Profil Hun Sen, PM Kamboja yang Gratiskan Tiket SEA Games 2023

"Gokil, semoga Indonesia bisa juga menerapkan kebijakan seperti itu ?"

Berita | 28 April 2023, 11:24
Profil Hun Sen, PM Kamboja yang Gratiskan Tiket SEA Games 2023

Libero.id - Pemerintah Kamboja mengumumkan pada 18 April bahwa mereka akan menanggung semua biaya untuk semua negara peserta SEA Games 2023. Ini termasuk transportasi, akomodasi, dan makan.

Perdana Menteri Hun Sen membuat keputusan hanya beberapa bulan setelah mengumumkan bahwa, tiket masuk ke semua acara akan gratis untuk semua orang. Dia mengumumkan bahwa hak siar untuk acara tersebut juga akan gratis.

Hal ini menjadikan Kamboja sebagai tuan rumah pertama dalam sejarah SEA Games yang menanggung semua biaya negara peserta.

Dan ini terjadi terlepas dari fakta bahwa negara tersebut memiliki salah satu PDB terendah di Asia Tenggara, hanya di atas Laos, Timor Leste, dan Brunei.

“Kami melakukan ini agar negara lain dapat memahami ketulusan rakyat Khmer,” kata Hun Sen dalam pidatonya di Phnom Penh, Senin, seperti dikutip oleh Khmer Times .

Kementerian Ekonomi dan Keuangan Kamboja mengumumkan pada bulan Januari bahwa langkah-langkah ini dapat membuat total biaya penyelenggaraan SEA Games 2023 menjadi $200 juta.

Biaya pembangunan Kompleks Olahraga Nasional Morodok Techo yang baru di Phnom Penh akan mencapai $160 juta dari total itu. Jika sudah selesai, Morodok Techo Stadium akan menjadi yang terbesar kedua di Asia Tenggara, setelah Bukit Jalil dari Malaysia. Ukurannya hampir dua kali lipat Stadion My Dinh Vietnam.

Menurut Bank Dunia, PDB Kamboja pada tahun 2021 adalah $27 miliar. Itu berarti anggaran mereka untuk SEA Games 32 menyumbang 0,74% dari angka itu. Rasio ini 53 kali lebih tinggi dari Vietnam, yang menghabiskan $51 juta untuk menjadi tuan rumah SEA Games 31 tahun lalu, setara dengan 0,014% dari PDB mereka.

Kamboja rela merogoh kocek besar untuk menjadi tuan rumah SEA Games 2023 karena ingin membangun kompleks olahraga nasional yang layak. Pada Juni 2018, sekretaris jenderal Komite Olimpiade Nasional Kamboja Vath Chamroeun menekankan pentingnya Kompleks Olahraga Nasional Morodok Techo yang baru.

Dikatakannya, pembangunan proyek tersebut tidak hanya baik untuk perkembangan olahraga di Kamboja, tetapi juga dapat membantu menarik wisatawan mancanegara ke Kamboja.

Alasan lain untuk pengeluaran besar adalah bahwa Kamboja memiliki mitra utama dalam usaha SEA Games – China.

Dalam sebuah pernyataan awal pekan ini, PM Hun Sen berkata: “Kami tidak membutuhkan uang dari penjualan tiket atau iklan apa pun di Kamboja. Yang kami butuhkan saat ini adalah dunia tahu tentang Kamboja.”

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network