Gokil! Kamboja Gratiskan Semua Tiket Pertandingan SEA Games 2023

"Ini adalah pertama kali Kamboja menggelar SEA Games."

Viral | 27 April 2023, 19:45
Gokil! Kamboja Gratiskan Semua Tiket Pertandingan SEA Games 2023

Libero.id - Kamboja membuat langkah tak terduga dengan mengratiskan tiket pertandingan semua cabang olahraga. Tuan rumah SEA Games 2023 itu berharap dukungan publik Kamboja mampu menaikkan semangat para pemain dan bisa mendatangkan atmosfer dari suporter negara lainnya yang ingin menyaksikan.

SEA Games 2023 akan menjadi ajang olahraga besar pertama yang digelar di Kamboja. Ini menjadi hal bersejarah sehingga semua orang di negara itu sangat antusias.

Bahkan, untuk menyemarakkan SEA Games 2023, Pemerintah Kamboja memutuskan mengeluarkan kebijakan mengejutkan. Perdana Menteri Hun Sen menegaskan semua orang bebas menyaksikan pertandingan-pertandingan SEA Games 2023 tanpa mengeluarkan uang membeli tiket.

"Ini adalah hal terbaik yang ingin kami lakukan. Mengumpulkan uang atau penjualan tiket itu tidak membuat negara menjadi lebih kaya. Tapi, ini membantu orang (turis) datang dan mengetahui lebih banyak tentang Kamboja," kata PM Hun Sen, dilansir Zingnews.

Namun, yang gratis hanya tiket. Hotel, transportasi, dan makanan selama menyaksikan pertandingan tetap menjadi tanggung jawab masing-masing.

"Kami ingin negara-negara melihat bahwa tindakan ini berasal dari hati dan keramahtamahan rakyat Khmer. Kamboja tidak memungut biaya. Tapi, kami bertanggung jawab untuk menyambut para delegasi dengan segala ketulusan hati kami," tambah PM Hun Sen.

Kepala Pemerintah Kamboja itu mengumumkan bahwa negara harus mengeluarkan biaya tambahan USD7 juta. Itu untuk kebijakan gratis lainnya, yaitu makanan dan akomodasi gratis untuk delegasi asing di luar atlet dan ofisial seperti wartawan atau pengurus organisasi olahraga negara peserta. 

Keputusan ini mengejutkan dan belum pernah terjadi sebelumnya. Awalnya, tuan rumah Kamboja mengusulkan untuk membebankan biaya layanan katering dan akomodasi dengan delegasi olahraga yang menghadiri SEA Games 2023 sebesar 50USD per orang per hari.

Kemudian, Sekretaris Jenderal CAMSOC (Panitia SEA Games 2023 Kamboja), Vath Chamroeun, mendapat masukan dari PM Hun Sen agar penyelenggara tidak memungut biaya apapun dari delegasi olahraga yang datang.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network