Ketika Pelatih Barca Bilang Ke Messi: Jika Kamu Tak Suka, Itu Pintu Keluar

"“Beberapa pemain tidak mudah diatur. Beberapa di antaranya Messi.”"

Berita | 03 November 2020, 01:27
Ketika Pelatih Barca Bilang Ke Messi: Jika Kamu Tak Suka, Itu Pintu Keluar

Libero.id - Pembicaraan antara Quique Setien dan Vicente del Bosque di El Pais telah menimbulkan banyak tanggapan dari berbagai pihak. Obrolan itu memang kontroversial karena Setien, mantan pelatih Barcelona, mengungkap banyak rahasia kamar ganti sewaktunya dirinya melatih Blaugrana.

Setien menyampaikan secara jujur pandangannya tentang kapten Barcelona, yang dia sebut sangat berbakat tetapi dia juga memberi catatan khusus bahwa Messi bukan pemain yang mudah untuk dilatih.

"Beberapa pemain tidak mudah diatur," kata Setien kepada Del Bosque. "Di antara mereka Messi, itu benar. Anda juga harus ingat bahwa dia adalah pesepakbola terbaik sepanjang masa, dan siapa saya untuk mengubahnya! Jika mereka telah menerimanya selama bertahun-tahun apa adanya dan tidak mengubahnya.”

Setien juga mengungkap sebuah rahasia ketidakharmonisan di tubuh Barcelona pada laga tandang ke Celta Vigo musim lalu. Laga itu menunjukkan kurangnya harmoni antara Quique Setien dan para pemainnya, dengan Lionel Messi bahkan mengabaikan instruksi asisten pelatih Eder Sarabia saat masa istirahat pendinginan. Setien membeberkan apa yang dia katakan kepada Messi hari itu.

"Jika Anda tidak menyukai apa yang saya katakan, itu pintu keluar,” kata Setien kepada Messi. Setien berkata seperti itu karena Messi tidak suka nada yang dia tujukan kepada para pemain untuk mencela mereka atas kesalahan yang mengakibatkan Barcelona imbang di Balaidos.

Pemain Argentina itu meminta pelatih, untuk menghormati para pemain, yang telah memenangkan segalanya dan yang memiliki rekam jejak yang jauh lebih luas dari Setien. Pada titik inilah Setien membalas Messi.

Kapten Barcelona tidak menanggapi pelatih berusia 62 tahun itu dan hanya tersenyum padanya.

"Messi sulit diatur, tapi siapakah saya untuk mengubahnya?" katanya kepada Vicente del Bosque  di El Pais. "Dia sangat pendiam tapi dia membuatmu melihat hal-hal yang dia inginkan. Dia tidak banyak bicara, tapi dia terlihat."

Terkait dengan rahasia yang diungkap Setien, ada satu sosok yang percaya bahwa mantan pelatih Barcelona itu bertindak terlalu jauh. Dia adalah Jorge Valdano.
 
Valdano yang telah menjalani berbagai peran di Real Madrid yakin bahwa Setien terlalu banyak mengungkapkan tentang Messi dalam diskusi dengan Del Bosque ini.

“Ruang ganti adalah area yang sangat khusus, penuh rahasia dan apa yang terjadi di sana tidak boleh disebarluaskan, dan jika dilakukan harus dilakukan dengan sangat jelas, hingga detail terkecil.”

“Dan di sini ada beberapa keraguan, bagi saya, Messi tidak terlihat terlalu bagus. Pada titik tertentu dia mencela dirinya sendiri karena tidak membuat keputusan, bahwa dia takut berada di atas budaya klub.

"Memang, ada kritik-diri yang menurut saya menarik, tetapi saya pikir percakapan itu berakhir sedikit dan, pada akhirnya, berjalan sedikit lebih jauh dari yang seharusnya. Itulah sudut pandang saya,” ujar Valdano.

“Ketika saya menjadi direktur senior sebuah klub besar dan ketika saya pergi, saya lupa segalanya, saya tidak pernah berbicara lagi tentang orang-orang yang saya arahkan pada saat itu, apalagi dalam arti kritis,” ujarnya menyindir Setien.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan


Daun Media Network