stadium, Manila. Pertandingan baru berjalan 1 menit, dia sudah mencetak gol. Gol keren itu dicatat panitia terjadi pada detik 18.

Jadi, layak kita nantikan akan seperti apa Sieng Chanthea memimpin rekan-rekannya di SEA Games 2023. "Semua tim berlatih sesuai rencana pelatih dengan lancar," pungkas Sieng Chanthea.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network