17 Meme Phil Jones Berasal dari Kejadian di Lapangan Ini

"Dunia meme sangat mengenal Phil Jones. Selain Yao Ming, ekspresi wajah bek Manchester United tersebut paling laris."

Viral | 05 November 2020, 10:53
17 Meme Phil Jones Berasal dari Kejadian di Lapangan Ini

Libero.id - Dunia meme sangat mengenal Phil Jones. Selain Yao Ming, ekspresi wajah bek Manchester United tersebut menjadi salah satu yang paling banyak digunakan untuk bercanda, olok-olok, guyon, dan sejenisnya.

Dalam sebuah wawancara dengan Four Four Two tahun lalu, Jones mengaku tidak mempermasalahkan wajahnya digunakan banyak orang. Dia tidak tahu siapa yang memulainya. Dia juga tidak mengerti mengapa wajahnya yang digunakan. Tapi, dia merasa hal itu bukan sesuatu yang layak dimasukkan ke hati. Jones meresponsnya dengan santai.

"Itu guyon. Teman-teman saya bercanda dengan saya sepanjang waktu tentang hal itu. Begitulah yang selalu terjadi setiap harinya. Saya juga tidak terlalu menanggapinya. Teman-teman mengirimi saya foto wajah-wajah aneh saya di grup Whatsapp untuk menjadikannya ejekan soal diri saya. Itu adalah olok-olok. Memang situasinya begitu. Tapi, itu bukan masalah," ujar Jones.

Kebanyakan, meme yang melibatkan Jones akan muncul saat MU bermain buruk atau ada kesalahan yang dilakukannya. Meme-meme tersebut memang terkesan lucu. Pasalnya, menampilkan ekspresi wajah aneh Jones saat tertangkap kamera televisi maupun foto.

Di internet, wajah Jones sudah muncul sejak lama. Semakin banyak seiring menjamurnya media sosial. Akibatnya, banyak warga dunia maya yang mengedit potongan gambar mimik wajah Jones untuk dijadikan meme. Diberi sedikit kata, gambar-gambar Jones akan terkesan semakin lucu.

Ternyata, tidak banyak yang tahu dari pertandingan apa meme-meme Jones itu berasal. Berikut ini 17 pertandingan tersebut:


1. Gol bunuh diri menyusur tanah

Libero.id

Gol bunuh diri menyusur tanah

Gol bunuh diri diciptakan Jones saat melawan Newcastle United. Momen miskomunikasi yang mengerikan dengan David de Gea itu membuat The Magpies unggul 3-0. Saat itu, dia dengan tanpa koordinasi menyundul ke tanah dan masuk ke gawang The Red Devils.

2. Terbang di atas papan iklan

Libero.id

Terbang di atas papan iklan

Momen itu terjadi di Old Trafford saat melawan West Bromwich Albion. Saat melakukan backpass, Jones tidak bisa menghentikan larinya dalam kondisi tidak seimbang. Dia baru dihentikan papan reklame pinggir lapangan dan tersungkur ke sisi belakang.

3. Wajah jelek saat melawan Manchester City pada 2013

Libero.id

Wajah jelek saat melawan Manchester City pada 2013

Ini menjadi salah satu wajah Jones yang legendaris. Saat itu, dia menunjukkan ekspresi yang sangat aneh saat Sergio Aguero mencetak gol di Old Trafford. Rumor yang dibikin lelucon menyatakan Jones memiliki 30 lebih banyak otot wajah daripada manusia pada umumnya.

4. Gagal mengeksekusi penalti saat melawan Sunderland

Libero.id

Gagal mengeksekusi penalti saat melawan Sunderland

Gagal penalti bisa dilakukan pemain sepakbola. Tapi, jika itu Jones yang melakukannya, pasti akan menjadi bahan lelucon. Sebab, tendangannya melebar jauh di atas mistar gawang. Sebagian orang mengatakan bolanya mampu mencapai lapisan stratosfer. Tapi, yang sebenarnya bola itu mengenai wajah pendukung MU.

5. Menghalau bola bawah dengan kepala

Libero.id

Menghalau bola bawah dengan kepala

Ada rekaman ulang gerak lambat Jones yang merangkak di lapangan dan menjadi viral. Itu terjadi di laga melawan Arsenal. Saat itu, dia berusaha menjauhkan bola Olivier Giroud. Masalahnya, Jones sudah terhuyun-huyun hampir jatuh. Dia lalu merangkah dan menggunakan kepala untuk membuang bola. Secara teknik, itu adalah kerja yang layak diapresiasi. Tapi, bagi warganet, itu adalah komedi.

6. Mengambil tendangan sudut

Libero.id

Mengambil tendangan sudut

Louis van Gaal telah mematenkan beberapa taktik "off the wall" selama karier kepelatihannya di sepakbola. Tapi, beberapa gambar terlihat seaneh Jones bersiap-siap untuk melepaskan tendangan sudut ke area penalti. Sebab, dia mengangkat kedua tangan ke atas seperti tentara yang menyerah di medan perang.

