Dahsyat! Bima Sakti Isyaratkan Pemain Keturunan dan Local Pride Bahu Membahu di Piala Dunia U-17 2023

"Pilih yang terbaik coach.."

Berita | 30 June 2023, 21:17
Dahsyat! Bima Sakti Isyaratkan Pemain Keturunan dan Local Pride Bahu Membahu di Piala Dunia U-17 2023

Libero.id - Usai ditunjuk oleh PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti segera bekerja untuk mempersiapkan Skuad Garuda Muda yang akan berlaga di Piala Dunia U-17 2023. Turnamen ini memiliki level yang jauh lebih tinggi daripada sekedar Piala AFF U-16 2022, dan karenanya butuh pemain yang benar-benar punya kualitas mumpuni agar tak bisa bersaing secara maksimal.

Dalam pada itu Bima Sakti berencana memanggil pemain-pemain keturunan Indonesia yang berdiaspora di luar negeri.  Nantinya para pemain ini akan dipadukan dengan talenta-talenta lokal pride. Kombinasi semacam itu juga dilakukan oleh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia senior.

"Saya ingin memberikan kesempatan untuk semua anak bangsa yang di Indonesia maupun luar negeri, yang pasti tetap ada sejarahnya entah itu orang tuanya atau bapak atau ibunya itu ada darah Indonesianya, dan memiliki paspor Indonesia," ujar Bima Sakti.

Menanggapi rencana Bima Sakti tersebut,   staf tenaga ahli Kemenpora Hamdan Hamedan mengatakan kalau stok pemain keturunan Indonesia amatlah sangat banyak.

"Dari database yang kami miliki, ada sekitar 30 pemain diaspora yang masuk dalam kategori U-17. Dan ada sekitar 10 pemain yang memiliki paspor Indonesia sehingga berpotensi membela timnas bila dibutuhkan dan bila kualitasnya sesuai dengan keinginan pelatih." Ujar Hamdan Hamedan melalui Instragramnya.

Akhir-akhir ini beberapa nama pemain keturunan seperti Gabriel Han Willhoft-King dan Welber Halim banyak diharapkan oleh netizen Indonesia bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023.

Bima Sakti sendiri saat ini tengah memantau beberapa pemain keturunan dan bahkan sudah sampai tahap menjalin komunikasi dengan pihak keluarga. Namun Bima Sakti masih belum ingin menyebutkan nama-nama yang bersangkutan.


"Ada lumayan banyak, lebih dari 3-4 orang lah yang kita lihat. Sekarang lagi proses komunikasi, bicara dengan pihak yang bersangkutan, kemudian lewat orang tuanya mereka juga. Nama-namanya nanti dulu, biar fokus," pungkasnya.

Bima Sakti saat ini berkejaran dengan waktu mengingat Skuad Garuda Muda belum terbentuk apalagi untuk memulai pemusatan latihan. Piala Dunia U-17 2023 akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network