Hoax atau Fakta? PSSI Keluarkan Rp90 M untuk Datangkan Timnas Argentina

"Kalau benar, uang segitu lebih baik untuk bikin stadion"

Viral | 06 May 2023, 01:23
Hoax atau Fakta? PSSI Keluarkan Rp90 M untuk Datangkan Timnas Argentina

Libero.id - Rumor FIFA Matchday edisi Juni 2023 yang menampilkan juara Piala Dunia 2022, Argentina, dengan timnas Indonesia semakin ramai diperbincangkan. Bahkan, ada yang menyebut PSSI harus membayar sekitar Rp90 miliar untuk melihat Lionel Messi bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Benarkah?

Belum ada konfirmasi resmi dari PSSI maupun Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA). Kabar soal La Albiceleste hanya muncul dari media sosial melalui jurnalis asal Negeri Tango, Gaston Edu.

"Timnas Argentina akan memainkan dua pertandingan (FIFA Matchday) di Asia. Dua tujuan yang digariskan: Cina dan Indonesia. Satu partai di setiap negara. Argentina vs Cina. Argentina vs Indonesia," tulis Gaston Edul di akun Twitter miliknya, @gastonedul.

"Tanggal tentatif pertandingan persahabatan Argentina adalah 15 dan 19 Juni (2023). Pertama di China dan kemudian di Indonesia. Itu bisa mengubah lawan dari pertandingan pertama di China," lanjut Gaston Edu.

Faktanya, untuk mendatangkan timnas level dunia ke Indonesia bukan hal mudah, meski Argentina sudah deal dengan China di FIFA Matchday edisi Juni 2023. Untuk Indonesia? PSSI harus merogoh kocek dalam-dalam agar Lionel Scaloni datang dengan skuad terbaik.

Sebuah akun Instagram, @pengamatsepakbola, bahkan berani menyatakan Indonesia harus mengeluarkan dana hingga Rp90 miliar. Jika benar, itu jumlah yang cukup besar dan tidak masuk akal di sepakbola Indonesia.

"Jika memang uang sebesar itu (Rp90 miliar) yang dibutuhkan, memang sayang sekali jika harus habis dalam pertandingan 2x45 menit. Memang ada pride jika bisa melawan Argentina. Tapi, apa manfaatnya?," tulis CEO Bandung Premier League, Doni Setiabudi, di kolom komentar Instagram @pengamatsepakbola.

"Jika uang itu dialokasikan untuk kompetisi grass root (akar rumput) usia dini akan sangat bermanfaat. Kita ilustrasikan ya. Level grassroot, asumsi 1 provinsi 100 jt. Ada 34 provinsi, 3,4 M. Level nasional 600 jt. Total, 4 M per tahun. Level youth 1 provinsi 300 jt. Total, 34 Provinsi 10,2 M. Nasional 1,8 M. Total, 12 M per tahun," lanjut Doni Setiabudi.

"Jika ada 90 M, maka kita bisa menyelenggarakan kompetisi sistem liga untuk level Grassroot dan Youth 6 tahun ke depan. Ini hanya saran dan masukan. Lebih baik digunakan yg lebih efektif," lanjut Doni Setiabudi. 

Jadi, apakah benar Rp90 miliar harus dikeluarkan PSSI untuk mendatangkan Argentina? Belum ada pernyataan resmi dari otoritas tertinggi sepakbola Indonesia. Sebab, untuk balik modal dalam 1-2 hari periode pertandingan, PSSI pasti akan kesulitan. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network