7. Menendang lutut Jordan Henderson

Libero.id

Menendang lutut Jordan Henderson

Terkadang Jones bertindak diluar batas saat mengamankan pertahanan. Contohnya, ketika berduel MU dengan Liverpool. Ketika Jordan Henderson berlari dengan bola, Jones menerjang dan langsung menghajar. Tidak kena bola, melainkan lutut Henderson. Keduanya tersungkur di tanah. Tapi, itu justru menjadi bahan candaan di internet.

8. Gol bunuh diri yang dianulir

Libero.id

Gol bunuh diri yang dianulir

Saat melawan Chelsea, Jones mencetak gol bunuh diri. Beruntung, wasit menganulir gol itu karena pelanggaran yang dilakukan Alvaro Morata kepada Jones di area penalti MU. Sebuah gambar yang diambil dari rekaman pertandingan menunjukkan aksi seolah-olah Jones tersungkur ditendang Morata.

9. Gol bunuh diri seperti mencetak gol ke gawang lawan

Saat melawan Tottenham Hotspur, gol bunuh diri dihasilkan Jones. Gol yang membuat MU kalah 0-2 itu lahir dari umpan sayap salah satu pemain Spurs. Bola justru dipotong Jones dengan siarahkan ke samping gawang. Tapi, bola itu justru menjadi gol.

10. Tersandung karpet di pinggir lapangan

Libero.id

Tersandung karpet di pinggir lapangan

Saat melawan West Ham United, kejadian unik sempat diabadikan menjadi meme. Saat itu dia tidak bisa menghentikan laju lari setelah gagal merebut bola dari salah satu pemain The Hammers. Jones justru tersungkur setelah salah satu kakinya tersandung karpet hijau di pinggir lapangan.

11. Gagal mengeksekusi penalti saat babak tos-tosan

Libero.id

Gagal mengeksekusi penalti saat babak tos-tosan

Fakta bahwa Jones sering gagal mengambil penalti ternyata tidak membuat Jose Mourinho sadar. Justru, dia diberi kepercayaan untuk melakukan eksekusi saat MU bertemu Derby County di Piala Liga. Hasilnya, tendangannya diblok kiper lawan. Rekaman kejadian itu lalu viral dengan tambahan musik dari film Titanic.

12. Gol bunuh diri di kompetisi Eropa

Libero.id

Gol bunuh diri di kompetisi Eropa

Sergio Romero pasti sudah tahu bagaimana perasaan De Gea bertahun-tahun yang lalu di Newcastle ketika Jones melakukan lari brilian ke belakang dan menggeser bola ke gawang sendiri. Saat melawan Valencia di Liga Champions, hal yang sama terulang. Bedanya, gol bunuh diri Jones dari luar kotak penalti.

13. Seperti luka bakar akibat mencium rumput

Libero.id

Seperti luka bakar akibat mencium rumput

Mirip dengan insiden di West Ham, foto-foto tampaknya menunjukkan bahwa Jones mengalami luka bakar gesekan di dahi dan pipinya setelah wajahnya tergesek di rumput lapangan ketika pertandingan Piala FA melawan Reading. Hanya butuh waktu singkat untuk membuat meme dengan gambar tersebut viral.

14. Wajah yang legendaris

Libero.id

Wajah yang legendaris

Ekspresi wajah Jones saat pertandingan melawan Wolverhampton Wanderers benar-benar menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk membuat meme. Rekaman yang dilambatkan menunjukkan bagaimana Jones terhuyun-huyun dengan wajah aneh saat berduel bola udara dengan salah satu pemain Wolves.


15. Mencoba melakukan tendangan salto

Bicycle kick adalah teknik menendang bola yang umum di sepakbola dan sudah dilakukan banyak pemain ternama. Tapi, bagaimana jika yang melakukan adalah Jones? Lihatlah video pertandingan MU melawan Kristiansund. Jones dengan percaya diri mencoba menendang salto untuk membuang bola. Aksi itu sukses. Masalahnya, bola tidak keluar, tapi justru mengenai tangannya. Otomatis, wasit langsung menunjuk titik putih. 

16. Kesalahan melawan Sheffield United

Tidak tahu apakah kesalahan pertahanan ini adalah break dance atau rutinitas di lantai senam. Tapi, rekaman aksi tersebut telah viral dan menjadi meme di banyak platform media sosial di seluruh dunia. Sebab, aksi Jones ketika berduel dengan pemain Sheffield United itu terlihat seperti sedang berdansa.

17. Dijatuhkan Kevin de Bruyne

Sebuah serangan balik cepat membuat pertahanan MU kocar-kacir saat melawan Manchester City di Piala Liga. Jones yang mencoba mengawal Kevin de Bruyne justru tertipu. Dua kali pemain Belgia itu mengecundangi Jones dalam waktu 5 detik. Pertama saat kalah one-two. Kedua, saat tersungkur di rumput. Aksi kedua itulah yang fotonya viral dan dijadikan meme.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network