Bikin Malu! Momen Lionel Scaloni Minta Penerjemah di Konferensi Pers Diganti

"Kurang mahir Bahasa Spanyol, tapi dijadikan penerjemah. Cek videonya!"

Viral | 19 June 2023, 00:12
Bikin Malu! Momen Lionel Scaloni Minta Penerjemah di Konferensi Pers Diganti

Libero.id - Insiden memalukan terjadi salam sesi konferensi pers timnas Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (18/6/2023). Gara-gara Bahasa Spanyol yang kurang lancar, Lionel Scaloni mendadak meminta penerjemah diganti. Kok, bisa?

Timnas Indonesia akan menghadapi timnas Argentina pada FIFA Matchday, Senin (19/6/2023). Seperti biasa, sehari sebelum duel, sesi konferensi pers digelar.

Kebiasaan yang selama ini berlaku di sesi konferensi pers timnas Indonesia adalah akan ada penerjemah yang menerjemahkan dalam bahasa tim yang hadir ke Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Normalnya, sang penerjemah lancar dalam bahasa yang dimaksud. 

Sayang, hal itu tidak terjadi pada sesi konferensi pers Lionel Scaloni. Saat sang penerjemah wanita disampingnya menerjemahkan pertanyaan seorang jurnalis RRI, Lionel Scaloni tampak kurang berkenang. Sang penerjemah terlihat kurang lancar, dan pilihan katanya membingungkan. Ini lebih mirip siswa kursus Bahasa Spanyol yang baru mulai belajar.

Ketika sang penerjemah bicara, tiba-tiba Lionel Scaloni memanggil seseorang yang duduk cukup jauh dari panggung utama. Dia mengucapkan beberapa kata dalam Bahasa Spanyol kepada orang tersebut. Lionel Scaloni meminta bantuan untuk memahami apa yang dikatakan sang penerjemah wanita.

Tak berapa lama kemudian, pria itu mendekat dan kemudian duduk di posisi penerjemah wanita. Dia kemudian menerjemahkan pertanyaan jurnalis dalam Bahasa Spanyol yang cukup baik. Dia adalah liaison officer (LO) yang mendampingi timnas Argentina selama di Indonesia. Komunikasi LO dengan Lionel Scaloni terlihat lebih lancar.

Sesi itu kemudian berlanjut, dan pergantian penerjemah tidak mengganggu jalannya acara. Sesi tanya jawab dilanjutkan kembali, meski  LO tampak tidak terlalu siap menghadapi situasi mendadak tersebut.

Akibatnya, ingatan sang penerjemah dadakan jadi andalan. Selama sisa waktu jumpa pers, LO tidak mencatat pertanyaan jurnalis Indonesia maupun jawaban Lionel Scaloni. Dia hanya menyampaikan apa yang ditangkap.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network